Perjalanan Ziarah Masjidil Aqsha Bersama Cheria Holiday

Perjalanan Ziarah Masjidil Aqsha Bersama Cheria Holiday - Blog Mas Hendra

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ
"Tidak disarankan melakukan suatu perjalanan, kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah) dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)". (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu)


Kalau kita lihat hadits di atas, sepertinya berkunjung ke tiga masjid itu sangat mulia ya. Bahkan umat Muslim sangat dianjurkan untuk berziarah ke sana, lalu tidak lupa untuk sholat di dalamnya dan mengetahui tentang seluk beluknya. Jangan salah guys, ada begitu banyak keutamaan yang akan Anda peroleh jika mengunjungi Masjid Al-Aqsha.

Subhanallah...

Begitu mulianya jika kita bisa melakuka ziarah Masjidil Aqsha tersebut, hampir seluruh sahabat utama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bahkan pernah berkunjung ke sana. Beberapa diantaranya adalah Umar bin Khattab saat menjadi Khalifah, Abu Hurairah, Sa'ad bin Abi Waqqash, Bilal bin Rabbah, Khalid bin Walid, Salman Al-Farisi, Abdullah bin Umar dan lainnya.

Demikian pula para ulama dari kalangan tabi'in dan tokoh-tokoh ahli fiqih terkenal pernah berziarah ke Masjid Al-Aqsha, diantaranya adalah Imam Asy-Syafi'i, Imam Al-Ghazali, Sufyan Ats-Tsauri, Malik bin Dinar dan lainnya.


Masjid Al-Aqsha merupakan salah satu di antara tiga masjid mulia yang memiliki keutamaan besar bagi umat Islam. Keutamaan tersebut langsung dijelaskan oleh Allah dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabda-sabda beliau.

Secara historis, masjid kedua yang dibangun di muka bumi ini juga memiliki peran sentral dalam perkembangan peradaban manusia, karena sejak dahulu tempat ibadah ini menjadi tempat tersebarnya syi'ar-syi'ar para nabi 'alaihim ash-shalatu wa salam. 

Masjid ini berada di Kota Jerusalem, sebuah kota yang menjadi saksi begitu banyaknya nabi Allah yang diutus dan berdakwah di sana. Sebuah kota yang menyediakan air yang diminum oleh para utusan Allah, udara yang mereka hirup dan tanah tempat mereka berpijak dan merebahkan tubuh mereka yang mulia.

Dan yang paling utama dari para nabi dan Rasul itu adalah Khalilur-Rahman, Nabi Ibrahim 'alaihissalam, lalu ada Nabi Ishaq, Ya'qub, Dawud, Sulaiman, Musa, Harun, Zakaria, Yahya, dan Nabi Isa. Nabi Yunus 'alaihissalam pernah membebaskannya dari orang-orang yang ingkar kepada Allah, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pernah berziarah ke sana dalam peristiwa yang bernama Isra Mi'raj dan beberapa Nabi lainnya yang tidak disebutkan satu per satu.


Masjid Al-Aqsha adalah masjid bersejarah bagi umat Muslim yang merupakan kiblat pertama untuk sholat bagi umat Muslim sebelum kiblat beralih ke Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi.


Fakta Masjid Al-Aqsha - Blog Mas Hendra

Selain itu juga Masjid Al-Aqsha merupakan masjid yang diperebutkan oleh ketiga agama di dunia ini. Setidaknya ada delapan fakta Masjid Al-Aqsha yang menarik untuk diketahui. Berikut fakta-fakta menarik tersebut :

Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu dong kalau faktanya Masjid Al-Aqsha pernah menjadi kiblat pertama bagi umat Muslim untuk sholat. Lalu setelah Nabi Muhammad mendapat petunjuk dari Allah, kemudian arah kiblat pindah menghadap Ka'bah yang ada di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Peristiwa Isra Mi'raj terjadi pada malam 27 Rajab di periode akhir kenabian di Mekkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Isra Mi'raj memiliki 2 pengertian yang berbeda. Isra berarti berjalan di malam hari. Mi'raj tangga untuk naik ke atas.

Pada peristiwa Isra, Nabi Muhammad diberangkatkan oleh Allah dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsha. Lalu dalam Mi'raj, Nabi Muhammad dinaikkan ke langit ke-7 Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini, beliau menerima perintah langsung dari Allah untuk menunaikan sholat wajib lima waktu.

Mungkin ada dari kalian yang belum mengetahui fakta kelam yang satu ini. Masjid Al-Aqsa tidak lepas dari sejarah perebutan kekuasaan di Yerusalem. Penguasa demi penguasa silih berganti memperbutkan otoritas kota suci ini.

Ketika tentara Salib datang ke Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk Muslim yang berlindung di Masjid Al-Aqsa. Tentara itu kemudian membantai sekitar 70.000 umat Muslim dan lalu mengubah kubah menjadi kapel dan Masjid diubah menjadi istana. Orang-orang Muslim yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalib di dekat pusat Masjid. Penaklukan tentara Salib mencatat tragedi paling mengerikan yang pernah disaksikan oleh Masjid Al-Aqsa.

Fakta yang ini memang cukup mencengangkan guys. Bagaimana tidak, faktanya Masjid Al-Aqsa pernah menjadi tempat sampah. Bergini kisahnya. Pada periode waktu tidak ada orang Yahudi yang diizinkan tinggal di Kota Yerusalem ini, penduduk Romawi yang menguasai wilayah tersebut menggunakan area masjid sebagai tempat pembuangan sampah.

Ketika sahabat Nabi Muhammad, Umar bin Khatab membebaskan Kota Yerusalem, dia membersihkan sampah itu dengan menggunakan tangannya. Dia juga mengakhiri pengasingan orang-orang Yahudi yang sudah berlangsung selama berabad-abad. Umar juga bahkan mengundang 70 keluarga di sebuah desa pengungsi terdekat kembali ke Yerusalem dan diberikan hak untuk tinggal di sana.

Kitab Ihyaa' Ulumuddin karya ulama besar Imam Al-Ghazali merupakan salah satu kitab paling terkenal dalam literatur Islam. Dia adalah orang yang dihormati oleh semua aliran pemikiran karena kemampuannya dalam mendalami ajaran Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad. Faktanya adalah Imam Al-Ghazali pernah untuk sementara waktu tinggal di Masjid Al-Aqsa dan menulis kitab tersebut di sana. Sebuah bangunan di Masjid Al-Aqsa pernah ditandai sebagai lokasi kamar lamanya.

Meskipun dikenal dengan nama Masjid Al-Aqsa, di situs itu sebenarnya ada beberapa masjid. Di sebelah selatan, ada masjid yang dikenal sebagai Masjid Qibly (sebutan untuk situs yang paling dekat dengan kiblat). Lalu ada Masjid Buraq, Masjid Marwani dan beberapa masjid lainnya. Semua bangunan termasuk kubah di situs itu dianggap sebagai Masjid Al-Aqsa.

Ada yang sudah pernah mendengar bahwa Masjid Al-Aqsa ini dulunya pernah dibakar? Kalau iya, berarti pengetahuan sejarah Anda patut diacungi jempol. 

Faktanya pada tahun 1969, seorang zionis asal Australia, Denis Michael Rohan, membakar Masjid Al-Aqsa. Seluruh dinding, termasuk mimbar yang dikenal sebagai mimbar Salahuddin Al-Ayyubi, terbakar.

Pemadaman dilakukan warga Muslim secara gotong royong. Zionis tersebut pernah diadili di pengadilan Israel, tapi pada akhirnya dia dibebaskan dengan alasan Rohan mengalami gangguan jiwa.

Tidak ada catatan pasti berapa banyak nabi dan sahabat Nabi Muhammad yang dimakamkan di sana. Tapi dalam sejarahnya, Nabi Sulaiman diyakini dimakamkan di situs suci itu. Nabi Sulaiman diyakini meninggal saat mengawasi pembangunan di situs tersebut dan dimakamkan di sana.


Siapa sangka ya, Masjid Al-Aqsho punya segudang histori dan fakta yang cukup mencengangkan. Tidak hanya itu saja loh, pasalnya di Masjid Al-Aqsha dan sekitarnya ada begitu banyak tempat bersejarah dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja, makam para nabi dan tokoh Muslim terkenal, museum, piramida di Mesir dan lainnya. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Yerusalem, tempat di mana Masjid Al-Aqsha berdiri.

Lantas bagaimana caranya agar bisa mengunjungi Masjid Al-Aqsha? Anda tidak perlu bingung lagi. Kini serahkan perjalanan wisata Anda bersama Cheria Holiday untuk perjalanan wisata yang aman, nyaman dan terjamin.

Cheria Holiday merupakan agen travel yang berdiri sejak tahun 2012 yang telah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik, dengan harga bersaing dan garansi kepuasan bagi para pelanggan.

Cheria Holiday Team - Blog Mas Hendra

Selain untuk pemenuhan kebutuhan umat Islam melakukan perjalanan ibadah, Cheria Holiday pun sangat peduli dengan menu halal bagi wisatawan muslim ketika melakukan liburan ke negeri dengan mayoritas penduduk non muslim.

Mengenal Cheria Halal Holiday - Blog Mas Hendra

Tidak hanya untuk melayani paket tour halal saja, Cheria Holiday juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya, baik untuk kebutuhan personal, corporate maupun grup. Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA, baik Domestik maupun Internasional dan untuk layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan Izin Resmi Depag No. 118/2015 dan D/70/2015.


Dari sekian banyak paket tour yang ditawarkan untuk ziarah ke Masjidil Aqsha, Cheria Holiday merupakan pilihan tepat. Selain harga yang ditawarkan terjangkau, pilihan tempat wisatanya juga banyak.


Nah sekarang mari kita lihat itinerary atau rencana perjalanan paket tour ziarah Masjidil Aqsha :

1. HARI KE-1. CAIRO ARRIVAL (NO MEAL)
Peserta berangkat menuju Cairo dengan menggunakan Oman Air pada pukul 14.50. Lalu tiba di Cairo International Airport pukul 23.45 waktu setempat. 

Peserta akan bertemu dengan guide dan langsung melakukan proses imigrasi. Selanjutnya peserta akan diantar ke hotel untuk beristirahat dan bermalam di Cairo.

2. HARI KE-2. CITY TOUR CAIRO FULL DAY (B,L,D)
Setelah peserta sarapan pagi di hotel, lalu lanjut ke makam Abu 'Abdullah Muhammad Ibn Idris Al-shafi'i, yakni seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Syafi'i. Dilanjut dengan mengunjungi Piramida dan Sphinx.

Lalu lanjut ke Parfume Factory dan Payprus. Peserta makan siang bersama. Setelah itu ke Egyptian Museum yang memiliki ruang khusus dan isinya terdiri dari koleksi murni. Perjalanan selanjutnya menuju Masjid Al-Azhar.



Setelah itu lanjut ke Masjid Hussein, sekaligus ziarah ke makam cucu Rasulullah. Kemudian peserta belanja di Khan El Khalili Bazaar yang menjual pernak pernik khas Mesir.

Terakhir lanjut ke Nile Cruise, sebuah restoran terapung di Sungai Nil. Di sini peserta bisa menikmati makan malam sambil menikmati tarian khas Mesir dan live music.



3. HARI KE-3. CAIRO - ALEXANDRIA - CARIO (B,L,D)
Perjalanan hari ke-3 dilanjutkan menuju Alexandria dengan mengunjungi beberapa makam, seperti Makam Nabi Daniel dan Lukmanul HakimLalu dilanjutkan mengunjungi Masjid Mursi Abu Abbas, Makam Imam Busiri, Makam Abu Darda, sahabat Rasulullah.



Peserta juga diajak menikmati indahnya Pantai Alexandria dan Istana Montazah, yang merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga Raja Farouk. Lalu mengunjungi Perpustakaan Alexandria, Laut Mediterania dan Citadel of Qaitbay. Kembali lagi ke Cairo untuk makan malam dan beristirahat.

4. HARI KE-4. CAIRO - TERUSAN SUEZ - ST. CATHERINE - GUNUNG SINAI (B,L,D)
Setelah sarapan pagi di hotel, kemudian lanjut ke ST. Catherine melewati Terusan Suez yang memisahkan antara Benua Asia dan Afrika. Melihat 'Uyun Musa yang merupakan 12 sumur air Nabi Musa. Lalu melihat tempat dimana Raja Fir'aun tenggelam di Laut Merah.



Setelah makan siang, lanjut ke Patung Al-Samiri serta biara St. Catherine dan hiking ke Gunung Sinai. Kemudian lanjut ke Masjid Al-Wadi Al-Muqaddas, makam Nabi Harun dan Nabi Shaleh. Lalu makan malam dan bermalam di sana.

5. HARI KE-5. GUNUNG SINAI - TABA (B,L,D)
Perjalanan dilanjutkan setelah sarapan menuju Biara St. Catherine untuk melihat pohon yang terbakar pada saat Allah berbicara dengan Nabi Musa dan Surat Perjanjian/jaminan Rasulullah kepada umat Kristen yang hidup di bawah kepempininan Islam. Setelah itu lanjut ke Kota Taba untuk melihat Laut Merah dan bermalam di Taba.



6. HARI KE-6. TABA - JERUSALEM (BAITUL MAQDIS) - HEBRON - NABI YUNUS (B,L,D)
Setelah sarapan pagi di hotel, peserta akan menuju perbatasan Kota Taba untuk proses imigrasi menuju Kota Yerusalem. Lalu lanjut ke Bukit Zaitun, Masjid Al-Aqsha sekaligus sholat di sana.



Kemudian lanjut ke Bethelehem, untuk mengunjungi Nativity Church (Kanisat Al-Mahd), Masjid Omar dan Kolam Salomo (Birak Sulaiman).

Perjalanan lanjut ke Hebron untuk mengunjungi Al-Haram Al-Ibrahimi dan kota tua untuk melihat pemandangan Kota Hebron. Lalu lanjut ke makam Nabi Yunus di Halhoul Village. Lalu menuju hotel untuk istirahat dan bermalam di Yerusalem.

7. HARI KE-7. CITY TOUR JERUSALEM, FULL DAY (B,L,D)
Peserta sarapan pagi di hotel, lalu lanjut city tour Jerusalem untuk melihat berbagai bangunan bersejarah, museum dan pemandangan yang menarik. Dilanjutkan mengunjungi Komplek Al-Aqsha (Al-Haram Al-Sharif), seperti Dome of The Rock, Mt. Olive, Masjid Salam El Farisi dan Masjid Buraq.



Lalu berjalan di dalam tembok Al-Quds melalui Dolorosa. Kemudian ziarah ke makam Rabi'ah Al Adawiyah, seorang tokoh sufi wanita paling terkenal atau disebut the mother of the grand master atau Ibu para Sufi besar.

Lalu lanjut ke pasar tua di Kota Suci (Al-Qahtani, Khan Al-Zait, Al-Atarin), kemudian mengunjungi Gereja Makam Kudus dan Masjid Omar. Perjalanan terakhir mengunjungi Golgotha, tempat dimana Yesus disalib oleh kaum Yahudi. Bukit ini dijaga oleh kaum Muslim turunan Salahudin, yang sangat dihargai dan dihormati di daratan Eropa, karena berhasil menaklukan Yerusalem. Setelah itu beristirahat di hotel di Yerusalem.

8. HARI KE-8. JERUSALEM - JERICHO - ALLENBY - PETRA (B,L,D)
Setelah sarapan pagi di hotel, perserta akan diajak menuju Jericho, kota tertua di dunia dengan mengunjungi makam Nabi Musa. Lalu lanjut ke Allenby Bridge untuk menyeberang kembali ke Jordania. Lalu mengunjungi Kerak dan Muta'a dan dilanjutkan makan siang.



Lalu melanjutkan ke makam para sahabat, Zaid bin Haritsah, Ja'far bin Abi Thalib dan Abdullah bin Rawahah. Terakhir ke Istana Shobak, lalu ke Kota Petra untuk makan malam dan bermalam di sana.

9. HARI KE-9. PETRA - DESSERT SAFARI WADI RUM - AMMAN (B,L,D)
Peserta sarapan pagi di hotel dan check out. lalu lanjut menikmati Gurun Pasir di Wadi Rum dan makan siang di restoran lokal. Lalu mengunjungi Goa Ashabul Kahfi. Terakhir mengunjungi makam Abdurrahman bin Auf dan bermalam di Amman.



10. HARI KE-10. AMMAN - MUSCAT (B,L,D)
Perjalanan kali ini akan mengunjungi makam Bilal bin Rabah. Lalu lanjut makan siang di restoran lokal. Peserta akan diantar ke Queen International Airport untuk terbang ke Muscat dengan pesawat Oman Air pukul 19.10 waktu setempat. Tiba di Kota Muscat pukul 23.45, transit di Muscat untuk terbang kembali ke Jakarta pukul 01.55 waktu setempat.



11. HARI KE-11. JAKARTA ARRIVAL (NO MEAL)
Hari ini pserta akan tiba di Indonesia pukul 13.20. Semoga perjalanannya menyenangkan dan memuaskan.

Perjalanan ziarah ke Masjid Al-Aqsha dan sekitarnya pasti akan sangat berkesan. Karena selama tour 11 hari mengunjungi tiga negara (Palestine, Jordan dan Egypt), Anda akan dijamu dengan pelayanan yang profesional. Bukan hanya itu saja, perjalanan ziarah ini juga akan menambah wawasan Anda, mulai dari peninggalan bersejarah seperti makam para nabi, ulama hingga makam sahabat Rasulullah.

Hmmm, pasti akan sangat menarik bukan??


Bagaimana guys, tertarik banget kan untuk mengunjungi tempat bersejarah itu? Yuk jadikan liburan Anda semakin berkesan bersama Cheria Holiday, sehingga liburan menjadi lebih bermakna, aman, nyaman dan pastinya menyenangkan.

Penasaran kan, fakta apa saja yang menarik dari Cheria Holiday, sehingga setidaknya ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda mempercayakan rencana perjalanan Anda dengan Cheria Holiday.

heria Holiday memang spesialis paket tour wisata halal Indonesia maupun internasional, Travel Haji Plus Umroh serta melayani pembelian tiket, hotel dan visa perjalanan.

otelnya berbintang. Agar liburan Anda menjadi lebih nyaman dan berkesan, Cheria Holiday menyediakan hotel untuk tempat menginap dengan rata-rata bintang 3 keatas yang menjadmin fasilitas yang ekslusif dan berkelas.


asy. Proses pemesanan paket wisata lebih mudah dilakukan di Cheria Holiday. Bisa melalui aplikasi di smartphone, telepon, melalui WhatsApp, email ataupun datang langsung ke kantornya.


amai peminatnya. Akomodasi yang cukup lengkap dan beragam pilihan tempat wisata yang ditawarkan, membuat jumlah peserta yang ingin berlibur bersama Cheria Holiday cukup banyak.

zin usahanya jelas dan terdaftar, baik untuk urusan haji plus, umroh, tour dan travel. Dengan begini perjalanan wisata dan liburan Anda akan lebih terjamin.

komodasi untuk liburan lebih lengkap dan terjamin, mulai dari hotel, menu makanan halal, tour guide hingga tiket masuk ke berbagai museum.

arganya lebih terjangkau. Harga paket wisata dan tour yang ditawarkan relatif terjangkau jika dibanding di tempat lain.


ke pelayanannya. Pelayanan yang diberikan oleh Cheria Holiday sangat memuaskan, sehingga tidak sedikit testimoni positif yang diberikan oleh customer yang cukup loyal menggunakan jasa Cheria Holiday.

ayanan paket wisatanya lengkap. Ada begitu banyak pilihan paket perjalanan wisata yang Anda inginkan, mulai dari paket tour muslim, baik dalam negeri maupun luar negeri, penyediaan tiket, hotel, visa dan kebutuhan lainnya untuk personal, corporate atau group.

tinerary lengkap. Anda akan memperoleh informasi itinerary atau rencana perjalanan secara detail dan terencana ketika membeli paket wisata di Cheria Holiday. 


estinasi pilhan untuk berlibur beragam. Mulai dari tempat wisata di dalam negeri maupun luar negeri, baik negeri berpenduduk mayoritas muslim atau mayoritas non muslim. Lengkap deh pokoknya!

wardnya sudah banyak. Prestasi yang ditorehkan oleh Cheria Holiday ini cukup baik. Berkat konsistensi dalam memberikan pelayanan yang terbaik, berbagai penghargaan pun diraihnya, seperti :
- Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik (2016)
- Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (2016)
- International Award, Program Wisata Muslim China (2018)

ang penting happy! Yup namanya juga liburan, yang kita cari adalah hiburan untuk menyenangkan diri. Kalau mau liburan happy, ya pilih Cheria Holiday.


Berkat konsistensi Cheria Holiday dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya, membuat pelanggan merasa cukup puas, karena impian liburan mereka dapat terpenuhi dengan baik, sesuai dengan ekspektasi, sehingga liburan pun menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Berikut adalah testimoni yang diberikan oleh beberapa konsumen, termasuk dari kalangan artis :


Testimoni Pengguna Cheria Holiday - Blog Mas Hendra

Testimoni Pengguna Cheria Holiday - Blog Mas Hendra















Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk liburan bersama Cheria Holiday? Jangan sampai liburan Anda menjadi berantakan hanya gara-gara salah memilih agen travel. 

Apalagi agen travel tersebut kurang berpengalaman dalam melayani pelanggan, bahkan lebih parahnya lagi, uang yang sudah Anda kirimkan, disalahgunakan oleh pihak travel. Akhirnya Anda tidak jadi berangkat dan rencana liburan pun jadi berantakan. Seperti yang sudah pernah kita lihat melalui layar kaca mengenai kasus beberapa travel yang bermasalah, sehingga merugikan konsumen.


Saat Lagi di Pulau Sabang Bersama Cheria Holiday - Blog Mas Hendra

Pecayalah, dengan Cheria Holiday, liburan wisata, haji plus, umroh hingga tour ziarah, lebih aman, terpercaya dan profesional.

Jika Anda tertarik dan berminat untuk liburan bersama keluarga, rekan bisnis atau pribadi, Anda bisa menghubungi alamat kantor Cheria Halal Holiday di bawah ini :



Semoga bermanfaat.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Cheria Halal Holiday

14 comments

Sebagai Muslim tentunya Rindu bisa ziarah ke Masjidil Aqsha...Besar pahalanya walaupun butuh biaya

Luar biasa Masjid Al Aqsa, pernah dibakar, dijadikan tempat sampah, dan lain-lainnya, tapi tetap tersemat di hati karena sejarahnya dalam agama kita, mejadi kiblat pertama. Terimakasih posnya luar biasa mencerahkan.

Betul mas Dwi. Terus kapan dong mau kesana? *eh...

Terima kasih juga sudah berkunjung mba Tuteh

Bisa melakukan peralanan kesana pasti berkesan banget ya Mas ? bisa melihat jejak keislaman para Nabi kita terdahulu. Sayang saya gak bisa english, takut planga plongo disana hihihi

Kalo gak salah kan udah ada guidenya mas, jadi bisa terbantu. Pengen banget berziarah ke sana, penasaran banget mas, tapi isi dompet tidak mendukung

Wah ternyata banyak fakta menarik tentang Al-Aqsa yang tidak banyak orang tau. Likaliku kehidupan silih berganti di sana. Jazakillah, tulisan yg bermanfaat ini. Semoga sama2 bisa ke Palestina dengan Cheria Holiday ya.. Hohoho

Aamiin, hehehe... Maunya ya mba. Ada beberapa fakta diantaranya yang belum diketahui oleh orang banyak ya.

Bepergian ke luar negeri menurutku agak takut gitu. Tapi kalau ditemani agent tour yang terpercaya dan berpengalaman, InsyaAllah berani berangkat deh.

Siap!! Jadi, kapan nih berangkatnya?

Iya, berarti harus berangkat ke sana sendiri untuk cari tahu ya, #Upssss...

Ya Allah pengen banget ziarah kesana bang, seru deh wisata religi ditengah kesibukan kita sehari2. Smg qt bs kesana yah bang

Aamiin, semoga saja suatu hari nanti ya bang Joe...


EmoticonEmoticon