Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Materi, Ini Investasi Terbaik Anak Muda yang Akan Mengubah Hidup Lebih Baik

Investasi Non Materi untuk Anak Muda

Mungkin banyak dari kamu yang mengira, jika jenis
investasi terbaik anak muda hanya berupa materi saja. Misalnya investasi saham, properti atau deposito. Pendapat ini memang tidak salah. Namun, perlu kamu ketahui, selain investasi berupa uang, terdapat investasi bagi anak muda yang juga perlu diterapkan di dalam kehidupannya, yakni investasi non materi.

Apapun jenis investasi yang dipilih, baik materi maupun non materi, pada dasarnya akan memberikan manfaat yang baik bagi masa depan seseorang. Apalagi jika dilakukan secara bersamaan, misalnya berinvestasi materi sekaligus non materi, maka kebahagiaan masa depan akan lebih mudah diraih.

Investasi Non Materi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik

Setiap orang tentu ingin merasakan kualitas hidup yang lebih baik di masa depan, tidak terkecuali dengan kamu bukan? Pastinya kamu sendiri memiliki goals untuk menjalani hidup yang lebih baik, lebih sehat, aman dan berkualitas di usia senja. 

Selain berinvestasi secara materi, ada baiknya kamu juga mencoba 5 jenis investasi non materi yang bisa kamu lakukan sejak usia dini :

1. Kesehatan fisik dan mental yang baik

Memiliki tubuh dan mental yang sehat merupakan investasi paling berharga di dalam menjalani kehidupan ini. Semua orang tentu menginginkan fisik yang bugar dan kesehatan mental yang baik bukan? Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama.

Meski di tengah kesibukanmu, sempatkan untuk berolahraga, meski hanya sebentar. Banyak jenis olahraga, yang mahal juga banyak, tetapi bisa berolahraga adalah privilege (keuntungan). Kamu bisa memulai dengan rutin jogging atau bersepeda berkeliling komplek. 

Selain itu, kamu juga bisa bermain bulu tangkis atau senam di sekitar rumah. Yang tidak kalah penting, perhatikan asupan makanan bergizi dan vitamin untuk mendukung tubuh tetap bugar sepanjang hari.

2. Upgrade skill

Skill atau kemampuan juga perlu diasah terus alias upgrade. Hal ini cukup penting dilakukan agar kemampuanmu terus meningkat. Skill yang terasah dengan baik, membuatmu jadi lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Pengembangan diri memang perlu dilakukan secara rutin.

Tekuni satu skill yang kamu sukai. Jika kamu sudah menguasainya, jangan berhenti hanya di satu skill saja ya. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencoba mengembangkan skill di bidang lainnya. Apalagi di era modern seperti sekarang ini, kamu dituntut untuk bisa menguasai skill lebih dari satu.

3. Lingkungan yang positif

Lingkungan positif merupakan salah satu investasi non materi yang juga cukup berharga. Lingkungan yang positif akan memudahkanmu untuk merasakan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. 

Indikasi apakah lingkungan bisa dikatakan positif jika kamu jauh dari orang-orang toxic di sekitarmu, karena orang-orang jenis ini akan memberikan pengaruh yang buruk bagi lingkungan.

Mencari lingkungan yang positif memang tidak mudah di zaman sekarang. Apalagi sebagai makhluk sosial, kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu bukan? 

Jika kamu merasa lingkungan pertemanan atau bahkan keluargamu sendiri belum bisa memberikan pengaruh positif, jangan bersih, tetap jalani hidup apa adanya demi kebahagianmu sendiri.

4. Melakukan hobi

Selain memiliki pekerjaan untuk menunjang kebutuhan hidup, sebaiknya kamu juga memiliki hobi yang jika dijalani dengan sepenuh hati akan memberikan kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika hobi yang kamu lakukan bisa menghasilkan cuan, tentu ini akan menjadi nilai tambah.

Biasanya orang yang memiliki hobi, hidupnya jauh lebih berwarna dan bisa meningkatkan rasa bahagia dalam hidupnya. Sebaliknya, orang yang tidak punya hobi, hidupnya akan terasa datar dan hanya akan menjalani aktivitas yang itu-itu saja. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, hal apa yang paling kamu sukai.

5. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat

Investasi non materi selanjutnya adalah meningkatkan ilmu pengetahuan. Kamu perlu rutin update ilmu pengetahuan agar kamu punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan ide maupun gagasan yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Kamu bisa membaca buku atau memanfaatkan internet untuk terus menambah ilmu pengetahuan baru.

Manfaatkan waktumu dengan baik untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan. Maka dari itu, kamu bisa menambah wawasan seputar bisnis, UMKM maupun ragam pengetahuan lainnya, dengan mengunjungi Arsjadrasjid.com. Website yang satu ini memiliki gaya bahasa yang ringan dan santai, sehingga artikelnya mudah dipahami pembaca.

Agar lebih bermanfaat lagi, kamu bisa membagikan ilmu tersebut kepada teman-teman atau orang lain di sekitarmu. Ingat, ilmu yang bermanfaat akan menyelamatkanmu dari kebodohan. Jadi, jangan lelah untuk terus belajar ya guys!

💚💚💚

Nah, itu dia lima jenis investasi non materi yang bisa coba kamu lakukan di dalam kehidupanmu. Kebahagiaan batiniah memang penting, akan tetapi jangan abaikan kebahagiaan lahiriah juga ya. Biar hidupmu jadi lebih seimbang!

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Selain Materi, Ini Investasi Terbaik Anak Muda yang Akan Mengubah Hidup Lebih Baik"

  1. Nah, bener banget ini sebagai anak muda perlu memperbanyak investasi tidak hanya perihal materi. Paling penting growth sih, pas banget inii artikel daging untuk para generasi muda. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus