Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Membaca Berita yang Perlu Anda Ketahui

Membaca Koran di Era Digital

Sebelum konten berita disajikan secara digital, saya rutin berlangganan koran. Menjelang pukul tujuh pagi, koran telah diantarkan ke rumah oleh sang loper. Sambil menikmati sarapan pagi, saya pun membaca berita aktual satu per satu. Rasanya seperti ada yang kurang jika sarapan pagi tidak sambil membaca koran, terutama membaca berita-berita yang sedang viral.

Namun saat ini, lapak koran sudah sangat jarang ditemui, sehingga sulit untuk membeli koran ataupun majalah favorit. Hal ini disebabkan karena zaman semakin canggih. Untuk membaca berita pun dapat dilakukan lewat ponsel saja. Salah satu portal berita online yang sering saya kunjungi adalah Beranda.

Nanti saya akan sedikit sharing mengenai portal berita online dari Beranda ini. Sebelumnya, yuk kita cari tahu apa saja manfaat membaca berita yang perlu diketahui. Jadi, baca terus artikelnya sampai selesai ya guys!

Manfaat Membaca Berita yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Dari kecil, saya memang hobi membaca, entah itu membaca komik, buku cerita hingga membaca koran. Rasanya, membaca sudah menjadi suatu kewajiban bagi saya pribadi. Nah, hobi yang masih terus lanjut hingga sekarang adalah membaca berita. 

Manfaat Membaca Berita

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca banyak manfaatnya loh, termasuk membaca berita. Hal ini mampu memberikan manfaat positif bagi kita. Jadi, tidak bakalan rugi deh bagi yang hobi membaca berita. Berikut adalah beberapa manfaat membaca berita yang perlu diketahui :

1. Menambah wawasan dan pengetahuan baru

Memasuki era canggih dan modern, kita juga perlu rajin upgrade pengetahuan serta wawasan global. Hal ini penting dilakukan agar kita tidak ketinggalan informasi yang lagi ngetrend. Dengan memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, akan membantu kita menjadi lebih pandai serta memiliki daya saing yang lebih tinggi, baik di kancah nasional maupun internasional.

2. Menambah referensi baru

Selain menambah wawasan, manfaat membaca berita yang selanjutnya adalah dapat menambah referensi. Terkadang para pelajar atau mahasiswa membutuhkan referensi untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Atau bagi para penulis, seperti blogger misalnya juga membutuhkan referensi tambahan sebagai bahan untuk menulis artikel.

3. Mendapatkan informasi terbaru

Kita bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru dengan rajin mengikuti perkembangan dan membaca berita-berita paling update. Saat ini berita tidak hanya disajikan melalui televisi atau membaca koran saja, melainkan bisa juga melalui portal berita online. Cukup hanya lewat ponsel saja, kita sudah bisa dengan mudah membaca berita-berita online paling aktual.

4. Menambah koleksi perbendaharaan kata 

Saat membaca berita, terkadang saya seringkali mendapatkan perbendaharaan kata baru yang sebelumnya saya tidak pernah tau. Kosa kata yang baru ini sangat bermanfaat bagi saya ketika ingin menulis artikel ataupun berbicara dengan orang lain. Semakin sering membaca berita, maka semakin banyak jumlah kosa kata baru yang diketahui dan dikuasai.

5. Tidak mudah termakan hoax

Memasuki era informasi digital, penyebaran berita hoax cukup sulit untuk dikendalikan, sehingga seringkali membawa dampak yang kurang baik bagi kehidupan kita. Berita palsu dikemas sedemikian rupa, sehingga sering dianggap sebagai sebuah kebenaran, apalagi hanya berasal dari satu sumber saja. Dengan membaca berita dari platform berita resmi, kita bisa terhindar dari bahaya penyebaran berita hoax.

Membaca Berita Online Aktual dan Terpercaya Hanya di Beranda  

Untuk memenuhi kebutuhan informasi secara cepat dan akurat, banyak media yang secara perlahan mulai beralih menyajikan berita melalui platform digital. Khususnya bagi orang-orang dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Kebanyakan dari mereka tidak punya banyak waktu lagi untuk membaca koran. Mereka juga ingin serba praktis dan tidak mau ribet dengan membawa koran ke tempat kerja, sehingga membaca berita lewat ponsel menjadi solusi yang tepat saat ini.

Portal Berita Online Beranda

Portal berita online Beranda menyajikan berbagai informasi aktual terpercaya yang selalu update. Berbagai kategori berita bisa kita pilih, mulai dari ekonomi, tips dan trik, olahraga, UMKM dan lain sebagainya.

Gaya bahasa yang disajikan juga mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Tampilan website Beranda juga sederhana, sehingga lebih mudah dijelajahi oleh pengguna. Website dengan dominasi warna putih ini memiliki ukuran font yang mudah dibaca, sehingga cukup membuat nyaman mata pembaca.

Bisa dibilang, platform berita online dari Beranda ini cukup memenuhi kebutuhan akan informasi terkini. Sekarang saya tidak perlu bingung lagi mau membaca berita online di mana, cukup baca di Beranda saja guys!

Konklusi  

Dengan membaca berita online dari berbagai perangkat, kita bisa mendapatkan informasi aktual kapan saja dan di mana saja. Berita akan selalu di-update setiap saat mengikuti perkembangan yang ada. Berbeda dengan media cetak, di mana kita harus menunggu edisi selanjutnya jika ingin mendapatkan berita terbaru.

Demikian artikel tentang manfaat membaca berita yang bisa saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan baru ya. kalau Anda, lebih milih baca berita online atau masih setia membaca koran saja guys? Yuk sharing pengalamannya di komentar ya!

1 komentar untuk "Manfaat Membaca Berita yang Perlu Anda Ketahui"

  1. Benar sekali mas hendra, membaca berita setiap hari saya lakukan. Karena internet, mau baca dimanapun bisa tanpa harus beli koran lagi. Berita terbaru langsung masuk dan siap dibaca. Saya sih senang membaca yang inspiratif, berita kurang menarik saya skip saja biar tidak menguras mental..
    😁

    BalasHapus