Pengalaman Memakai Ban Motor Corsa

 
blog mas hendra

Bulan Juni 2014 ini sudah genap dua tahun saya memakai ban motor tubeless merk Corsa. Ban buatan anak negeri ini selain memiliki kualitas yang baik, harganya pun relatif  terjangkau. Sebelumnya saya sempat bingung menentukan pilihan ban merk apa yang akan saya gunakan. Namun setelah searching kesana kemari lewat mbah google, akhirnya pilihan jatuh pada merk Corsa.




Saya sempat bingung, dimana saya bisa mendapatkan ban motor berkualitas dengan harga lebih murah. Biasanya ada tempat - tempat tertentu dimana harga onderdil motor agak lebih murah. Setelah bertanya - tanya, beberapa teman menyarankan untuk mencari di sekitar kawasan Kampung Utan. Kebetulan dari Cirendeu gak begitu jauh. Sayapun hunting ban tubeless tersebut ke daerah Kampung Utan, yang konon kata orang - orang (ini baru katanya lho) harga sparepart motor lebih murah di banding tempat lainnya. Tapi di sekitar kawasan Cirendeu dan Ciputat ya sob. Kalo di tempat lainnya mungkin ada yang lebih murah lagi, tapi saya belum tau tuh.


Setelah tiba di salah satu bengkel kawasan Kampung Utan, selain menanyakan harga ban tubeless (kalo gak salah harga ban belakang sekitar Rp. 150.000), sayapun sempat menanyakan harga - harga sparepart motor lainnya. Dan saya bandingkan dengan harga sparepart dekat rumah (Cirendeu). Memang harganya jauh lebih murah di Kampung Utan ini. Akhirnya saya pun mengganti ban motor biasa (tube) saya yang sudah mulai usang dengan ban tubeless merk Corsa

blog mas hendra
Ban Motor Depan Memakai Ban Tubelsess Corsa

Selama memakai ban Corsa ini, teksturnya keras (sifat alami dari ban tubless), pemakaian awal agak licin, atau emang saya saja kali yang belum terbiasa memakai ban tubeless. Tapi lama kelamaan cukup nyaman juga sob, baik di jalan yang rata maupun bebatuan. 

Pada saat kondisi jalanan basah (hujan), walau terasa agak licin, namun ban tetap dapat mencengkram dengan cukup baik, tapi ya tetap harus hati - hati dan waspada sob. Dari segi desain, motifnya bagus - bagus. 

Bannya sekarang banyak retakannya. Mungkin pemakaian harian yang bikin jadi retak. Soalnya jarak dari rumah ke kantor jauh sob. Ditambah kondisi jalan di Jakarta kadang rata kadang berlubang mirip banget sungai kering.

Untuk urusan tambalan, saya sudah kenyang yang namanya kena paku, atau benda tajam yang lainnya. Mungkin ada sekitar 7 kali tambalan. Pernah nih suatu hari saya ke ITC Fatmawati sebentar, pada waktu mau pulang, ban belakang  kena 2 lubang yang bocor. Padahal waktu datang ke ITC oke - oke aja sob. Paling juga cuma selang waktu satu jam, tapi ban langsung bocor gak pake kompromi. Alhasil harus cari bengkel nih. 

Setelah ketemu bengkel motor, kata si abang kena 2 lubang. Usut punya usut, itu bukan paku, tapi mirip semacam kayu tajam yang keras pake banget. Karena tekstur si kayu yang tidak beraturan ini, maka ban pun langsung bocor. Lain lagi ceritanya kalo kena paku, yang teksturnya lurus tegak, kalo nancep di ban gak langsung bocor, namun perlahan - lahan bocornya. 

Karena saya pernah malam hari pulang kerja kena paku, pas keesokan siang mau jalan kerja saya cek ternyata ada paku "mampir" di ban belakang. Langsung saja saya tambal. 

Tapi masing - masing ban (tubeless dan tipe tube) punya kelebihan dan kekurangan. Tergantung selera asal. Oh iya untuk ban tubeless sangat cocok dipasang di velg yang racing. Kalo di velg jari - jari bisa juga sih, tapi harus "diakalin" sama tukang bengkel.

Kelebihan Memakai Ban Tubeless :
1. Lebih tahan bocor, kalo kena paku, gak langsung bocor. 
2. Kalo seandainya bocor, proses penambalannya sangat cepat, berbeda sama tipe ban tube.
3. Proses penambalan praktis.
4. Tekstur ban lebih keras daripada ban tipe tube. Jadi lebih kuat dan tahan lama.


Kekurangan Memakai Ban Tubeless :
1. Harga ban jauh lebih mahal.
2. Masih agak jarangnya tukang tambal ban tubeless. Tapi kalo saya liat, sekarang udah banyak tuh tambal ban tubeless, so no need to worry.
3. Harga tambal ban lebih mahal dari ban tipe tube. Paling beda berapa ribu perak doang.

Kalo ban tubeless sobat sudah penuh sama tambalan, sebaiknya segera ganti yang baru, sebab bekas tambalan pada ban, lama kelamaan akan mengelupas lagi dengan sendirinya. Soalnya saya pernah mengalaminya. 

Nah itu tadi sekelumit pengalaman saya selama memakai ban motor merk Corsa. Kalo ada masukan dari para master rider atau sekedar sharing, jangan ragu - ragu isi saja di kolom komentar. Salam blogger.

You May Like This :


EmoticonEmoticon