6 Profesi Yang Menjadi Idaman Anak - Anak


Blog Mas Hendra - Dahulu kala, jauh hari sebelum pak Jokowi duet maut dengan pak Ahok, sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wagub DKI Jakarta, saya pernah beberapa kali mengantar adik saya sewaktu masih sekolah TK. Sekitar tahun 2001.

Waktu itu saya sering sekali mendengar saat sang guru melontarkan sebuah pertanyaan kepada anak didiknya yang masih unyu2 tersebut. Pada usia inilah (4-5 tahun) sebuah pertanyaan seputar cita2 sering dilontarkan.


Baca juga artikel lainnya : Hari Pertama Nabil Masuk TK

"Anak2 semua, kalau sudah besar nanti mau menjadi apa?." Kurang lebih pertanyaannya seperti itu. Sebuah pertanyaan klasik yang selalu terulang yang ditujukan khusus ketika usia masih kanak-kanak. Namun pertanyaan ini justru jarang muncul ketika menginjakkan usia mahasiswa (remaja).

Jawaban yang berhasil saya serap (waktu itu) sangat beragam. Namun yang jelas profesi yang mereka cita-citakan hanya seputar itu-itu saja. Profesi yang sudah sangat terkenal dan mainstream (biasa). Menurut pandangan bodoh saya.

Mau tahu profesi apa sajakah yang paling diidam-idamkan oleh anak-anak saat masih TK? Simak selengkapnya berikut ini :

1. Dokter

Suster koplak (jangan ditiru) (Gambar : udehnans.com)
Profesi yang satu ini bisa dikatakan yang paling mainstream (biasa). Mungkin ketika si anak sakit, maka para orang tua segera membawanya berobat ke dokter, yang sudah barang tentu si anak akan bertemu langsung dengan sang dokter. Yang langsung terekam di otak si anak adalah dokter lengkap dengan seragam baju putih dan sebuah stetoskop melingkar di lehernya. 

Sebuah profesi yang dapat dengan mudah ditemui di klinik, puskesmas maupun rumah sakit ini, menjadi salah satu profesi yang paling ngetop di kalangan cita-cita seorang anak TK.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi dokter, biar bisa nyembuhin teman-teman dan juga orang-orang alay yang sedang galau."


2. Polisi

Jawaban ujian yang polos dari seorang bocah (Foto : pulsk.com)
Profesi ini juga cukup ngetop di kalangan anak TK. Dengan bangganya mereka berucap "Kalau sudah besar nanti saya mau menjadi polisi." Sering mereka mengenakan kostum seragam polisi lengkap saat mengadakan sebuah acara besar semacam Hari Kartini.

Anak-anak pun dengan mudahnya melihat pak polisi berseragam lengkap tatkala sedang bertugas mengatur lalu lintas di jalan maupun melihatnya melalui layar kaca. Atau bahkan ada salah satu anggota keluarganya yang memang seorang polisi. Entahlah hanya Tuhan dan keluarganya yang tahu.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi polisi, supaya bisa menilang para pengendara bermotor yang membandel dan juga bisa menangkap orang-orang jahat termasuk para koruptor."


3. Guru

Tak ada penggaris, bangku pun jadi (Foto : warungkopi.okezone.com)
Profesi yang mulia ini juga merupakan salah satu profesi yang bisa membuat seorang anak kepincut untuk menjadikannya sebagai cita-cita bila sudah besar nanti. Karena mereka merasa senang tatkala dapat membuat teman-temannya yang lain menjadi pintar. Seperti Ibu gurunya yang selalu mengajar di kelas TK, yang pandai, pintar, sabar, berwibawa dan penuh kharismatik.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi guru, supaya bisa membuat orang lain lebih pintar, bahkan lebih pintar dari seorang Ki Joko Bodo."


4. Insinyur

Seorang Insinyur tentunya bangga bisa membangun gedung2 tinggi (Foto : tribunnews)
Sebagai seorang Insinyur (sebutan lain dari Sarjana Tekhnik), tentu memiliki rasa prestise tersendiri. Seorang Insinyur dengan mengepalai anak buahnya mampu membangun gedung-gedung tinggi nan megahnya. Tidak heran banyak dari anak-anak yang mengidamkan profesi yang satu ini.

Mereka pun sering melihat profesi yang satu ini melalui layar kaca atau bahkan (tidak tertutup kemungkinan) ada salah satu anggota keluarganya yang merupakan seorang insinyur.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi insinyur, biar bisa membangun gedung-gedung tinggi dan juga bisa membangun rumah tangga bersama kamu."

*Set daaaaahhh.... mantaff


5. Pilot

Profesi sebagai pilot memiliki kebanggaan tersendiri (Foto : bizjournals.com)
Menjadi seorang pilot memiliki resiko lebih besar ketimbang profesi lainnya. Namun bukan berarti profesi yang lain bukan tanpa resiko loh. Sering kali kita mendengar jatuhnya pesawat karena berbagai faktor dan sebab. Meskipun memang sudah takdir. Tapi tidak menyurutkan cita-cita sebagian besar dari anak-anak ketika mereka besar nanti. 

Profesi seorang pilot sering kali terlihat di acara tv baik itu melalui sebuah tayangn film maupun melalui berita di layar kaca.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi pilot. Biar bisa nyetir pesawat terbang dan membawa kamu terbang ke lubuk hatiku yang paling dalam."


6. Tentara

Kelakuan tentara yang satu ini jangan ditiru ya (Foto : 1001tawa.blogspot.com)
Kalau profesi yang satu ini tidak usah ditanya lagi resikonya. Pokoknya harus siap mental, fisik sampai bahkan harus merelakan jiwa dan raganya untuk mempertahankan negara tercintanya. Rasa nasionalismenya pun harus tinggi.

Badan yang tegap, tinggi nan gagah berseragam lengkap, membuat sebagian besar anak-anak kepincut memasukkan profesi ini kedalam daftar cita-cita mereka. Meskipun mereka belum sepenuhnya mengetahui resiko yang akan dihadapinya. Mereka baru memahaminya hanya sebatas "terlihat gagah" saat berpakaian tentara lengkap plus senjata di lengannya.

Anak-anak pun sering melihat sosok tentara melalui layar kaca (film-film perang) maupun ada salah satu anggota keluarganya yang menjadi seorang tentara.

"Kalau sudah besar nanti, saya mau menjadi tentara, biar bisa mempertahankan kesatuan Negara Republik Indonesia tercinta dan juga bisa mempertahankan keutuhan rumah tangga kelak nanti."

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apapun profesinya (tindakan kejahatan adalah PENGECUALIAN), semuanya adalah baik dan mulia, yang penting dapat bermanfaat untuk orang banyak loh. Asal jangan profesinya sebagai pelaku tindak kejahatan semacam : pencopet, perampok, preman dan tindakan kejahatan lainnya yang dapat merugikan orang lain.

Masih banyak kok profesi selain yang saya sebutkan diatas yang masih dapat dijadikan pilihan sebagai cita-cita bagi anak-anak kelak ketika mereka dewasa nanti. Yang penting kalian harus rajin belajar dan pantang menyerah untuk meraih cita-cita kalian.

You May Like This :


EmoticonEmoticon