Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Sariawan? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya!

Cegah Sariawan dengan Rutin Sikat Gigi
Image : tanyapepsodent.com

Meski saya termasuk orang yang sering merasakan sariawan, secara detail, saya masih harus cari tahu sebenarnya apa itu sariawan? Lantas apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya. Tentu saja rasa penasaran ini membuat saya rajin browsing mencari informasi terkait di internet. Sambil ditemani secangkir kopi hangat, perburuan artikel pun saya mulai.

Namun sebelum saya menjelaskan kembali apa itu sariawan, saya ingin sedikit berbagi pengalaman guys. Kalau sudah ngerasain sariawan, baik di lidah maupun di bibir atau di bagian dalam pipi, rasanya sangat tidak nyaman, apalagi saat lagi makan. 

Meski yang saya makan adalah menu favorit, tapi rasanya tetap saja tidak nyaman, dan ujung-ujungnya malah malas makan atau kalau pun mau makan, tapi dengan porsi yang sedikit. Kondisi seperti ini (baca : sariawan) pasti bisa dialami oleh siapa saja, entah itu orang dewasa atau anak-anak sekalipun.

Biasanya kalau sudah terasa mau muncul sariawan, saya langsung rajin minum air hangat yang sudah dicampur dengan madu dan jeruk lemon. Lalu lebih intens lagi menggosok gigi menggunakan pasta gigi merek Popsedent Herbal (warnanya hijau). Alhamdulillah, sariawan secara perlahan mengecil. Namun, kasus pada setiap orang berbeda, dan jangan disamaratakan, hehehe...

Apa Itu Sariawan?

Apa Itu Sariawan dan Cara Pencegahannya
Image : tanyapepsodent.com

Mari kita langsung simak saja apa yang dimaksud dengan sariawan ini. Sariawan merupakan peradangan yang umumnya terjadi pada lapisan mukosa pada mulut. Kita bisa merasakan nyeri pada area gusi, pipi, lidah atau bibir bagian dalam, dan salah satu penyakit pada mulut yang paling sering dialami oleh setiap orang. 

Waktu yang dibutuhkan untuk masa penyembuhan biasanya sekitar 7 hari bahkan hingga berbulan-bulan. Namun jika kita mengalami sariawan lebih dari 2 minggu, segera hubungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Sariawan

Sariawan biasanya berbentuk bulat atau oval dan berwarna putih atau kuning di bagian tengahnya serta tepinya berwarna kemerahan. Ukuran sariawan pun beragam, mulai dari ukuran kecil hingga berukuran besar. Pada umumnya, luka pada sariawan terjadi karena adanya selaput lendir di rongga mulut yang mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa pemicu munculnya sariawan :

1. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berminyak. Atau bisa juga disebabkan karena minum minuman yang masih panas, seperti kopi atau teh. Jadi kalau mau minum, sabar menunggu hangat kuku dulu ya.

2. Beberapa kondisi medis tertentu, mulai dari kekurangan zat besi (vitamin B12), sistem imun yang menurun hingga muncul infeksi.

3. Perubahan hormon. Biasanya wanita yang sedang menstruasi rentan mengalami sariawan. Bisa juga dikarenakan perasaan stres, galau, gelisah atau tertekan.

4. Efek samping obat-obatan. Pada umumnya beberapa kasus sariawan bisa terjadi akibat efek samping dari beberapa obat tertentu.

5. Mengalami cedera atau lapisan dalam mulut mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi akibat bibir tergigit saat sedang mengunyah, memakai kawat gigi, tekstur gigi yang terlalu tajam hingga mengunyah makanan yang terlalu keras.

Cara Mengatasi dan Mencegah Sariawan

Pada umumnya sariawan (sariawan jenis canker sores) akan sembuh dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa nyeri, kita bisa berkumur dengan air garam atau bisa juga berkumur dengan Pepsodent mouthwash Herbal Natural atau mengoleskan madu pada luka di sariawan. 

Pepsodent MouthWash
Pakai Pepsodent mouthwash untuk mencegah sariawan guys

Berikut adalah beberapa langkah yang disarankan untuk membantu mencegah datangnya sariawan :

1. Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut

2. Selain rajin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, kita juga perlu mengonsumsi makanan-makanan berikut :

  • Mengandung asam folat (Vitamin B9), seperti bayam, asparagus, brokoli, lobak, selada, brokoli, jeruk, alpukat, tomat, buah bit, pepaya, pisang, melon jingga, kacang hijau, kacang polong, telur)
  • Mengandung zat besi (Vitamin B12), seperti daging merah tanpa lemak, kerang-kerangan, berbagai jenis ikan, hati, sereal, kacang kedelai, bayam, biji wijen, tahu, kentang)

3. Mengonsumsi air putih yang cukup

4. Cuci tangan dengan sabun secara berkala

5. Mengunyah makanan harus dilakukan secara berhati-hati, agar tidak melukai jaringan lunak di dalam mulut. Jadi sebisa mungkin mengunyah makanan harus pelan-pelan.

6. Rutin menyikat gigi dan berhati-hatilah saat sedang menyikat gigi agar jaringan lunak pada mulut tidak terluka. Kita bisa memilih sikat gigi dengan bulu halus merek Pepsodent yang sudah populer. Saya juga terbiasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi merek Pepsodent, karena sudah turun temurun dari, hingga saya sudah punya anak.

Okay, saya rasa info dan poin-poin penting mengenai apa itu sariawan sudah cukup jelas ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang sering mengalami sakit sariawan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog ini.

21 comments for "Apa Itu Sariawan? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya!"

  1. Nah ini nih kang, salahsatu penyakit yang sering saya alami yaitu sariawan. Udah banyak minum vitamin C tapi tetep aja sariawan masih sering muncul. Mungkin pasta giginya harus ganti dengan yang ada di artikel ini ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti perhatikan juga faktor lainnya Kang, apakah ada yang menjadi salah satu penyebab sariawan? Iya, terserah si Akang mau pilih pasta gigi merek apa, tapi kalau saya sih pakai merek Pepsodent dan pilih bulu sikat gigi yang halus serta hati-hati saat menyikat gigi. Makasih sudah berkunjung Kang

      Delete
  2. sariawan ini kelihatannya penyakit yg sepele, tapiii kalo udah kena, aduhaiii

    tidur ga enak, makan ga enak, beneran nyiksa yak
    semogaaa kita semua sehaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski berukuran kecil, tapi kalau udah kena sariawan, benar-benar kita dibuat nggak nyaman yee... Aaamiiin, semoga kita semua sehat

      Delete
  3. Saya suka sekali makan makanan pedas. Saya jarang sariawan, tapi sekali kena bakal lama banget, enggak ilang-ilang. Sampai nafsu makan turun. Produk Pepsodent kayaknya bagus untuk pencegahan ya. Daripada saya sakit lama-lama, mending penyakitnya dicegah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya perlu dikurangi nih mengkonsumsi makanan pedas, biar terhindar dari sakit perut, hehehe.... Boleh kok dicoba produk dari Pepsodent Kak

      Delete
  4. Kadang sariwan.. efek kalau makan buru buru.. biasanya sih pake madu

    ReplyDelete
  5. Saya udah jarang dan bahkan tidak pernah terkena sariawan karena kuncinya memang jaga kesehatan rongga mulut, kurangi makanan berminyak/gorengan. Konsumsi jeruk juga bagus ya kak hend karena banyak vitamin C-nya buat menutrisi rongga mulut agar tetap sehat dan terbebas dari sariawan.

    Oya konon nih kak, orang yang sering terkena sariawan itu karena sistem imunitas tubuhnya rendah jadi perlu nutrisi tambahan dari luar dengan mengonsumsi makanan bergizi.

    Thanks ya kak Hendra atas edukasinya di atas, sangat2 bermanfaat bagi saya dan keluarga, salam sehat selalu :)

    ReplyDelete

  6. aku benci sekali kalau sudah kena sariawan. huhuhu
    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back. thank you.

    http://www.rosetinz.com

    ReplyDelete
  7. Sariawan itu menyebalkan, dan sering terjadi pada anak sampai remaja akhir. Mungkin karena pola makan mereka masih semau gue, ya.
    Yang jelas sih, berkumur dan jaga kesehatan mulut memang solusi yang bagus dan cepat.

    ReplyDelete
  8. Iya nih kalau saya banyak makan pedas dan nggak diimbangi dengan serat dan mineral yang seimbang, pasti jadi sariawan. Pedihnya sariawan melebihi pedihnya dighosting gebetan, hihihi.

    ReplyDelete
  9. Memang kalau dapat sariawan itu gak enak banget, gak hanya makan yang susah, ngomong pun kadang perih. Mesti jaga kesehatan mulut nih biar tidak kena sariawan.

    ReplyDelete
  10. Sariawan ini seringkali dianggap penyakit sepele. Padahal ini bisa jdi tanda kegawatan juga.

    Btw, merk Pepsodent smpai saat ni msih jdi andalan keluarga.

    ReplyDelete
  11. Duuuh sariawan, gusi saya lagi mengalaminya ini, sepertinya karena cedera saat sikat gigi, rasanya enggak nyaman banget. Ooo ... berkumur dengn Pepsodent mouthwash Herbal Natural bisa mengurangi rasa nyerinya ya, makasih Mas rekomendasinya, bisa dicoba ini

    ReplyDelete
  12. Reminder banget nih ama suamiku, ntar saya share ke beliau hehe,,, sukanya itu minum kopi yang masih mengepul lho asapnya. Gak mau air dispenser doang tp musti direbus airnya, duh kebayang kan mulut dan lidahnya kepanasan dan akhirnya jd sariawan deh. Nice info Mas Hendra, makasih

    ReplyDelete
  13. Kalau lagi capek banget biasanya sariawan juga sering nongol....

    Dulu ada Abotil buat obat sariawan, obatnya cespleng. Tapi sekarang peredarannya sudah dilarang. Jadi auto bingung kalo sariawan mendera

    ReplyDelete
  14. Duuuuh sariawan itu sakit yang paling gak enak
    Makan dan minum terasa perih dan gak nyaman
    Bahkan saat bangun tidur di pagi hari saja rasanya bibir kering, pecah-pecah dan mengganggu sekali sakitnya
    Terimakasih info pencegahaannya mas. Semoga kita sehat selalu dan terhindar dari sariawan

    ReplyDelete
  15. Saya termasuk orang yang sangat sering sariawan. Ini terjadi sejak punya anak. Entah penggunaan KB dengan hormonnya yang memicu terjadinya sariawan ini. Saya belum benar-benar mencari tahu.
    Setiap stres berlebihan pasti sariawan juga.

    ReplyDelete
  16. Saya paling sering sariawan kalau lidah tak sengaja kegigit kak..duh tersiksa banget deh jadinya tapi kalau tau cara mencegahnya pastinya kita akan terhindar dari sariawan ya kak

    ReplyDelete
  17. Sariawan nih keliatannya sepele tapi bikin ngga nafsu makan, bisa ngga nyaman banget gitu deh. Apalagi kalo anak-anak, wah bisa GTM banget (Gerakan Tutup Mulut). Baru tahu kalo Pepsodent mouthwash Herbal Natural bisa meredakan sariwan. Siap nyobaa, makasih mas infonya. eh anak-anak boleh kan?

    ReplyDelete

Berlangganan via Email