Tips Mengatasi Jenuh Saat Listrik Padam Dirumah

Foto : energytoday.com
Tidak dapat dipungkiri lagi, yang namanya listrik padam tentu akan membuat semua aktivitas Anda dirumah menjadi tidak berjalan maksimal sebagaimana mestinya. Tidak sesuai dengan harapan.

Berbagai sumpah serapah pun terkadang keluar dari beragam bentuk mulut para "korbannya" yang bernama manusia. Yang seharusnya tidak perlu untuk diungkapkan segala bentuk kekesalan itu. Mungkin para hewan juga akan ikut2an "menyumpah", seandainya mereka dapat berbicara. Padahal listrik padam juga gak terlalu ngaruh buat para hewan.

Berbagai faktor menyebabkan pasokan aliran listrik dari PLN menuju rumah terhambat alias mati total. Alasan sedang dalam perbaikan menjadi satu2nya alasan yang paling krusial.

Terlepas dari itu semua, tentu saja hal ini dapat membuat aktivitas Anda kurang maksimal di rumah. Namun ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa jenuh saat listrik padam dirumah. Apa sajakah itu? Ikuti tips sederhana berikut ini :


1. Jalan2 keluar

Saat listrik padam di siang hari, jalan2 keluar rumah menjadi salah satu solusi yang bisa Anda pilih untuk mengurangi rasa jenuh dirumah. Carilah tempat nongkrong  yang menjadi favorit Anda. Bisa mall maupun tempat makan yang tentu saja listriknya masih dalam keadaan menyala. Kalau satu kota listrik padam semua, ya berarti nasib baik belum berpihak kepada Anda. 

Bawalah gadget Anda dan carilah tempat nongkrong yang memiliki wifi gratis. Sekaligus numpang nge-charge gadget. Anda bisa browsing sambil menikmati makanan dan minuman. 

Sepertinya Seven Eleven menjadi pilihan yang tepat.


2. Bermain gadget

Bila Anda malas untuk keluar rumah, Anda dapat mengutak atik gadget Anda. Anda dapat bermain game, browsing maupun menonton video melalui hape. Namun pastikan dulu gadget Anda sudah terisi baterai, sehingga cukup untuk dimainkan sambil menunggu listrik hidup kembali.

Kalau seluruh gadget Anda lowbat semua, anggap saja itu sebagai ujian yang harus Anda lalui.

"Selalu sabar sambil menunggu sampai listrik menyala kembali."

Terima nasib gan...


3. Membaca buku

Tips ini khusus untuk si kutu buku alias si hobi membaca. Tapi bagi Anda yang gak hobi membaca, namun tertarik untuk mengikuti tips ini, yaa monggo...

Membaca koleksi buku yang Anda miliki dirumah, menjadi pilihan alternatif saat listrik dirumah padam.

Bila listrik padam waktu siang hari, membaca buku tidak menjadi masalah yang berarti, karena suasana masih dalam keadaan terang. Tidak seperti saat malam hari, tentu kegiatan membaca dibawah cahaya lilin, mau tidak mau harus Anda lakukan.


4. Menulis blog

Menulis blog bisa Anda lakukan, baik melalui gadget macam laptop maupun hape. Namun apadaya bila listrik dalam keadaan padam dan gadget Anda dalam keadaan lowbat. Mau tak mau menulis blog secara manual di dalam buku menjadi solusi yang tepat.

Lumayan khan, Anda tetap dapat menulis artikel walaupun dalam keadaan listrik padam.

Be creative guys...


5. Bermain permainan tradisional

Ajak saudara, kakek, paman maupun tetangga untuk sama2 bermain permainan lawas yang tidak memerlukan daya listrik.

Catur, congklak dan karambol menjadi beberapa pilihan alternatif diantara banyak permainan tradisional lainnya.

Sambil menikmati secangkir kopi saat bermain bersama, tentu akan lebih mempererat hubungan kekeluargaan satu sama lainnya.


6. Ngobrol bareng tetangga di depan rumah

Obrolan ringan bersama tetangga sebelah rumah bisa Anda lakukan bila Anda merasa jenuh dirumah karena listrik padam.

Ciptakan suasana obrolan yang positif (dilarang ngomongin orang), hangat dan akrab tentu menjadi salah satu solusi yang dapat Anda pilih. Pilih topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini.

Jangan lupa sambil hidangkan kopi dan sekedar cemilan untuk menambah suasana tambah erat antar sesama tetangga.

Perlu Anda catat. Obrolan ini hanya berlaku saat listrik padam disiang hari atau belum terlalu larut malam, saat para tetangga belum menuju tempat tidurnya masing2 (beristirahat).


7. Melihat-lihat koleksi album foto lama Anda

Melihat2 koleksi foto lawas Anda, mungkin menjadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan loh. Mungkin koleksi album foto pernikahan Anda (bagi yang sudah menikah), album foto putra/putri Anda sewaktu mereka kecil, album foto sewaktu Anda kecil maupun album foto bersama keluarga.


8. Tidur

Mau keluar rumah malasnya luar biasa. 
Mau maenin gadget, lowbat semua.
Mau baca buku gak punya hobi baca. 
Mau menulis artikel gak punya blog. 
Mau main catur gak punya catur. 
Mau ngobrol bareng tetangga, gak ada yang nongol satupun.
Mau melihat2 album, gak punya, karena memang gak pernah di foto (ngenes pisan sampeyan).

 "Tidur adalah kegiatan paling pas dilakukan saat listrik padam di malam hari."

Bila Anda menyalakan lilin di malam hari untuk mengurangi gelap yang mencekam, pastikan lilin menyala pada tempat dan kondisi yang aman. Jangan taruh lilin sembarangan.

Bila lilin Anda bergoyang2, itu artinya tanda dalam bahaya, segera tiup lilin tersebut. "Lho... Kenapa jadi ngajarin pengalaman masa lalu". *abaikan yang satu ini.

Jangan tidur dalam keadaan api lilin menyala, untuk menghindari resiko kebakaran. 

Paling gak enak memang mati lampu saat malam hari. Ditambah mati lampunya awet, seperti ditambah formalin.

Gambar : aries-abused.blogspot.com

Tambahan (pengalaman pribadi) :

"Saya pernah punya pengalaman sewaktu masih SD dulu. Suatu ketika listrik di rumah padam. Kebetulan saat itu memang sedang ada perbaikan oleh beberapa orang dari PLN di dekat rumah. Gak berapa lama, listrik pun menyala. Secara reflek saya dan orang2 rumah merasa senang dong. Langsung saja kami menyalakan kembali TV yang tadi sempat mati. 

Ada kejanggalan. Seluruh lampu menyala dalam keadaan lebih terang dari biasanya. Benar saja. Kekhawatiran kami langsung terbukti. Daya tegangan listrik melebihi batas normal. TV yang baru saja kami nyalakan langsung terbakar.

Kemudian langsung saja kami menuju petugas PLN yang (untungnya) masih berada di lokasi perbaikan dan segera melaporkan kejadian ini. Akhirnya mereka mengaku bersalah, karena tegangan listrik terlalu tinggi.

Mereka pun langsung mengganti biaya kerusakan TV kami dan segera memperbaiki kembali tegangan listrik itu. Akhirnya back to normal".

Jadi saat listrik padam, cabut kabel listrik (TV, DVD, komputer dan lainnya) dari stop kontak dan setelah listrik menyala kembali, tunggu beberapa saat listrik menyala dan pastikan dalam kondisi normal, baru kemudian Anda menyolokkan kembali perangkat elektrik Anda, semisal : TV, DVD maupun komputer. Guna menghindari hal2 yang tidak diinginkan.

Mencegah itu lebih baik toh..

Mudah2an dengan tips2 diatas dapat mengurangi kejenuhan Anda di rumah saat listrik padam. Ya paling tidak kita mempunyai kegiatan2 kecil yang bisa kita lakukan, jadi gak bengong saat listrik padam seharian....
 
Foto : kaskus.co.id

8 comments

Ya kalo malem gimana ??
Tapi gua suka keliling juga sih ngeliat tetangga2 cewek gua pada ketakutan, bahkan waktu itu ada yang nangis
Gua paling males ketemu orang yang cuma main gadget doang, ga ngobrol, ga bercanda NYEBELIN !!
3,4,5,6 semuanya gua suka
Kalo yg keenam kalo malem gimana bro ??
Tidur ga asik ga ada sensasinya

Gua justru kebalik dari pengalamanmu bro, komplek gua malah tegangan rendah, jadi yang bisa nyala cuma lampu doang, tapi kalo gua sih cuma nyalain TV yang lainnya gua matiin

Reply

haha, keren2 tuh tipsnya. Tapi yg jadi masalahnya sekarang:
Pas mati lampu gue mau jalan2 keluar, eh nggak taunya ujan deres, mau baca buku, tulisannya nggak keliatan, mau mainin hp/laptop, batrenya habis Jadi gue harus apaaaa ?

Reply

Seperti yang saya tulis diatas, kalo malam tetangga blm pada tidur ya mkg bisa saling ngobrol ringan gan, ya tapi kalo udah pada tidur semua, yaaa.. terima nasib, gak bisa ngobrol2..

Wah ada2 aja gan pengalaman bersama si listrik ini..

Makasih udah mampir

Reply

Ya paling mentok enakkan tidur gan, lha wong mau ngapa2in juga gak bisa...
Makasih udah mampir

Reply

dari semuanya aku rasa yang paling yahud untuk dilakukana dalah tidur, karena nggak buth persyaratan lainnya kayak kalo nggak lowbat, kalau matinya pas siang atau pun kalau satu kota nggak mati semua. Ya udah tidur itu udah yang paling bener. Tidur sampe listrinya idup udah...

Reply

Iya paling enak emang tidur sambil nungguin listrik nyala...
Pas bangun2 udah ada makanan.
Makasih udah mampir

Reply

Yang menarik itu pas kebakaran.. hehe. Bahaya juga yah gan.. trus gimana dong supaya gak sampai terjadi sama kita? adakah cara untuk mengetahui tanda2nya?

Reply

Ya itu tadi jangan sembarangan taro lilin, kalo mau tdr, ya matiin aja, supaya gak jatuh ke benda yg mudah terbakar gan...
Tanda2nya, bau kabel gosong, hahaha...

Reply

Post a Comment