Tidak Ingin Liburan Terganggu? Aktifkan "Vacation Mode" Pada WhatsApp!

Aktifkan Vacation Mode Pada WhatsApp Agar Liburan Anda Tidak Terganggu - Blog Mas Hendra
Agar Anda bisa menikmati liburan dengan tenang, WhatsApp tengah menggodok fitur baru yang membantu pengguna tidak terganggu dengan notifikasi yang masuk. Fitur baru tersebut adalah "Vacation Mode" dan "Silent Mode". Adalah sebuah akun Twitter yang bernama WABetaInfo yang menginformasikan tentang kedua fitur tersebut. Akun ini memang dikenal sering membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp sebelum resmi meluncur ke publik.

Untuk saat ini, fitur Silent Mode disebut telah ada di aplikasi WhatsApp versi Android. Mode ini sudah aktif secara default, sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan pembaruan di Google Play Store.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak perlu mencari di menu settings untuk memperoleh mode ini. Sebab, fitur Silent Mode akan aktif secara otomatis untuk setiap chat yang disenyapkan (mute). Fitur ini juga akan menyembunyikan lencana notifikasi (biasanya dengan jumlah chat yang masuk) dari chat yang disenyapkan.

Melihat tanda notifikasi pesan di WhatsApp bagi sebagian pengguna dianggap cukup mengganggu. Apalagi jumlah percakapannya cukup banyak, menyentuh ratusan atau bahkan ribuan.

Berbeda dengan fitur Silent Mode, pada fitur Vacation Mode ini, masih dalam tahap pengembangan. Sebenarnya Vacation Mode merupakan inovasi dari fitur Silent Mode yang sudah lebih dulu meluncur sebelumnya. Nantinya, Vacation Mode ini diharapkan akan muncul pada menu "Pengaturan Notifikasi".

Vacation Mode Pada WhatsApp - Blog Mas Hendra
Ketika Anda mengaktifkan Mode Liburan ini, maka pesan dari obrolan yang disenyapkan pun akan ikut diarsipkan (archived)/dicadangkan.

Hingga saat ini, ketika Anda mengarsipkan chat, maka secara otomatis pesan baru yang diterima tidak akan diarsipkan oleh WhatsApp. Tapi setelah Anda mengaktifkan Vacation Mode, maka pesan baru dari obrolan yang disenyapkan akan tetap tersimpan, bahkan jika ada pesan yang baru masuk sekalipun.

Vacation Mode ini sangat bermanfaat jika Anda tidak ingin terlibat dalam percakapan group atau dari orang-orang tertentu, tapi Anda juga tidak ingin ketinggalan informasi apa yang sedang dibahas saat disenyapkan.

Sesuai dengan namanya, ketika Anda mengaktifkan Vacation Mode ini, maka Anda pun bisa liburan dengan tenang, tanpa merasa terganggu dengan obrolan. Dan Anda pun tetap bisa mengikuti pembicaraan ketika sudah kembali ke aktivitas sehari-hari melalui arsip chat.


Seperti dilansir dari Neowin, Minggu (21 Oktober 2018), Vacation Mode baru akan tersedia di WhatsApp untuk platform Android, iOS serta Windows Phone.

Semoga bermanfaat.

22 comments

Waaah senang banget. Soalnya obrolan di grup yang rame banget kadang menganggu sih.

loh baru tahu fitur vacation mode kang semoga yah soalna emang suka keganggu wwkwk meskipun uda silent mode :p

Boleh dicoba mba. Kalo udah aktif, liburan jadi lebih tenang, hehehe

Selamat mencoba dan semoga liburannya jadi lebih tenang ya

Ngaruh gak yaa buat saya, soalnya saya jarang banget liburan kang, huhuhu… 😭😭😜

Ya coba saja kang, siapa tau suatu saat nanti bisa liburan, hehehe

Wah liburan jadi semakin nyaman dan menyenangan tanpa ganguan pesan dari group yg masuk.

Betul mas Aris. setidaknya gak rame sama notifikasi masuk saat lagi liburan

Waowww aku baru tahu ada mode behinian di wasaapp ini kayaknya pas banget untuk grup2 yg mau leave gak enak tapi males ikutan ngobrol

Wah bagus deh kalo ada fitur baru ini. Kalo aku kebetulan pake Whatsapp Business. Jadi kalo liburan ya paling pake fitur Away Message.

"Mohon maaf saya sedang liburan, silahkan hubungi lagi nanti", ehehehe

Nah bisa juga untuk kebutuhan lainnya ya mba Mantu Idaman

Wah ternyata ada fitur lain lagi ya. Memang kreatif si pembuat WA ini

Wah, harus dicoba yaaa...terima kasih, bermanfaat sekali...:)

Hmm, saya baru tau fitur ini, maklum baru masang WA, hehe..

Fitur terbaru WhatsApp konon tambah stiker kang, saya sendiri belom nyoba sih, tapi artikelnya sudah ada, cek latepost, hehe... *promo dikit...

Silahkan dicoba mba, biar liburan jadi lebih menyenangkan dan gak terganggu

Siap berkunjung. Maklum saya lagi sibuk, belum sempat BEWE

Ga pa-pa kang nyantae wae, kita memang sedang sibuk semua yeee... alhamdulillah banyak job yak... hehe...

Lagi nulis artikel lomba, gak kelar-kelar hahaha

Baru tahu ada vacation mode segala...sayangnya kok nggak nggak pernah vacation....😑
Semoga bisa dapat keaempatan vacation biar fitur baru ini nggak mubazir he..he...
Aminkan ya Allah...😁

Aamiin, saya juga belum vacation juga nih, jadi fiturnya mubazir dong


EmoticonEmoticon