8 Teknologi Yang Tergeser Oleh Handphone

Handphone belakangan ini seolah memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Ia bisa jadi bermanfaat bagi kita atau bahkan sebaliknya. Tergantung kita dalam mengaplikasikan handphone tersebut.


Fungsinya sekarang tak lagi hanya sebatas telepon dan berkirim pesan. Namun lebih dari itu. Saya yakin, dengan melihat fungsinya yang sangat beraneka ragam, lama kelamaan akan banyak teknologi yang nantinya bakal tergeser oleh handphone. Seperti yang saya sebutkan dibawah ini! Apa saja itu? Yuk ya yuuk mariii...

1. Jam Weker / Beker

Fungsi dari jam weker atau beker, adalah sebagai alarm untuk membangunkan seseorang dari tidurnya. Jam weker mekanis dibuat kali pertama pada tahun 1787 di New Hampshire (Amerika Serikat), seolah sudah sangat jarang kita temui pada setiap rumah.

Keberadaan jam weker semakin tergeser akibat kehadiran handphone. Pada handphone kini dapat digunakan sebagai alarm maupun reminder (pengingat). Dan nada alarmnya pun bisa Anda pilih sesuka hati. Sebaiknya hindari suara alarm yang bernada melankolis, bukannya terbangun, yang ada malah Anda akan tertidur jauh lebih dalam. Jauh lebih dalam.

2. Peta Digital

Kehadiran teknologi Google Map kali pertama dikenalkan pada tahun 2005 ke dunia internet. Perangkat semacam peta digital secara perlahan mulai tergeser keberadaannya ketika Google map ditanamkan kedalam handphone.

Kehadiran Google Map di handphone tentu saja sedikit banyak telah membantu kita dalam pemenuhan kebutuhan akan fungsi arah dan tujuan saat kita bepergian. Hal ini sangat memudahkan bagi siapapun tanpa perlu membawa berbagai macam peta digital dan lain sebagainya, cukup dengan membawa handphone saja.

3. GPS

Bagi Anda seorang traveller alias tukang jalan-jalan, terkadang membutuhkan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai sistem navigasi atau penunjuk arah yang memanfaatkan satelit atau biasa dikenal dengan nama GPS, Global Positioning System. Teknologi yang diprakarsai oleh Amerika ini kali pertama dikenalkan ke dunia pada tahun 1975. Pun begitu juga dengan seorang jomblo mesti dibutuhkan sebuah GPS dalam menemukan tambahan hatinya. *eh...

Teknologi GPS belakangan ini telah disematkan kedalam handphone. Yah meskipun tak selengkap seperti pada fitur GPS yang sebenarnya, namun suatu saat bukan tidak mungkin secara perlahan akan menggeser kehadiran GPS.

4. Kamera digital

Fitur kamera handphone semakin lama semakin menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Liat saja dari segi resolusi, mulai dari 8 MP, 13 MP, 20 MP bahkan ada yang sampai 40 MP (Nokia Lumia). Saya cukup salut dengan kemajuan fitur kamera pada handphone. Berdasarkan fakta di lapangan, keberadaan kamera digital semakin lama semakin tergeser oleh teknologi yang dibawa pada handphone.

5. Radio (AM & FM)

Teknologi radio kali pertama diciptakan oleh seorang ilmuwan bernama Guglielmo Marconi (Italia) pada tahun 1896. Pada awal kelahirannya, teknologi radio merupakan gelombang suara yang ditransmisikan melalui komunikasi nirkabel (tanpa kabel). Dari tahun ke tahun radio selalu mengalami perkembangan secara signifikan. Sampai pada akhirnya fitur radio ditanamkan pada handphone.

Fitur radio pada handphone memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya : dapat menyimpan dan merekam siaran favorit.

6. Perekam suara

Perekam suara ini biasanya sih dipakai oleh para wartawan pada saat proses wawancara. Tentu saja alat ini sangat memudahkan kita dalam mendapatkan informasi yang disampaikan narasumber secara jelas, akurat, padat dan bohai. Tanpa perlu corat coret buku catatan lagi.

Namun kini handphone pun sudah dapat melakukan proses perekaman sebaik alat perekam digital. Yang penting cukupin memory pada handphone dan jangan sampai ada panggilan masuk, yang ada malah proses perekaman akan terganggu.

7. Pemutar Musik (Walkman, Discman & MP3 Player)

Teman-teman tau khan yang namanya walkman, discman ataupun mp3 player. Pada waktu itu sempat booming dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri saat kita dengerin musik dari player-player tersebut.


Sekarang malah keberadaan pemutar-pemutar musik itu entah gimana kabarnya lagi. Seperti sudah punah seiring berkembangnya handphone dengan fitur pemutar musik dengan kualitas suara yang tak kalah bagusnya. Malahan jauh lebih bagus.

8. Televisi

Kalau yang satu ini, belum banyak handphone yang membenamkan fitur TV didalamnya, paling cuma handphone-handphone lokal saja yang paling getol bikin handphone berfitur TV. Selain itu ya paling banter ngandelin jaringan internet buat nonton TV online.

Tapi bukan gak mungkin, suatu saat teknologi semisal TV, akan dipatenkan didalam handphone. Siapa tau saja. Iya nggak??

Kalau ada yang mau nambahin, sharing, curhat silahkan komen saja dibawah, sebelum komen dilarang...

Happy blogging...

8 comments

Wah iya gan, tapi sepertinya saat ini kamera digital dan televisi masih banyak digunakan, walaupun sepertinya radio sudah jarang sekali yang menggunakannya.
Terima kasih atas postingannya, sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya.
jika berkenan sobat dapat mengunjungi blog saya http://puloblog.blogspot.com

Reply

Iya gan, untuk kamera digital digital masih banyak digunakan, tapi kebanyakan sudah mengandalkan hape, karena praktis, bisa telponan dan chattingan.
Kalo hape-hape dengan fitur TV mungkin saat ini masih sangat sedikit sekali, tapi ya itu tadi hape sudah dijejali berbagai macam fitur dan teknologi..
Makasih udah mampir...
Siap BEWE gan....

Reply

jangan lupakan kalkulator beras gan nyahahah
ada benernya juga berarti ya semboyan "dunia ada di dalam genggaman." Dunia seputaran itu aja sih :D

Reply

Bener mas. Sekarang beberapa teknologi udah dijadikan satu dalam handphone.

Hehee, saya kalo bikin alarm memang suka yg nada nya melankolis mas. Tapi tetep kebangun kok. Kalo yg nada nya keras, kadang saya jadi kaget sendiri pas bangun.
Jadi kesel karena kaget gitu, Hahahaa

Reply

Wah kalo nadanya melankolis gitu, saya nggak bisa bangun....

Reply

Post a Comment