Manfaat Mengikuti Lomba Blog


Aktivitas ngeblog bisa dibilang aktivitas yang sangat bermanfaat. Sebagian besar blogger menceritakan pengalamannya ketika pertama kali memulai ngeblog, hanya berawal dari rasa penasaran. Lalu muncul keingintahuan untuk mendalami ilmu-ilmu dasar seputar blog. Setelah mengenal blog, lama kelamaan berubah menjadi hobi. Lantas apakah hanya cukup berhenti disini saja?


Jawabannya tergantung pada masing-masing blogger. Ada sebagian blogger yang memang hanya sekedar menyalurkan hobi menulisnya di blog, lantas ada juga yang selain karena memang hobi menulis, blogger tersebut juga ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Karena ngeblog pada dasarnya bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Nah bagi sebagian blogger yang menginginkan penghasilan tambahan, lantas melakukan berbagai bentuk monetisasi blognya, mulai dari memasang iklan, mendaftarkan blognya ke Google AdSense, jualan online di blog, menjadi seorang penulis tamu di blog lain dan tidak sedikit juga yang mengadu peruntungan dengan mengikuti perlombaan blog yang biasanya diadakan oleh perusahaan-perusahaan bonafid.

Dari pengalaman saya sebagai blogger yang sering banget ikutan lomba blog (walau sering tersingkir oleh blogger kece lainnya 😂), ternyata ada beberapa manfaat yang akan didapat jika seseorang rutin mengikuti perlombaan blog. Apa sajakah manfaat tersebut? Simak ulasannya berikut ini :

1. Melatih Kemampuan Menulis

Yang pertama, jelas kualitas tulisan akan menjadi penilaian utama dalam sebuah lomba blog. Karena penilaian terletak pada bobot tulisan, maka setiap peserta dituntut untuk menulis secara maksimal sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan. Dengan rutin mengikuti lomba blog, maka seiring berjalannya waktu, blogger akan terbiasa memiliki kemampuan untuk mengolah kata (baca : menulis) yang lebih baik dan tentu saja dengan tema tulisan yang beragam.

2. Menambah Wawasan

Untuk mengulas suatu produk dalam sebuah ajang kompetisi blog, maka setiap peserta memerlukan referensi sebagai bahan acuan untuk menulis. Dengan begini, blogger akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru yang belum pernah didapat sebelumnya.

3. Menambah Teman 

Pada sebuah kompetisi blog, biasanya diikuti oleh peserta lainnya yang sebelumnya bahkan belum kita kenal. Namun setelah mengikuti kompetisi blog, maka peserta pun akan saling mengenal satu sama lain, biasanya hal ini dilakukan melalui aktivitas BLOGWALKING untuk mendapatkan informasi seputar lomba blog.

4. Meningkatkan Traffic

Dalam sebuah kompetisi blog, banyak peserta yang penasaran dengan tulisan peserta lainnya, hal ini menyebabkan adanya lalu lintas traffic pembaca yang meningkat ke blog masing-masing peserta. Terutama bagi peserta yang menyandang predikat sebagai juara, maka rasa penasaran dari peserta lain pun akan semakin tinggi untuk berkunjung ke blog sang juara.

Baca juga artikel :
Ruginya Jarang Update Blog
Inspirasi Ngeblog Hilang Seketika? Ini Solusinya!

5. Memperoleh Tawaran Job Review

Tidak sedikit blogger yang rajin mengikuti kompetisi blog, akan mendapatkan tawaran dari perusahaan yang ingin produk atau jasanya untuk diriview di blog. Hal ini mungkin saja terjadi karena reputasi si blogger itu sendiri yang mungkin saja sering masuk nominasi atau bahkan sering juara lomba blog.

6. Melatih Kedisiplinan

Karena alasan sibuk, tidak sedikit blogger yang jarang mengupdate blognya. Namun karena sering mengikuti kompetisi blog, maka dapat meningkatkan kedisiplinan menulis untuk mem-publish artikel sebelum jatuh tempo yang diberikan. 

7. Melatih Kegigihan

Untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan, biasanya kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Begitu juga dengan kompetisi blog, jika hari ini belum terpilih namanya, maka pada kompetisi selanjutnya minimal harus masuk nominasi. Jika hari ini namanya sudah masuk nominasi, maka pada kompetisi selanjutnya harus berusaha agar masuk juara harapan, dan begitu seterusnya hingga juara utama berhasil diraih.

8. Mendapatkan Hadiah

Manfaat yang paling dapat dirasakan oleh peserta (terutama sang juara) adalah mendapatkan hadiah, baik berupa uang tunai, produk dari sponsor, voucher maupun dalam bentuk hadiah lainnya. 

💗💗💗💗💗💗💗💗

Nah bagi kalian yang belum pernah ikut ambil bagian dalam kompetisi blog, atau baru ingin mencoba, jangan pernah takut untuk mencoba. Karena sejatinya kalah dan menang adalah hal biasa dalam sebuah kompetisi. Kalau kalian tidak pernah mencobanya, maka kalian tidak akan pernah bisa mengukur sampai sejauh mana kemampuan kalian dalam menulis. 

Bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati, tetap terus berkarya dengan memperbaiki yang kurang dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang. Tetap terus berusaha, berdoa dan jangan mudah menyerah.

Semoga artikel tentang manfaat mengikuti lomba blog, dapat bermanfaat bagi para blogger semuanya. Dan semoga kesuksesan (dunia dan akhirat) selalu menyertai kita semuanya. Aaamiiin...

Salam blogger!

You May Like This :


EmoticonEmoticon