Gak Bisa Jalan-jalan Sewaktu Mudik? Ini 6 Cara Asyik Menghabiskan Waktu di Kampung Halaman

Mudik ke Tegal Naik Bus Dewi Sri - Blog Mas Hendra

Mumpung masih suasana mudik di tahun 2019, artikel kali ini gak jauh-jauh dari urusan mudik ke kampung halaman guys. Bagi sebagian masyarakat yang mudik ke kampung halaman, biasanya sudah terbayang akan melakukan banyak hal ketika liburan di kampung, salah satunya adalah jalan-jalan ke tempat wisata terdekat. Iyalah terdekat, masa terjauh, kan capek!!


Tapi karena ada berbagai alasan kuat yang terkadang membuat kita gak bisa jalan-jalan sewaktu mudik ke kampung halaman, mulai dari jalanan di kampung yang 'mendadak' macet parah seperti di Jakarta, karena sebagian besar masyarakat jalan-jalan ke tempat wisata secara bersamaan. Lalu ada lagi anak yang tiba-tiba sakit, sehingga gak bisa jalan-jalan di kampung, hingga alasan yang cukup mengenaskan, DOMPET KEMBALI FITRI, alias isi dompet mulai menipis, hihihi...

Kamu gak perlu galau, meski gak bisa menikmati tempat wisata di kampung halaman, masih ada cara sederhana lainnya yang bisa kamu coba, sehingga liburan di kampung tetap terasa asyik dan gak membosankan. Berikut adalah 6 cara asyik menghabiskan waktu di kampung halaman :

1. JALAN-JALAN KE SAWAH
Percaya atau tidak. Pasti sebagian dari kamu yang mudik ke kampung halaman pernah menyempatkan untuk jalan-jalan ke sawah dan mengabadikannya lewat smartphone. Atau malah sebaliknya, gak pernah sama sekali. Bagi kamu yang di kampungnya masih banyak persawahan, sebaiknya manfaatkan kesempatan ini dengan baik ya.

Jangan salah guys, jalan-jalan ke sawah pada pagi hari ternyata mampu mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh loh. 

- Menyehatkan paru-paru, karena paru-paru bisa menghirup udara pagi hari yang masih sejuk dan alami. Apalagi di pedesaan udaranya masih bersih.
- Baik untuk jantung, karena aktivitas jalan kaki terbukti bisa menyehatkan jantung (kardiovaskuler). Apalagi kalau jaraknya lumayan jauh, asal jangan naik motor, hehehe.
- Vitamin D, paparan sinar matahari pagi hari juga sangat baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan tulang dan juga gigi.
- Menyehatkan mata, warna hijau yang mendominasi di persawahan sangat baik bagi kesehatan mata. 

Baca saja artikel saya di sini : Manfaat Melihat Warna Hijau

2. MENYAMBUNG TALI SILATURAHMI
Salah satu tujuan utama mudik ke kampung halaman adalah untuk saling bersilaturahmi satu sama lainnya, gak hanya keluarga dekat saja, tapi juga keluarga jauh di kampung. Aktivitas ini tambah asyik kalau kamu pergi rame-rame dengan keluarga, sekaligus bisa melihat-lihat perkembangan di kampung halaman loh.

3. MENCICIPI KULINER
Tiap tahunnya pasti ada perubahan yang terjadi di kampung halaman, mulai dari rumah baru yang terus dibangun, fasilitas umum yang baru dibangun hingga tempat-tempat kuliner yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Meski gak bisa jalan-jalan ke tempat wisata, kamu bisa mencicipi kuliner khas kekinian di sekitar tempat tinggal di kampung. Kamu juga bisa mentraktir saudara-saudara di kampung.

4. NONTON FILM BERSAMA
Kamu bisa menyiapkan koleksi film favorit untuk ditonton bersama keluarga di kampung. Ajak mereka untuk menonton bersama di waktu senggang dan biarkan mereka memilih film favoritnya, apalagi kalau banyak keponakan.

5. MENGOBROL
Kamu juga bisa ngobrolin hal-hal positif dengan saudara atau tetangga sekitar, mulai dari hobi, pekerjaan hingga ide bisnis, siapa tau saja kamu ketemu orang yang cocok untuk diajak berbisnis bersama, sehingga kamu bisa memperluas jaringan bisnis yang kamu lakukan. Atau bisa jadi kamu yang masih jomblo bisa lebih mudah untuk dapetin jodoh di sana, hehehe... 

Ssst, ternyata mengobrol itu ada manfaatnya loh : 5 Manfaat Mengobrol yang Jarang Diketahui Orang

6. MENGIKUTI KEGIATAN DI KAMPUNG
Biasanya saat Hari Raya Idul Fitri, masyarakat di kampung disibukkan dengan beragam aktivitas keagamaan, seperti pengajian atau halal bi halal. Nah daripada kamu galau gak bisa jalan-jalan, kamu bisa ikut serta untuk mengikuti kegiatan keagamaan di sana. Selain bisa dapat pahala, kamu juga bisa dapat banyak teman baru.

Nah itu dia 6 cara asyik menghabiskan waktu di kampung halaman yang bisa kamu lakukan ketika kamu gak bisa jalan-jalan ke tempat wisata di kampung halaman. Ada yang ingin nambahin ide kreatifnya atau bahkan berbagi pengalaman sendiri? Bisa kali coret-coret di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :

24 comments

Mantap infonya. Mungkin tambahan kalau bingung saat perjalanan mudik maupun arus balik daripada bengong tapi ga bisa tidur, mending bikin youtube/vlog seputar macet atau perjalanan mudik, kalau perlu bawa drone sekalian buat hiburan hehe..Oh ya mas, mumpung suasana Lebaran, mohon maaf lahir batin ya, Taqobbalallahu minna wa minkum...

Sayangnya ku gak mudik ke kampung halaman.. Soalnya gak ada... Tp ttp donk menikmati liburan biarpyn gak pergi jauh"...sy jg smpt berft ria menikmati teduhnya pepohonan karet di daerah sy... Pokoknya fresh liat pemandangan yg hijau"

kalo saya mengobrol sepanjang waktu sama keluarga mas, karena lama ga jumpaa, kalo sawah di tempat saya ga ada, haha,,,

Aku gak bisa jalan jalan .... mantep nih tipsnya...

Kegiatan yg murah meriah ya. Tapi sangat menyenangkan

kalo saya seringnya jalan2 menyusuri alam, sama ngobrol kan jarang ketemu sodara

Biasanya yang sering dilakukan itu nomor 2. Kalo gak ke saudara yang jarang ditemui, biasanya hadir di acara2 reuni.

@Vicky Cahyagi : Makasih buat masukannya Mas, bagi yang hobi ngevlog, bisa jadi pengalaman seru ngambil video di kampung nih, apalagi didukung sama drone, tambah cakep hasil videonya...

@HENI Ajaa : Daripada gak mudik sama sekali, tapi setidaknya masih bisa menikmati rindang pohon karet ya Mba Heni...

@BlogSabda.com : Wah sayang banget di desa gak ada persawahan ya Mas, mungkin di kotanya kali yak, makanya gak ada sawah. Pasti seru juga ngobrol sama saudara, apalagi kalo lama gak jumpa

@Mang Yono : Yaudah coba aja salah satu dari 6 cara di atas Mang, atau mau praktekin semuanya juga mangga lah

@Sam Leinad : Kegiatan receh yang seru Mas..

@Alfan Ismail : Paling seru jalan-jalan ke sawah ya Mas.. Murah meriah

@Bang Doel : Biar terjalin hubungan baik yah antar saudara Mang... Yup biasanya gak sedikit yang manfaatin mudik untuk reunian juga

mengikuti kegiatan di kampung bsa jadi solusi mas hehe

Wkwkwkkw aku dapat istilah baru nih dari artikel ini, yaitu "Dompet kembali Fitri" hahhahah asli ngakak. Btw kegiatanku hanya poin 1, 2, 3, dan 5, bang.

@Muhammad Fikri : Bolehlah dicoba Mas..

@Joe Candra : Wah ternyata 80 persen udah dicobain yak

saya malah nggak bisa mudik kang kotaku kelahiranku

Ngobrol paling enak dan paling efektif dalam menjalin silaturahmi di kampung halaman :D

Ga serem ya jalan2 di sawah? Pematang sawah atau masuk ke kubangannya? hiiiiiiii ngeri ada binatang melata gitu. Bagus sih biar tau aja soalnya belum pernah.

@Abd Kadir Rusdi : Aduh karunya pisan si Akang. Tapi cobalah sekali-kali ke kota teman atau saudara jauh lainnya.

@Michael David : Kalo lawan bicara yang diajak ngobrol nyambung, pasti seru obrolannya ya Mas David.

@Nurul Sufitri : Jalan di sekitar sawahnya aja Mba, gak sampai nyebur ke kubangannya, hehehe....


EmoticonEmoticon