Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Tulang dan Otot. Bagaimana Cara Merawatnya?

Pengertian Tulang dan Otot

Mencari tahu
apa itu tulang dan otot merupakan langkah awal yang sebaiknya Anda pahami terlebih dulu. Baru selanjutnya, akan dibahas mengenai cara menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi. Dengan mengetahui dasarnya dulu, diharapkan Anda akan lebih mudah untuk memahaminya, sehingga setiap informasi yang disampaikan di artikel ini bisa dicerna dengan baik.

Perlu Anda ketahui, untuk mendapatkan postur tubuh tegap dan tidak bungkuk, keseimbangan yang baik, stamina yang fit serta kekuatan, maka diperlukan tulang, otot dan sendi yang sehat. Mengapa bisa begitu? Karena dengan tulang, otot dan sendi yang sehat, akan membuat Anda bebas bergerak hingga mencapai usia senja nanti. 

Mengenal Tulang, Otot dan Sendi
Tulang merupakan jaringan tubuh kaku yang terdiri dari sel-sel yang tertanam yang membentuk kerangka pada manusia maupun hewan. Tulang memiliki dua komponen, yakni kalsium gosfat dan kolagen. Tanpa adanya tulang, tentu saja tubuh tidak bisa bergerak bebas.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot
Image : pixabay.com/Pexels

Fungsi tulang :
  • Penyediaan situs pelindung untuk jaringan khusus, seperti sistem pembentuk darah (sumsum tulang)
  • Mengatur tingkat kalsium dan fosfat dalam cairan tubuh
  • Alat gerak pasif
  • Perlindungan organ dan jaringan lunak, seperti pada tengkorak
  • Sebagai tempat pembentukan sel-sel darah
  • Tempat melekatnya otot
Otot
Sementara otot merupakan sekumpulan sel otot yang membentuk jaringan dan berfungsi untuk menggerakan organ tubuh. Itulah sebabnya otot juga disebut alat gerak aktif. 

Memiliki otot yang baik, tidak hanya terlihat dari penampilannya saja, melainkan lebih dari itu. Memiliki otot yang sehat, jauh lebih penting agar Anda bisa bebas bergerak hingga usia tua nanti. Karena seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan massa otot rangka, yang menyebabkan kehilangan kekuatan fisik dan menderita kemampuan bergerak yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Sendi
Sama halnya dengan tulang dan juga otot, sendi memiliki peranan yang sangat penting yang mempengaruhi kemampuan gerak. Sebuah sendi merupakan titik di mana terdapat dua atau lebih tulang yang bertemu dan berfungsi untuk memberikan fleksibilitas dan pergerakan pada tubuh.

Tidak hanya itu saja, pada sendi terdapat tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan yang akan memberikan perlindungan pada bagian ujung tulang. Tulang rawan juga mampu menyerap goncangan dan mengurangi gesekan agar Anda dapat bergerak secara bebas.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Otot dan Sendi
Seiring berkembangnya usia (baca : tua), tulang, otot maupun sendi mengalami penurunan fungsi. Apalagi tulang rawan yang bisa rusak dan sulit untuk diperbaiki, sehingga dapat menyebabkan menipisnya tulang rawan. Hal ini bisa mengurangi pergerakan dan tingkat fleksibilitas sendi serta dapat menyebabkan berkembangnya penyakit osteoarhritis (peradangan kronis pada sendi).

Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Otot dan Sendi
Image : pixabay.com/kinkate

Lantas, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang, otot maupun sendi? Berikut beberapa ulasan lengkapnya :

1. Meningkatkan asupan kolagen
Kolagen adalah sejenis protein yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan, mulai dari tulang, tulang rawan hingga kulit, rambut, mata dan sistem pencernaan. Serta membantu pembekuan darah.

Susu Anlene

Kolagen termasuk ke dalam komponen yang cukup penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu memelihara tulang rawan dan menjaga kesehatan sendi. Maka dari itu, Anda bisa menambahkan Anlene dengan formula MoveMax ke dalam menu sehari-hari, karena Anlene MoveMax diformulasikan khusus dengan kolagen untuk membantu menjaga kesehatan sendi.

2. Rutin berolahraga
Anda juga bisa melakukan kegiatan fisik, seperti jalan kaki, yoga atau bermain bulu tangkis agar dapat meningkatkan kekuatan otot yang berada di sekitar persendian, sekaligus mampu menghilangkan sendi yang kaku. Anda bisa mencoba untuk berolahraga setidaknya 20 - 30 menit setiap hari.

3. Perbanyak mengonsumsi sayuran
Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan tulang. Sayuran yang banyak mengandung vitamin C, dipercaya sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel-sel pembentuk tulang. Tidak hanya itu saja, Vitamin C juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menjaga sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Cukupi asupan Vitamin D
Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan tulang, melindungi tulang serta membantu penyerapan kalsium. Vitamin D pada umumnya bisa ditemui pada makanan sehari-hari, seperti kuning telur, jamur, ikan sarden, ikan salmon, tiram, minyak ikan dan udang.

Tidak hanya dari makanan saja, Vitamin D juga bisa dibentuk oleh tubuh melalui paparan sinar matahari di pagi hari. Untuk mendapatkan hasil yang baik, perhatikan waktu yang tepat, yakni antara pukul 08.00 - 09.00 pagi serta durasi yang tidak terlalu lama.

5. Cukupi kebutuhan kalsium harian
Agar kesehatan tulang terjaga dengan baik, tidak hanya Vitamin D saja yang Anda perhatikan. Namun Anda juga perlu memastikan asupan kalsium harian terpenuhi dengan baik. Perlu diingat, menurunnya kepadatan tulang disebabkan kekurangan asupan kalsium. Jika dibiarkan, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.

Usia seseorang mempengaruhi jumlah kebutuhan kalsium harian. Untuk orang dewasa, biasanya dibutuhkan kalsium sekitar 1.000 mg per hari. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium, seperti keju, bayam, tempe, tahu, ikan salmon, ikan sarden, kubis, keju dan susu.

Demikian informasi yang bisa Blogmashendra bagikan mengenai pengertian apa itu tulang dan otot, serta bagaimana menjaga kesehatan tulang, otot serta sendi agar bisa tetap berfungsi dengan baik hingga masa tua nanti.

Semoga bermanfaat.

38 comments for "Apa Itu Tulang dan Otot. Bagaimana Cara Merawatnya?"

  1. Di usia yang 27 tahun ini, tulang punggung saya udah bermasalah bang, pengen rasanya olahraga gitu.. cuma ga kesampean mulu karna bangun telat T.T

    Kalau udah sore, banyak kendaraan lalu lalang jadi udara dah ga pres lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masalahnya ada di manajemen waktunya Mas. Coba biar lebih disiplin lagi dalam berolahraga, biar masalah pada tulang punggungnya bisa membaik

      Delete
  2. Sekilas jadi teringat lagi pelajaran saat SD, saat pertama kali mengenal rangka manusia hehe. Oh iya ada lagi, menjaga atau membagi asupan kopi juga penting untuk menjaga kesehatan tulang nih, karena bisa menganggu penyerapan kalsium.

    Kesehatan tulang dan jg otot ini bener2 harus dijaga ya, jgn sampai menyesal di kemudian hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul sekali tuh, ngopi juga jangan terlalu banak ya, gak baik buat penerapan kalsium, hehehe

      Delete
  3. dari dalam dan luar. memang harus ditopang terus dengan rajin berolahraga. konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, olahraga sangat membantu menjaga kesehatan tulang, dan tentunya dari dalam juga

      Delete
  4. Kesehatan tulang dan otot itu ibaratnya investasi untuk masa depan kita ya, Mas. Supaya bisa tetap sehat dan kuat bergerak di usia tua nanti, dari sekarang harus bisa menjaga tulang dan otot dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, investasi yang sangat mahal adalah kesehatan anggota tubuh kita sendiri... Jadi harus dirawat dan dijaga kesehatannya dengan baik sejak usia remaja

      Delete
  5. habis baca tulisan ini jadi mikir nih Kang saya butuh banyak olahraga karena belakangan agak malas, biasanya juga main bulu tangkis sama-anak-anak tapi sejak pandemi rasanya waswas bahkan untuk beraktivitas di sekitar tetangga. Padahal menjelang 40 tahun gini kesehatan otot dan tulang harus menjadi perhatian toh. Makasih ya Kang dah diingatkan, terutama buat nambah vitamin.

    ReplyDelete
  6. Saya menggaris bawahi bagian ini, Mas : Otot baiknya tidak hanya bagus dilihat, tapi juga sehat.
    Makanya ya, melatih pembentukan otot jangan berlebihan juga, karena pasti ada pengaruhnya pada kesehatan.
    Tapi tetap,sesuai pertambahan usia, harus terus menjaga tulang, sendi, dan otot. Makanya perlu tambahan susu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak, otot gede doang tapi nggak sehat, ya percuma dong. Jadi lebih baik otot gede plus sehat..

      Delete
  7. Vitamin D memang diperlukan buat tulang serta asupan gizi lainnya agar tidak mudah rapuh. Plus juga dilengkapi dengan minum air putih yang cukup, dan banyak gerak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti perasaan yang rapuh bisa diatasi dengan menambah Vitamin D dong ya, wkwkwk....

      Delete
  8. Dari dulu suka salah sama dua bahian tubuh ini. Merasa otot, eh ternyata tulang. Begitu pun sebaliknya. Tapi untuk menjaga kesehatan keduanya aku rajin minum susu kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga setelah membaca artikel ini, jadi nggak keliru lagi yaaaa

      Delete
  9. ahhh bener, tulang dan otot elemen penting pembentuk tubuh. Perlu dijaga terus massa nya supaya selalu sehat dan kuat menopang tubuh. Perlu asupan susu tambahan ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bETUL BANGET, asupan susu untuk membantu menambahkan vitamin dan kalsium ke dalam tubuh, khususnya tulang

      Delete
  10. Menjaga kesehatan tulang, ototdan sendi emang penting banget mas khususnya untuk yang sudah berumur matang. Soalnya jaman sekarang banyak yang menderita linu dll. Makanya harus dijaga mulai dlsekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teramat sangat sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan juga sendi

      Delete
  11. Berinvestasi pada kesehatan ya perlu banget memperhatikan tentang keadaan tubuh, mulai dari kesehatan tulang, otot, juga sendi. Wah baru sadar kalau kolagen juga baik untuk tulang, selama ini ya taunya untuk kulit. Boleh nih kepo kepo soal Anlene MoveMax.

    ReplyDelete
  12. Semakin tua, apalagi setelah melahirkan anak-anak, kondisi tulang kayanya semakin rapuh. Memang kudu ada asupan kalsium yang memadai ya biar tulang tetap kuat. Salah satunya dengan susu ya. Pantes sih kalau sekarang tulang semakin merapuh, la udah jarang minum susu, soalnya berasa eneg gitu. Mungkin harus nyoba minum Anlene, kek ibu dan eyang putriku dulu rajin minum Anlene.

    ReplyDelete
  13. Ngomongin persendia, jadi ingat dulu pernah di tahun 2010 mengalami sakit saraf, ehh ini bukan sarap, sakit gilo yak. Beda. wkwkw

    Jadi ada bagian sendi yang berkaitan dengan tubuh bagian punggung kanan itu sangat nyeri sampai aku nggak bisa tidur rebahan. Hanya bisa setengah duduk gitu. Bahkan di bawa ke dokterpun nangis karena gak bisa dibuat rebahan untuk diperiksa.

    Pengobatannya emang butuh ekstra dan menyadari bahwa menjaga tulang, sendi dan sejenisnya itu penting sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, syaraf kali ya lebih tepatnya.Semoga sehat selalu ya

      Delete
  14. duh makasih udah diingatkan yaa, aku 2 kali periksa kesehatan dan hasilnya tulangku katanya keropos...katanya bisa dibantu dengan minum susu kaya kalsium plus olahraga tapi sampai sekarang dua-duanya belum kulakukan ampun deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ke depannya semakin aware ya Mba, semoga sehat selalu

      Delete
  15. Sering terlupakan ya kesehatan tulang dan otot ini. Padahal besar sekali pengaruhnya buat kesehatan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, kebanyakan dari kita cuek dengan kesehatan tulang

      Delete
  16. Sebagai gaya hidup yg berat tubuh harus workout agar tidak diam di rumah terus bisa dengan lari atau olahraga ringan dan berjemur di jam 08.00-09.00 karena asupan vitamin D paling banyak di jam segitu

    ReplyDelete
  17. ah iya, namanya bagian tubuh ya harus dijaga ya mas...
    emang g akan rugi klo pola hidup sehat itu ya
    Oke, harus lebih rajin olah raga sekarang

    ReplyDelete
  18. Aduh gak kebayang kalau harus sakit tulang dan otot. Makanya dari muda gini harus bisa rawat kesehatan tulang ya.. Makan makanan sehat, cukupi kalsium dan zat besi, dan olahraga teratur.

    ReplyDelete
  19. Hamil dan menyusui 3x tanpa asupan kalsium yang memadai (karena semua anakku alergi susu), akhirnya cadangan kalsium ku habis tersedot.
    Jadi kondisi tulangku seperti orang usia 40-50 tahun, hiks. Padahal aku masih 32 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa diperbaiki loh Mba, ayo tetap semangat...

      Delete

Berlangganan via Email