Inspirasi Ngeblog Hilang Seketika?? Ini Solusinya

Bagi seorang penulis blog, kadang kita menemui jalan buntu dalam mendapatkan inspirasi untuk menelurkan sebuah artikel. Seolah semua catatan kecil didalam kepala kita hilang begitu saja. Dan sebuah inspirasi yang kerap kali dicari pun seolah tak mau datang. Akibatnya? Jadi malas menulis artikel dan membuat blog jadi terbengkalai.

Sejatinya berbagai inspirasi dapat kita temui di sekeliling kita. Tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi sebuah artikel yang menarik untuk disajikan ke para pembaca.



1. Pengalaman Seorang Teman

Sebuah pengalaman yang menarik dari seorang teman, mungkin dapat memotivasi Anda dalam menulis sebuah artikel. Tentunya pengalaman yang unik dan menarik dikemas kedalam blog dengan gaya bahasa Anda. Seperti pengalaman wisata, kuliner, galau, ataupun pengalaman spiritual. Dan jangan lupa sebaiknya foto bareng narasumber di blog, biar lebih meyakinkan pembaca.

2. Pengalaman Orang Tua dan Saudara

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke blog Agus Mulyadi, tentu disana dapat Anda temui tulisan-tulisan beliau yang sebagian besar berasal dari pengalaman sehari-hari yang bersumber dari orang-orang terdekatnya, seperti orang tuanya maupun saudaranya. Dan disajikan dengan bahasa yang khas serta dibumbui sense of humor yang tinggi. Sehingga menarik untuk dibaca. See, pengalaman secuil apapun bisa dijadikan artikel kok.

3. Berita yang Sedang Booming.

Banyak sekali berita yang sedang booming yang menjadi trending topic, baik itu di sosmed maupun media elektronik serta media cetak. Sehingga tak heran, berita semacam ini memancing banyak penulis kreatif untuk menuangkannya kedalam sebuah artikel. Walaupun beberapa waktu kedepannya, berita ini akan menjadi basi dengan sendirinya, tapi setidaknya Anda pernah ikut meramaikan suasana melalui tulisan yang Anda buat di blog.

4. Blog Walking

Langkah yang satu ini menjadi salah satu inspirasi yang paling banyak dilakukan para blogger loh. Dengan saling berkunjung ke blog yang lain, Anda akan banyak menemukan pengalaman baru melalui artikel-artikelnya, cara penulisan artikel, gaya bahasa yang disampaikan serta isi pesan dari artikel itu sendiri. Selain itu, Anda juga dapat meninggalkan jejak komentar dan menambah teman baru sesama blogger. Yang penting jangan CoPas artikelnya yaa...

5. Foto

Kata kebanyakan orang, sebuah foto dapat menceritakan pengalaman yang panjang. Apapun bentuk fotonya, seperti foto keluarga, teman, wisata atau benda kesayangan bisa dijadikan sebuah inspirasi untuk menulis artikel di blog Anda. Gak usah yang rumit-rumit, cukup sampaikan dengan gaya bahasa Anda sesuai dengan pengalaman bersama foto itu sendiri.

6. Lingkungan Sekitar

Inspirasi ada di sekeliling kita. Bisa jadi saat Anda sedang jalan-jalan, makan di tempat favorit maupun kejadian yang terjadi di sekitar kita. Seperti kebakaran, kecelakaan, banjir maupun hal lainnya yang sebenarnya dari lubuk hati yang paling dalam kita gak menginginkan hal itu terjadi. Tapi kalo emang sudah terjadi, apa boleh buat, segera cari pena, kertas dan hape.

7. Film

Sebuah film yang baru saja kita tonton, terkadang selalu saja seru untuk diceritakan kembali bersama teman disaat waktu senggang. Alur cerita yang masih hangat di kepala kita, kenapa tidak dicoba untuk mengulasnya kembali melalui tulisan di blog Anda. Daripada hilang sia-sia begitu saja. Bukan tidak mungkin, blog Anda bisa dijadukan sebagai referensi dalam mencari sinopsis sebuah film bagi pembaca yang membutuhkan. Dan secara tidak langsung, hal ini justru bisa menjadikan blog Anda sebagai daftar koleksi film favorit buat Anda sendiri.

8. Benda-Benda Kesayangan

Apa benda kesayangan Anda? Bagaimana Anda mendapatkan benda kesayangan tersebut? Darimana Anda mendapatkan benda kesayangan tersebut? Kesemuanya dapat Anda tulis ke dalam blog. Dengan menggunakan bahasa dan gaya penulisan yang menarik minat pembaca, bukan tak mungkin artikel tentang benda kesayangan Anda akan banyak diminati pembaca. Jangan lupa sertakan sebuah foto sebagai narasumbernya.

9. Mimpi
Bukan tidak mungkin, sebuah mimpi bisa menjadi inspirasi bagi beberapa blogger dalam menulis sebuah artikel. Berdasarkan beberapa blog yang pernah saya kunjungi, tak sedikit pula yang menjadikan mimpinya untuk ditulis ulang kedalam sebuah artikel yang menarik untuk dibaca.

Sumber gambar : diantyribbons.com

Lihat kan?! Apapun bisa dijadikan inspirasi untuk menulis sebuah artikel. Tinggal bagaimana kita dalam mengolah inspirasi tersebut menjadi sebuah artikel yang menarik untuk dibaca. Jadi mulai sekarang, yuk cari inspirasi-inspirasi di sekitar kita. Biar tetap semangat ngeblog.

4 comments

bukan hilang ide tapi males nulis

gmana tuh

Reply

Solusinya no 4, blog walkinglah ke blog2 favorit agan, siapa tau dapat ide & jadi semangat nulis lagi.

Trims udh mampir

Reply

he'em...saya rasa racunnya blogger itu malas nulis..hehehe soalnya nulis itu butuh pemikiran yang ekstra..hehe..mengenai blogwalking saya pernah baca artikel yg intinya "Membacalah sebelum menulis"..hehe

Reply

Malas itu racun dari segala racun.... Bukan cuma buat blogger doang

Reply

Post a Comment