Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Ketika Musim Liburan

4 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Ketika Musim Liburan - Blog Mas Hendra

Bagi kebanyakan blogger, tingginya jumlah pengunjung (visitor) merupakan kabar yang sangat menggembirakan, karena akan berpengaruh terhadap performance blog yang dikelolanya. Maka tidak heran, jika tidak sedikit blogger yang berusaha semaksimal mungkin agar jumlah pengunjung terus meningkat. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menyajikan artikel-artikel yang berkualitas. Tidak hanya soal kualitas saja, blog juga sebaiknya selalu update dengan artikel-artikel yang fresh.


Tapi meski demikian, walau blog selalu update, ada masanya di mana jumlah pengunjung blog justru menurun, bahkan hingga 50 persen. Kondisi ini akan diperparah jika blogger jarang update blog menjelang liburan. Kondisi ini sering terjadi terutama ketika memasuki musim liburan.

Lantas, kira-kira apa saja penyebab pengunjung blog menurun ketika musim liburan tiba? Berikut ulasannya :

4 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Ketika Musim Liburan - Blog Mas Hendra

1. Ingin Fokus Liburan
Bagi orang yang ingin fokus pergi berlibur, sebelum mereka memutuskan untuk liburan, biasanya mereka akan mencari referensi artikel seputar liburan melalui internet, mulai dari tempat liburan yang menarik, harga paket liburan hingga tips sebelum pergi liburan.

Selama masa liburan, mereka lebih fokus pada rencana perjalanan yang sudah disusun sebelumnya. Langkah ini dilakukan agar liburan mereka menjadi lebih berkualitas, efisien dan pastinya lebih nyaman.

2. Tidak Punya Banyak Waktu
Bagi mereka yang punya waktu liburan yang singkat, tentu akan memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada. Saking terbatasnya waktu yang dimiliki, mereka tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas.

3. Lebih Senang Eksis di Sosial Media Dibanding Blog
Sebagian besar orang yang pergi berlibur lebih senang berinteraksi dengan sosial media dibanding dengan blog. Mereka memanfaatkan sosial media untuk membagikan foto atau video tempat wisata yang mereka kunjungi. Sosial media masih menjadi media favorit untuk berbagi postingan seputar aktivitas liburan

4. Libur Sementara Dari Dunia Maya
Ada sebagian dari mereka yang lebih memilih untuk non-aktif sementara dari dunia maya ketika pergi berlibur. Alasannya karena tidak ingin mengganggu acara liburan mereka, terutama bagi mereka yang menginginkan totalitas dalam berlibur. Apalagi jika mereka bepergian dengan klien atau atasan. Tipikal orang seperti ini cenderung lebih memilih berinteraksi dengan orang dan lingkungan di sekitarnya, dibanding berinteraksi dengan dunia maya.

Mereka lebih memilih berkumpul dengan orang-orang terdekat dibanding mengeksplore dunia maya.

💙💙💙💙💙

Alasan-alasan di atas menjadi penyebab turunnya pengunjung blog ketika musim liburan tiba. Maka dari itu, ini masih menjadi PR bagi para blogger untuk menyiasati agar pengunjung blog tidak turun secara drastis ketika musim liburan tiba, setidaknya jumlah pengunjung bisa tetap stabil.


Anda bisa menyiasatinya dengan tetap update blog dengan artikel terbaru atau Anda bisa mencoba menulis artikel seputar tempat wisata yang lagi booming dan membagikannya di sosial media milik Anda, mulai dari Facebook, Instagram hingga Twitter, jangan lupa sertakan hastag yang berhubungan dengan aktivitas liburan dan cantumkan mention. Anda juga bisa membagikan artikel tersebut di berbagai komunitas traveling, group blogger maupun group WA.

Semoga bermanfaat.

27 komentar untuk "4 Penyebab Pengunjung Blog Menurun Ketika Musim Liburan"

  1. Sama Mas. Ini traffic blog aku turun drastis. Waktu awal ngeblog kaget juga pas lebaran tahun kemarin trafficnya trun drastis termasuk DA blog jg jdi ikutan turun. Tapi tahun ini nggak kaget lagi karena udah tahu penyebabnya apa

    BalasHapus
  2. @Bunda Erysha : Rata-rata memang begitu Mba, imbas dari masyarakat yang lebih sibuk mempersiapkan kebutuhan untuk lebaran, ditambah aktivitas mudik, jadi jarang yang online untuk buka blog, hahaha

    BalasHapus
  3. Saya kira blog saya aja yang traffic-nya anjlok... hehe ternyata banyak juga yang senasib. Mudah-mudahan besok-besok naik lagi traffic-nya.

    BalasHapus
  4. Sekarang pun terasa nih trafik menurun sejak puasa

    BalasHapus
  5. liburan lebaran, pengunjung pada mudik mas

    BalasHapus
  6. @Bang Doel : Kebanyakan blog pada down trafiknya Kang, termasuk blog saya, makanya saya usahakan tetap update artikel, biar trafiknya gak terlalu anjlog

    BalasHapus
  7. @Bang Day : Iya nih, mulai puasa trafik naik turun, sebaiknya tetap update artikel dan sharing di sosmed Bang, biar gak terlalu down trafiknya

    BalasHapus
  8. @Fajar Herlambang : Nah itu dia, jadi PR buat para blogger, gimana caranya pertahanin jumlah pengunjung biar gak terlalu down trafiknya, hehehe

    BalasHapus
  9. Trafik turun 30% semenjak lebaran min 10.

    Ini terjadi karna sebagian pengguna internet sibuk beralih mempersiapkan segala keperluan lebaran kali ya....

    Tapi...ini sementara kok...2 minggu + ...saya memperkirakan akan kembali normal lagi

    BalasHapus
  10. @Uda Awak : Betul Pak, masih ada alasan-alasan lainnya lagi. Kalo dilihat dari segi konten, memang ada beberapa blog dengan niche tertentu yang akan kena imbasnya, salah satunya blog tentang pendidikan ini. Dan yang berimbas cukup baik adalah blog pariwisata atau traveling

    BalasHapus
  11. @Asnaji : Betul, banyak orang disibukkan dengan kebutuhan menjelang liburan Lebaran, jadi jarang yang buka-buka website, palingan cuma sosmed doang yang laris manis. Semoga aja sih Mas Asnaji, trafik akan kembali normal, dan kalo perlu meningkat dari sebelumnya, hehehe

    BalasHapus
  12. Yang penting selalu update konten organik ya.. hehehe syemangaaddd

    BalasHapus
  13. betul sekali mas, lebih jauh bukan hanya si blogger yang liburan mas, si calon pengunjung juga libur dari dunia maya, eh tapi blog2 berniche travelling naik trafiknya.

    karena blog saya tema finansial saya merasakan oenurunan trafik yang cukup signifikan

    BalasHapus
  14. blogger aja libur kang apalagi pembaca blognya semua pada rekreasi dan mudik

    BalasHapus
  15. Iya... kalau libur lebaran atau akhir tahun, traffic blog menurun drastis. Tapi kalau cuma libur yang satu hari begitu, malahan naik. Mungkin bepergian ke luar kota dan jalan-jalan mengurangi kesempatan dan minat untuk mengunjungi blog. Kalau cuma leha-leha di rumah, mestinya tetap browsing-browsing.

    BalasHapus
  16. @Diane : Terima kasih Mba Diane

    BalasHapus
  17. @BlogSabda.com : Memang ada beberapa blog yang trafiknya justru naik, salah satunya adalah blog traveling. Kalo gitu ANda gak sendirian, hehehe

    BalasHapus
  18. @Dyah : Biasanya pada sibuk jalan-jalan dan silaturahmi, jadi gak sempat buka-buka blog, hahahaha

    BalasHapus
  19. Pastilah mas...saya saja juga libur ngeblog selama lebaran kemarin.. apalagi pembacanya..

    😁

    BalasHapus
  20. Liburan mah wayahe dolan..
    Lupa sejenak BW.. itu saia.. haha

    BalasHapus
  21. @Anton Ardyanto : Betul banget inih, hahahaha

    BalasHapus
  22. @Anggara Wikan : Nah saya juga nih hihihi

    BalasHapus
  23. Setuju, pa Hendra. Fokus sama momen lebaran, alasan utama traffic blog menurun, menurut saya mah .

    BalasHapus
  24. @Ruswati : Iyalah, jarang yang buka blog, pada sibuk jalan-jalan dan Lebaran

    BalasHapus
  25. @Abd Kadir : Ya kali aja ada yang justru malah asyik browsing saat lagi Lebaran 😂😂

    BalasHapus
  26. Salam kenal, Mas Hendra. Sejak Ramadhan da. Setelah lebaran saya justru tak sempat urus blog. Kalau blogwalking wajib di grup masih da butuh PV untuk pos lama sedang teman-teman yang berkunjung kebanyakan main ke pos baru yang mudah terlihat. Sepertinya kala libur Ramadhan dan lebaran saya justru lebih sibuk dan lelah di dunia nyata.
    Baru tahu soal penurunan trafik blog. Saya tidak sempat cek dasbor blog dan belum bikin akun di Google Analityc. Sekarang pengen semangat ngeblog lagi da siklus harian normal lagi.

    BalasHapus
  27. @Rohyati : Salam kenal juga Mba... Hal ini memang biasa terjadi saat musim liburan tiba Mba, maka dari itu blogger perlu tetap update otomatis saat musim liburan, biar blog tetap jalan, meski kita sibuk di dunia nyata.

    BalasHapus