Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Cohort Analysis dan Peran Pentingnya Pada Bisnis Startup

Apa Itu Cohort Analysis
Image : pixabay.com/StartupStockPhotos

Pada kesempatan kali ini, Blogmashendra.com ingin mengulas mengenai apa itu cohort analysis. Sebagian besar dari kalian pasti masih asing dengan istilah tersebut. Namun bagi kalian yang sedang merintis bisnis startup, cohort analysis ini perlu banget lho, karena erat kaitannya dengan masa depan bisnis startup yang sedang kalian jalani. So, jika kalian penasaran, yuk siapkan kopinya dan bacalah artikel ini hingga selesai!

Perlu kalian ketahui, faktor pertumbuhan sebuah perusahaan startup sangat dipengaruhi dari seberapa banyaknya pengguna. Memang bagus sih jika perusahaan startup memiliki banyak sekali pengguna. Namun, ada hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan, yakni perilaku pengguna. 

Pebisnis startup sebaiknya perlu mengetahui berapa banyak pengguna yang benar-benar menjadi pelanggan tetap atau active user. Oleh karena beberapa alasan dan pertimbangan tertentu, bisa saja pengguna tidak lagi menggunakan produk dan layanan dari perusahaan startup.

Dengan membaca perilaku dari pengguna ini, maka pebisnis bisa mengambil langkah yang tepat untuk masa depan bisnisnya, misalnya saja perusahaan startup harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan layanannya dengan penggunanya serta dapat mengatur dan menerapkan strategi yang tepat.

Apa Itu Cohort Analysis?

Kita masuk pada bahasan cohort analysis ya guys. Cohort sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya kelompok atau unit. Jika diartikan, maka cohort analysis merupakan sebuah langkah analisis terhadap perilaku pengguna atau pelanggan yang berfokus pada data-data yang biasanya dikumpulkan dari berbagai platform digital, seperti e-commerce, aplikasi hingga game.

Melalui data-data yang terkumpul ini, pelaku bisnis startup dapat mengetahui sampai sejauh mana tingkat keterlibatan pengguna (user engangement). Pebisnis juga dapat mengetahui bagaimana perilaku user, subscriber atau customer pada perkiraan seluruh siklus hidup pelanggan (customer lifetime value).

Mengapa Cohort Analysis Begitu Penting?

Selain mencari keuntungan, perusahaan startup juga perlu memikirkan langkah yang tepat untuk mempertahankan loyalitas pengguna aplikasi tersebut, sehingga pengguna tidak berpindah ke aplikasi lainnya. 

Pebisnis juga perlu mengetahui beberapa perilaku dari pengguna, di antaranya :

  • Berapa lama biasanya pengguna memakai aplikasi tersebut
  • Fitur apa saja yang disukai pengguna
  • Tren apa yang sedang digemari saat ini
  • Alasan mengapa pengguna meninggalkan aplikasi tersebut
  • Hal apa saja yang tidak disukai pengguna dari aplikasi tersebut

Dengan menerapkan cohort analysis, pebisnis dapat memonitoring dan mengukur sampai sejauh mana strateginya benar-benar efektif, apakah user engagement-nya bagus atau tidak hingga dapat merumuskan strategi customer relationship management (CRM) yang tepat. Selain itu, pebisnis startup juga dapat menyesuaikan produk atau layanan yang cocok bagi pengguna. 

Manfaat Cohort Analysis

Pebisnis startup bisa memanfaatkan cohort analysis untuk menerapkan beberapa strategi yang tepat dalam bisnisnya, sehingga perusahaan startup yang dirintisnya benar-benar memiliki banyak pelanggan, mulai dari pengguna baru hingga pengguna tetap yang telah lama menggunakan produknya. 

Manfaat Cohort Analysis
Image : pixabay.com

Dengan cohort analysis, pebisnis juga dapat mengambil beberapa keputusan penting, di antaranya sebagai berikut :

  • Membantu memutuskan kapan waktu terbaik untuk ikut terlibat (engage) kembali dengan pengguna.
  • Membantu memutuskan waktu yang tepat untuk melakukan pemasaran ulang, termasuk strategi dalam financial service
  • Mengetahui jumlah tingkat akuisisi pengguna baru.
  • Membantu mengetahui bagaimana user benar-benar menyukai aplikasi sebuah perusahaan startup hingga melakukan transaksi berulang-ulang.
  • Dengan cohort analysis, pebisnis juga dapat melihat pelanggan mana yang berhenti memakai produk, sehingga perusahaan startup bisa mengambil sebuah strategi yang paling tepat di kemudian hari.

Nah, gimana guys, apakah kalian sudah paham apa itu cohort analysis? Jadi bisa dibilang, dengan metode ini, kita bisa memantau sampai sejauh mana kepuasan pelanggan atau pengguna terhadap produk yang kita tawarkan. 

Sama halnya jika kalian pernah menginap atau staycation di sebuah hotel, maka biasanya mereka juga memiliki survey kepuasan pelanggan, yang mana tentu saja data-data dari hasil survey tersebut sangat bermanfaat untuk menerapkan langkah strategi bisnis yang tepat selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

4 komentar untuk "Apa Itu Cohort Analysis dan Peran Pentingnya Pada Bisnis Startup"

  1. kalimat mudah yang dicerna mungkin data analysis... jadi nantinya bisa bemanfaat untuk campaign berikutnya

    BalasHapus
  2. Ulasan yang informatif dan sangat bermanfaat. Terima kasih Mas Hendra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Komen yang sangat bermanfaat sekali

      Hapus

Berlangganan via Email