Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Memilih Perusahaan Logistik Pengiriman Kargo Terpercaya

Tips Memilih Perusahaan Logistik Pengiriman Kargo

Hingga memasuki tahun kedua, pandemi corona belum juga usai. Sebagian aktivitas masih dilakukan di rumah saja, mulai dari bekerja, sekolah hingga bisnis. Di satu sisi, pandemi menyebabkan meningkatnya transaksi online di berbagai e-commerce, karena sebagian masyarakat cenderung memilih belanja berbagai kebutuhan secara online. Fenomena ini membuat e-commerce menjaga kualitas pelayanan pelanggan, termasuk memilih perusahaan kargo yang profesional dan terpercaya.

Tingginya transaksi online e-commerce yang terjadi selama pandemi, akan berpengaruh terhadap tingginya kebutuhan pengiriman barang. Lonjakan tersebut tentu saja harus diimbangi dengan profesionalitas dari perusahaan kargo yang bertanggung jawab mengirimkan barang tersebut.

Agar tidak terjadi masalah di kemudian hari dan merugikan pelanggan, maka wajib bagi e-commerce untuk memilih perusahaan logistik yang terpercaya dan tentu saja profesional. Sehingga hal ini akan memberikan impact yang baik terhadap bisnis yang dijalani oleh setiap e-commerce.

Lantas, bagaimana kiat memilih perusahaan logistik pengiriman kargo yang terpercaya? Simak saja ulasan lengkapnya di artikel ini. Tips ini tidak hanya berlaku bagi e-commerce saja, akan tetapi bagi Anda yang memiliki bisnis online, maka sebaiknya memilih perusahaan logistik yang profesional. 

Memilih Perusahaan Logistik Terpercaya

Perusahaan logistik memiliki peranan yang sangat penting dari bisnis online yang Anda jalani. Jangan sampai hanya karena salah memilih perusahaan logistik, bisnis Anda menjadi terhambat. 

Bahkan lebih parahnya lagi ditinggalkan oleh pelanggan, karena berbagai permasalahan yang dialami oleh pelanggan, seperti barang pesanan tidak terkirim, terlambat hingga pesanan tidak sampai ke tangan pelanggan. Berikut tips yang sebaiknya Anda lakukan dalam memilih perusahaan logistik pengiriman kargo yang terpercaya :

Memilih Perusahaan Logistik Terpercaya

1. Status perusahaan jasa logistik jelas

Tips pertama adalah gunakan jasa perusahaan logistik yang jelas asal usulnya dan memiliki kantor yang jelas. Cari tahu juga di mana letak kantor pusatnya dan apakah memiliki cabang yang tersebar. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi website dan jika perlu nomor telepon yang bisa dihubungi. Yang paling penting adalah perusahaan memiliki izin operasional yang jelas.

2. Kredibilitas perusahaan

Selanjutnya Anda bisa memeriksa kredibilitas perusahaan logistik tersebut melalui website-nya. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa mengunjungi halaman profil perusahaan tersebut dan perhatikan sepak terjangnya. Perusahaan besar biasanya memiliki profil yang jelas dan juga daftar pengalaman yang panjang dalam melayani konsumen. Dan terakhir perhatikan testimoni dari para konsumen yang telah memakai jasa perusahaan tersebut.

3. Berapa lama perusahaan beroperasi

Pada umumnya, semakin lama perusahaan beroperasi, maka semakin banyak pengalaman yang telah dimiliki oleh suatu perusahaan. Maka dari itu, pilihlah perusahaan logistik yang telah memiliki pengalaman panjang dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Semakin lama perusahaan telah berdiri, maka semakin matang dalam melayani konsumen.

Perusahaan Logistik Pengiriman Kargo Terpercaya

Dari sekian banyak perusahaan logistik yang profesional dan terpercaya di Indonesia yang bisa Anda pilih adalah Selog Express yang masih berada di bawah PT. Serasi Autoraya. PT. Serasi Autoraya atau lebih dikenal dengan Sera merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk yang hingga saat ini memiliki banyak sekali lini bisnis yang luas.

SERA Logistik

Inovasi yang dihadirkan sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan layanan jasa ataupun produk yang ditawarkan oleh Sera, di antaranya adalah jasa sewa kendaraan melalui unit bisnis TRAC-Astra, jual beli kendaraan bekas melalui unit bisnis mobil88 dan lelang kendaraan melalui IBID-Balai Lelang Serasi.

Layanan Selog Express

Melalui unit bisnisnya dalam hal pengiriman kargo, Sera meluncurkan Selog Express untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pemenuhan kebutuhan jasa logistik end to end dengan beberapa layanan yang berbeda.

1.Contract logistics

Jasa contract logistics akan memudahkan Anda untuk memenuhi kebutuhan logistik, karena Selog telah menyediakan berbagai layanan logistik yang terintegrasi dengan baik, mulai dari perencanaan, implementasi hingga proses monitoring. Bahkan jasa contract logistics juga mengelola ekspor dan impor kendaraan roda empat dan alat berat beserta komponen pendukungnya.

2. Shipping services

Selog juga melakukan pendistribusian barang melalui jalur laut. Dengan mengutamakan kualitas pelayanan, Selog berkontribusi dalam hal pengiriman kargo untuk industri otomotif, industri alat berat dan beragam muatan lainnya.

3. Shipping agency

Selog juga telah bekerja sama dengan Jardine Shipping Services (JSS) sebagai agen pengiriman terbesar di Asia untuk jasa agen pengiriman yang profesional dan terpercaya.

4. Freight forwarding

Jasa ini memungkinkan bagi partner bisnis dalam mengirimkan berbagai jenis moda pengangkutan untuk di dalam negeri dengan jaminan keamanan, tepat waktu dan zero defect.

5. Warehouse and yard management

Bisnis Anda juga akan terjamin dengan baik, karena Selog memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara berkesinambungan terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman dan penahanan barang, barang yang rusak, hingga pesanan yang telah seelsai.

Partner bisnis juga bisa melihat status persediaan barang hingga tingkat persediaan yang sedikit secara real time. Selain itu, Selog juga tersedia fitur layanan berupa inbound dan outbound transportation untuk menjamin barang Anda akan sampai tanpa kurang suatu apapun.

6. Courier services

Layanan Selog berikutnya adalah jasa kurir ekspres yang siap mengirimkan paket menggunakan kendaraan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada dua jenis layanan jasa kurir yang tersedia, yaitu sebagai berikut :

  • Layanan standar : same day service, next day service dan regular service
  • Layanan solusi : suatu jasa kurir dengan pelayanan khusus yang meliputi VPD (Valuable, Perishable dan Dangerous Goods) untuk pengiriman paket atau dokumen dan barang berat dengan ukuran yang besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

Nah demikian artikel mengenai kiat bagaimana memilih perusahaan logistik pengiriman kargo terpercaya yang ada di Indonesia. Semoga apa yang bisa Blogmashendra.com bagikan bisa memberikan manfaat sekaligus rekomendasi bagi yang sedang membutuhkan jasa kurir maupun jasa logistik terpercaya.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kiat Memilih Perusahaan Logistik Pengiriman Kargo Terpercaya"