Mini Outbound Di Bawah Jembatan Kali Ciliwung

Kreativitas memang tidak mengenal batas. Bukan warga Indonesia namanya jika tidak kreatif. Keterbatasan lahan memaksa sebuah Komunitas Ciliwung Depok (begitu tulisan yang tertulis di bawah jembatan yang terdapat di foto) yang berada di wilayah Depok, tepatnya berada tidak jauh dari pintu gerbang Grand Depok City (GDC), untuk memanfaatkan lahan yang ada dijadikan sebagai (mini) outbound, kalau boleh saya katakan seperti itu.


Berawal dari rutinitas saya ketika surfing di salah satu group di Facebook, saya menemukan sebuah postingan di grup warga Depok. Di dalam tulisan yang diposting oleh akun yang bernama Riri Rara, mengatakan lokasi mini outbound ini memang terletak tepat di bawah jembatan. Ia memposting sebanyak delapan buah foto yang memuat beberapa aktivitas warga sedang menikmati "wahana" tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Dari beberapa foto yang diposting, terlihat jelas, tepat di bawah jembatan beberapa buah ban berwarna-warni digantung dengan menggunakan seutas tambang berukuran besar. Selain ban, ada beberapa batang kayu yang juga sama-sama digantung. Tapi gak ada cinta yang digantung disana. *eh...





Tidak hanya itu saja, tampak juga tersedia flying fox mini lengkap dengan tali pengaman, helm pengaman dan juga seorang guide yang selalu siap membantu. Bagaimana dengan ketinggiannya? Yah namanya juga berada di bawah jembatan, tentu saja tidak terlalu tinggi. Meskipun terkesan seadanya, yang penting para warga merasa happy dengan wisata ini.

Bagaimana dengan harganya? Kalau melihat postingan tersebut, harganya masih secara sukarela alias seikhlasnya. Tapi untuk flying fox dan rafting pasti ada biaya yang disesuaikan, sepertinya sih sangat terjangkau. Apakah nanti ada ketentuan harga masuk atau tidak, kita tunggu info selanjutnya. Anda bisa meletakkan donasi tersebut ke dalam sebuah kotak yang sudah disediakan di dekat toilet.

Disini juga tersedia sebuah mushollah dan bisa juga dimanfaatkan untuk ganti baju. Tapi jangan lupa untuk membawa baju ganti bila ingin berenang di kali Ciliwung ini. Tersedia juga baju pelampung dan ban untuk berenang yang juga dipinjamkan secara sukarela, karena memang Anda juga dapat menikmati rafting. Mengenai ukuran dalam kali Ciliwung ini tidak disebutkan di dalam postingan.




FOTO UPDATE :







Saya sebagai blogger yang juga tinggal di Pengasinan, Depok berharap semoga "tempat wisata" ini segera mendapat perhatian pemerintah setempat, sehingga kedepannya akan berkembang menjadi wisata edukasi sekaligus wisata alam yang dapat dinikmati oleh warga sekitar maupun warga dari luar kota Depok. Semoga saja.

Semoga bermanfaat.

6 comments

Ini baru kreatif perlu dicontoh kota lain yang ada sungainya sehingga lebih bermanfaat terutama untuk wisata outbound

Reply

Iya mas, tempat-tempat seperti ini jadi bermanfaat dan tidak ngker lagi. Semoga kedepannya menjadi tempat wisata sekaligus edukasi mengenal alam bagi warga sekitar maupun dari luar kota Depok

Reply

waaaah ide bagus juga nih, kalau pas ke depok bisa liat-liat .. heee
semoga tetap mengutamakan keselamatan ia, karena di sungai ..

Reply

kreatif ini, bisa jadi spot alternatif buat wisata warga depok dan sekitarnya mas..mana harga juga masih "seikhlasnya" hehe

saya tertarik sama muralnya malah, bagus :D

Reply

Sangat kreatif bang. Kalau saja aktivitas ini ditiru sama yang lainnya, bukan tidak mungkin kali Ciliwung akan semakin indah dan tidak seseram dulu, tapi tetap harus mengedepankan keselamatan, minimal diuji coba dulu, apakah lokasinya layak untuk dijadikan wisata atau tidak.

Penyuka mural juga yah, pasti anak Grafica,hhehe

Reply

Emang tinggal di Depok juga ya bang?? Sudah sepatutnya dilakukan uji kelayakan dulu sebelum wisata semacam ini dibuka secara umum...

Reply

Post a Comment