Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Buka Puasa Sehat Agar Puasa Lancar

Tips Buka Puasa Sehat

Sampai artikel ini ditulis, puasa hanya tinggal menghitung hari saja. Tidak terasa kurang dari satu minggu lagi kita semua akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441H. Rasanya bakalan sedih banget ditinggalin Ramadhan. Tidak ada lagi momen sahur, berburu takjil, sholat tarawih, ngabuburit atau momen buka puasa bersama keluarga.

Ngomongin soal buka puasa, biasanya banyak sekali godaan untuk menyantap berbagai jenis makanan dan minuman yang sulit banget untuk ditolak. Saat di siang hari, mungkin kita telah menyiapkan berbagai macam menu untuk buka puasa. Padahal saat kita membatalkan puasa hanya meneguk segelas air putih dan beberapa butir buah kurma, perut sudah terasa penuh.

Namanya orang berpuasa, pasti inginnya makan ini dan makan itu. Namun jangan sampai terlalu banyak makan saat berbuka puasa ya guys, karena berisiko mengganggu kesehatan kita loh, terutama lambung dan pencernaan. Nah biar puasa lancar terus, berikut tips buka puasa sehat yang bisa kalian terapkan ketika berbuka :

1. Makanan yang Lembut dan Mudah Dicerna

Perlu kalian ketahui, selama kita menahan makan dan minum selama 12 jam, perut dalam keadaan kosong. Ini berarti sistem pencernaan kita perlu persiapan terlebih dulu. Jika waktunya berbuka, pilihlah makanan yang mudah dicerna dan lembut, seperti buah alpukat, pepaya, melon atau timun suri, karena buah menyimpan cukup banyak cairan, energi, vitamin dan mineral.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tips buka puasa sehat selanjutnya adalah cukupi cairan di dalam tubuh dengan minum air putih atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan. Sebaiknya pilih asupan yang rendah lemak dan kandungan gulanya alami untuk memenuhi kebutuhan energi kita.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi asupan yang mengandung banyak gula tambahan. Sebagai solusinya, kita bisa mengonsumsi beberapa minuman yang baik bagi tubuh setelah berbuka puasa, misalnya air putih, jus buah, susu atau smoothies tanpa gula tambahan.

3. Hindari Makan Berat Terlalu Banyak

Tips buka puasa sehat yang aman untuk lambung yang perlu kalian perhatikan adalah hindari untuk mengonsumsi menu berat yang didominasi oleh karbohidrat dan lemak jenuh. Untuk mengimbanginya, kalian juga perlu mengonsumsi sayuran, buah dan ragam makanan hewani yang tidak mengandung terlalu banyak gula, garam dan lemak.

4. Lakukan Gerakan Ringan

Jangan lupa untuk tetap berolahraga ya guys, biar tubuh kita tetap sehat. Jika kalian merasa lemas berolahraga, maka kalian bisa memilih untuk berolahraga setelah buka. Tidak perlu yang berat-berat, cukup melakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki atau pemanasan saja sudah cukup.

Meski kita berpuasa, jangan lupa untuk tetap berolahraga. Mengenai kapan waktunya, kalian bisa mengaturnya sendiri agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tidak punya waktu? Masa sih tidak punya waktu selama 24 jam dalam sehari, hehehe...

Nah demikian artikel yang bisa Blogmashendra bagikan mengenai tips buka puasa sehat yang baik agar sistem pencernaan dan lambung tetap sehat dan bekerja dengan baik, sehingga puasanya lancar. Tetap jaga puasanya sebaik mungkin. Hindari lapar mata, karena selain bahaya bagi perut, juga bisa mengancam isi dompet kalian hahaha...

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tips Buka Puasa Sehat Agar Puasa Lancar"

Berlangganan via Email