Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Koneksi Internet yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Koneksi Internet

Di era yang serba digital saat ini, hampir semua orang menggunakan internet untuk membantu memudahkan aktivitas sehari-hari. Bahkan, bisa dibilang kalau internet menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sebagian besar masyarakat. Kehadiran internet memang memudahkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti belanja, berkomunikasi hingga belajar.

Ngomongin soal internet tentu sangat luas, termasuk beberapa koneksinya yang perlu kamu ketahui. Beberapa dari Anda mungkin saja sudah mengetahui yang namanya WiFi. Namun, selain itu, masih ada jenis koneksi internet yang wajib kamu ketahui. Kira-kira apa sajakah itu?

1. Dial-Up

Mungkin sebagian dari kamu ada yang masih asing mendengar istilah ini. Pada dasarnya, dial-up adalah koneksi internet yang mengandalkan jaringan telepon rumah berbentuk kabel. Nah nantinya kamu dapat melepaskan kabel jaringan dari telepon dan menyambungkannya ke komputer.

Secara garis besar, dial-up ini akan bekerja melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) hingga bisa tersambung dengan ISP (Internet Service Provider).

2. LAN

Di era sekarang, hampir semua orang mengenal koneksi internet yang bernama LAN. Secara garis besar, cara kerja LAN adalah menggunakan satu komputer sebagai server yang terhubung dengan internet dan kabel telepon, kemudian komputer lainnya dapat terhubung internet.

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, di mana jaringan internetnya hanya mencakup area kecil saja.

3. WiFi

Ini dia jaringan internet yang mungkin sudah kamu pakai saat ini. WiFi menjadi salah satu jaringan internet yang terkenal dan sering digunakan oleh banyak orang, baik itu di rumah, kantor, apartemen maupun cafe.

Tanpa harus memakai kabel telepon, WiFi dapat menyambungkan banyak perangkat ke dalam internet dengan teknologi wireless. Biasanya, untuk memasang WiFi, kamu harus menggunakan provider internet. Biayanya pun bervariasi, tergantung dengan kebutuhan internet.

Nah demikian 3 jenis koneksi internet yang sebaiknya kamu ketahui sebagai bahan pembelajaran. Dari ketiganya, tampaknya WiFi memang menjadi salah satu yang populer.

Di rumah kamu belum pasang WiFi? Sebaiknya mulai pertimbangkan untuk memasangnya dari sekarang ya. Selain bermanfaat untuk keluarga kamu, WiFi juga cukup penting untuk menunjang aktivitasmu terlebih kalau kamu sedang melakukan WFH alias Work From Home.

Untuk pemasangan WiFi, kamu bisa serahkan ke provider internet yang bernama IndiHome. IndiHome hadir sebagai provider yang menyediakan jaringan internet yang berkualitas dengan sinyal yang kuat.

Kecepatan internet  yang disediakan pun mencapai 300 Mbps loh. Tidak hanya itu saja, bahkan IndiHome juga menyediakan teknologi internet broadband untuk memaksimalkan kecepatan internet yang kamu gunakan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi https://indihome.co.id/. Di sana terdapat beragam paket yang disediakan dan kamu bisa langsung berlangganan internet dengan pilihan kamu.

Semoga bermanfaat.

4 komentar untuk "3 Jenis Koneksi Internet yang Wajib Kamu Ketahui"

  1. Yang paling familiar untuk koneksi internet menurut saya adalah wifi kang, kalau LAN dan Dial-up masih belum banyak yang tahu.

    Nah, maka adanya artikel keren ini bisa menambah wawasan pembaca, bahwa koneksi internet bukan hanya Wifi, hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang, selain paling populer, penggunaannya juga lebih simpel dan praktis.

      Hapus
  2. Saya pake LAN untuk komputer dan Wifi untuk HP. Kelebihan LAN itu langsung konek jarang masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya koneksi internet dari komputer menggunakan LAN

      Hapus

Berlangganan via Email