Ruginya Jarang Update Blog

Aktivitas ngeblog nggak selalu berjalan mulus. Bahkan ketika semangat menulis lagi tinggi-tingginya, tiba-tiba saja malah menghilang sama sekali. Banyak sih alasannya, mulai karena sibuk sekolah, kuliah, kerja, lagi sakit, lagi nyelesain misi di COC, mood menulis lagi hilang atau karena alasan yang sangat mainstream, MALAS. Kayaknya alasan yang paling terakhir inilah yang harus dibasmi dari dunia perblogan.



Alasan karena sibuk sama kegiatan lainnya sih masih bisa diterima sama akal sehat, itu pun kalau Anda masih punya akal. Tapi kalau sudah timbul rasa malas, saya rasa harus segera diatasin deh. Kenapa? Pasalnya, rasa malas sewaktu ngeblog, kalau nggak langsung diatasi, akan terus berkelanjutan dan sedikit banyak akan berpengaruh sama nasib blog kita.

Seperangkat Alat Ngeblog

Makanya, ketika blog kita terbengkalai, seperti nasib mantan yang terbengkalai nggak jelas, sebenarnya ada banyak kerugian yang (mungkin) akan berpengaruh pada masa depan blog kita. Nggak perduli mau blog personal yang absurd kayak blog saya, blog yang isinya download apalagi blog bisnis yang berorientasi sama UANG, semuanya ada dampak kerugiannya. Mau tau apa saja? Yuk langsung ke tekape guys :



1. Alexa rank terus naik membengkak



Saya ngalamin hal ini sewaktu nggak update blog selama hampir 14 hari. Awalnya Alexa rank berada di angka 300 ribuan, terus naik ke angka 800 ribuan dan sekarang malah di angka 1 jutaan. Cuma gara-gara malas menulis postingan, ya jadinya kayak gitu.



Bagi teman-teman yang memang fokus sama perkembangan angka Alexa rank di blog, sebaiknya selalu rajin dan rutin ngeposting deh. Jangan sekali-kali lama nggak update, nanti ngecilin angka Alexa ranknya akan susah lagi. Seandainya saja Klinik Tongseng bisa ngebantu ngecilin angka Alexa rank di blog, tapi pada kenyataannya memang nggak bisa kan?!.



Kalau memang nggak terlalu fokus sama Alexa rank, mungkin nggak jadi masalah, bisa update blog semaunya, sesuai sama kemampuan.



2. Visitor ikut menurun



Jumlah visitor atau pengunjung juga pasti akan berkurang. Karena para pembaca yang budiman, pasti ngarepin sesuatu yang baru, segar dan fresh dari tulisan kita di blog. Bagaimana mereka mau mampir dan betah di blog kita, kalo tulisannya itu-itu saja. Gara-gara nggak ada tulisan yang paling baru di blog, lama-lama pengunjung jadi malas baca blog kita.



Ibaratnya kalo teman-teman lagi bertamu ke rumah orang lain, terus disuguhin makanan basi, kan nggak etis, maunya pasti yang masih baru dan segar.



3. Page view ikut menurun



Karena jarang update postingan di blog, maka yang mampir ke blog kita, ya otomatis juga akan ikutan berkurang, dan efeknya : page view juga akan ikutan menurun.



4. Susah buat memulai lagi



Kalau sudah kelamaan nggak menulis blog, biasanya akan terasa susah dan berat buat memulainya lagi. Percaya deh. Pasti butuh tekad yang kuat dan bulat untuk menulis artikel lagi.



Tapi kalau kita rutin dan rajin update blog, rasanya menulis akan mengalir dengan sendirinya. Bagaikan air bendungan Katulampa yang mengalir santai dari Bogor ke Jakarta. Hufft..

-----


Malas menulis artikel, memang wajar adanya, yah namanya juga manusia sebagai makhluk sosial, pasti punya berbagai kebutuhan dan permasalahan di dalam kehidupannya. Dan sebaiknya jangan terlalu berlarut dalam permasalahan yang ada. Tapi mungkin perlu sedikit dipecut, kayak kuda, biar tambah rajin ngeblognya.



Solusinya :



1. Perbaiki niat ngeblog



Balikin niat awal ngeblog. Untuk apa kita ngeblog, tapi kalau niatnya separo-separo, mirip banget sepatu spotek. Masih banyak pembaca di luar sana yang masih mau membaca artikel kita di blog, setidaknya mereka nggak sengaja nyasar ke blog kita. Hei WAKE UP GUYS!!



Kuatin niat buat ngeblog lagi, buktiin sama dunia perblogan bahwa Anda bisa!! Jangan kalah sama si Malas.



2. Blogwalking



Cobalah rajin-rajin blogwalking ke blog teman-teman yang hebat, biar dapetin inspirasi baru dan semangat buat menulis lagi.



Baca juga artikel : 6 Manfaat Blogwalking



3. Perbaiki mood menulis



Kalau mood menulis sudah ada, tentu saja semangat buat ngeblog bakalan muncul lagi, yang memungkinkan kita untuk kembali berkarya lewat tulisan.



4. Selesaikan masalah



Setiap dari kita, pasti pernah punya masalah dong, entah itu masalah pribadi, keluarga maupun karir. Dan kalau itu semua ngehambat aktivitas ngeblog, sebaiknya segera selesain masalahnya satu persatu. Setelah beres semua, baru deh ngeblog lagi. Biar mood menulis balik maning SON!. Karena mood menulis juga mempengaruhi aktivitas ngeblog loh.



5. Banyak membaca



Selain itu, banyakin juga membaca buku-buku yang sekiranya bermanfaat dan bisa ngedatengin inspirasi buat menulis lagi. Dari tulisan yang kita baca, silahkan sharing di blog, mungkin saja bisa bermanfaat buat orang lain. Siapa tau setelah selesai membaca, semangat buat ngeblog akan kembali berapi-api.



6. Langsung tulis



Kalau teman-teman tiba-tiba dapetin ide atau inspirasi buat nulis, jangan tunda lagi, langsung segera dituang inspirasinya ke dalam tulisan di blog. Nanti kalau kelamaan ditunda, bisa hilang deh ide atau inspirasi yang sudah nempel di otak.

Sejatinya, ngeblog itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang ketika inspirasi dan semangat menulis lagi tinggi. Bisa juga dibilang susah ketika semangat menulis lagi down, inspirasi menghilang dan paket internet habis.



Nah, gimana teman-teman, masih malas ngeblog? Atau tetap semangat buat ngeblog? Yuk jaga blog kita biar tetap eksis dan jaga semangat ngeblog, biar bisa terus berkarya lewat tulisan-tulisan ORISINIL kita di blog. Tetap semangat dan jangan kecewain pembaca yaa..



Happy blogging and keep spirit guys...

57 comments

Kalau aku pas sibuk kerja udah nggak bisa buka blog lagi, pengennya si nulis terus di post. Cuma ya itu, waktu terkadang harus habis dipakai buat kerja. Aku yakin semua blogger pastinya punya keinginan nulis. Namanya juga udah blogger, kalau nggak nulis mau ngapain lagi kan.

Permasalahan yang datang sekarang nggak cuma sibuk kerja. Ternyata tempat tinggal yang baru sinyalnya nggak sekenceng dulu. Buka blognya temen pengen blogwalking kadang bisa kadang nggak. Bisa ngepost aja udah bersukur banget. Kadang jadi ngerasa nggak enak udah ada yang ninggalin komentar, akunya malah nggak bisa ngasih feedback.

Yah kalau kayak gitu di luar kemampuan kita. Mau gimana lagi. Dan pekerjaan tetap prioritas nomor satu.. Makasih udah mampir..

Bener, sih. Emang kalo udh jarang update. Malah buat kitanya jadi males banget. Misalnya gue sendiri, ya. Kemaren sempet gk ngeblog. EH, malah menurun semua.

Solusinya gue setuju banget. Setidaknya bisa memperbaiki mood buat nulis lagikan..

Ya betul banget, kalau udah malas, susah banget buat memulainya.... Keep spirit

Males emang virus yang cpet tumbuh yah mas, sekali males update blog ke sana'a juga malah tambah males, akhirnya blog terbengkalai

Betul Mas Sekai. Kalau malas udah datang, bisa berabe, nanti malah keterusan malas. Basmi malas!!!

Kadang aku vakum ngeblog kalau musim ujian. Disini mah ujiannya tiap 2 minggu sekali :(

Ujiannya sering amat ya?! Emang sih kalo udah ujian, harus didahulukan lah, mau nggak mau...

bener banget Bos, yang sangat jelas alexa dan pengunjung juga menurun, tapi yang paling kerasa pengunjung dari sesama blogger, kalau dari se sih tetap, tetap sepi maksudnya, hahaha.....

Iya bener sekali pemaparan mas Hendra. Alexa dan kawan-kawan yang jelas menurun. Saya pribadi karena memang lagi bikin projek lain mas. Dan aktif di forum supaya cepat nambah ilmu. Males mah tiap hari juga males mas, apalagi kalau udah nge-game hihihi.

Wah aktif banget Mas Ary ini. Saya mah jarang banget ikutan forum. Keren pula ada proyek tambahan.... Mantap deh..

Gue juga ini, kalo udah males males juga buat memulainya kembali. Solusinya konsisten aja update tulisan di blog :D. Wah template blog kita sama masbroh! ^_^

banyak kendala jika harus update setiap hari, karena kita juga punya kewajiban diluar ngeblog, termasuk mengajar...

mengusir rasa malas kadang2 susah banget, dan itu sering terjadai sama saya :)

Kalo namanya sudah "malas", beh... bisa berkelanjutan e kalo saya.
Kasian blog saya, sering terabaikan :D.

Tips nya ngena banget. Terima kasih mas

Iya tetep semangat intinya... Blognya biar kembaran

Sebenarnya gak perlu update tiap hari juga Mas Abdurrohim. Yang penting kuncinya konsisten ngeblog dan rajin...

Hampir terjadi sama setiap yang merasa blogger.... :)

Yah maklum mba Dita, selain ngeblog juga, pasti kita disibukkin hal-hal lain. Dan rasa malas itu wajar, tapi kalau malasnya berkepanjangan, baru itu gak wajar....

Kalau saya hanya sanggup menulis 10-15 artikel per bulan, dan nilai alexa terkadang turun dan terkadang stay disana tuh, maksudnya tidak membengkak sangat signifikan,;

jadi begini mas, dalam blog, jika ingin banyak terjadi lalu lintas didalamnya, hal yang utama adalah pageview, artinya seseorang yang mau membuka blog kita, jadi jangan pernah pikirkan berapa nilai alexa-rank, (mau gendut,kurus dan kerempeng) karena alexa tidak ada hubungannya dengan Google.

masalahnya adalah indeks Google yang akan mengabaikan sebuah situs yang jarang update artikel, sehingga saat membuat artikel baru, situs akan lama terdeteksi untuk di indeks. selain BW, (blogwalking) caranya adalah strategi Dummy, situs berbeda yang merupakan anak situs utama yang memberikan sumber lalu lintas. buat minimal 2 situs, namun jangan dikelola seperti blog utama.
jadi walau blog utama jarang update artikel karena kesibukan, tetapi situs yang lain akan mentransfer lalu lintas ke blog utama dengan data keterkaitan situs.

hua jadi kesindir
aku lagi ngalamin jarang up date blog

Maaf ya kalau saya nyindir... Hihihi..

Semangat, Bang! Biasanya blogger terlalu banyak waktu luang kek aku sering bikin postingan sederhana aja, cerita sehari-hari.. Wkwkwk :D

Jangan salah beb, meskipun cuma posting tulisan sehari-hari, tapi bisa jadi itu inspirasi buat orang lain yang udah membaca postingan beby. Oke!! Spirit

setuju sama tips yang terakhir langsung tulis, masalah di posting gak mah nanti-nati juga gak masalah yang penting pas ada bahan langsung tulis :D

Kalo gue sih nge-post agak lama, soalnya jadwal udah penuh banget. Dari sekokah ke bimbel, lalu ke bimbel lain lagi. Yaaa dari bimbel ke bimbelbimbel :v

Masih bisa dimaklumi. Yang utama aja dulu ya, sekolah dulu, bimbel baru deh blog...

Wah info yang luar biasa bermanfaat. Makasih atas ilmu blognya mba Devy

iya mas, ayo basmi males pke bay**n :D

Betul mas, apalagi mas udah dapetin sertifikat blogger udah sepantasnya bisa memotivasi dan menginspirasi yang lain. Semoga mas bisa menjaga kesuksesannya.

Kapan nih mau ikutan lomba blog saya?

Aaamiiin.. Makasih atas supportnya Mas Adam. Saya belum tau nih Mas Adam, soalnya fokusnya lagi bercabang. Update blog aja lama punya saya

jadi berkumat ya blognya hehehe..

kalo rasa malas menghampiri,ah sial deh.

Kalau lagi dateng 'males' emang iya tingkat visitor jadi menurun ngga stabil lagi seperti biasanya dan ya kalau lagi males ngeblog yang bisa saya lakukan adalah BW aja itu udah bisa membantu visitor jadi stabil kembali :)

blog terbengkalai? punyakuuu tuh..hihi, baru tahu apa itu bw, ya skrg2 ini. iyaa bener dg blogwalking antara lain dpt inspirasi tulisan dan ternyata asyik juga menyimak komen :)

salam kenal mas, saya follow blognya yaaa, terimkasih :)

Makasih udah mampir. Salam kenal juga... Bagi blogger, BW itu Sangat penting buat ngebangun silaturahmi di dunia maya... Selain itu bisa nambahin teman

Saya juga mengalami penurunan Mas saat ini, penyebabnya bukan malas sih namun pada kesibukan di dunia kerja dan keluarga. Baru punya watu ngeblog tengah malam di saat kondisi badan udah capek dan mengantuk.
Saya sekarang nggak begitu maniak ama alexa, meskipun minggu2 ini alexa saya makin gendut namun DA saya malah naik drastis. saya nggak tahu kenapa kok aneh gitu.

Awalnya, aku malah sampai lupa blogku password-nya apa :-D

Yah maklum aja mas Ihwan orang sibuk, kalau sudah begitu ya gak bisa juga ngeblog dipaksakan, nanti yang ada malahan ngedrop badannya...

Waduh saking lamanya gak update blog yaa

Wah bener juga, aku kemaren mogok nulis semingguan gara gara bingung nulis gimana. Alexa rank itu apa?

Alexa adalah situs yang menilai kualitas sebuah web/blog di seluruh dunia berdasar ranking. Nomor satu ditempatin Google dan nomor dua ditempatin Facebook. Saya secara global masih di angka satu juta nih, belum kurus-kurus....

Ini saya udah sering blogwalking gan
cari referensi dan juga berkenalan.

Sekarang sih saya tidak terlalu perduli dengan alexa karena dipikir-pikir kalau buat pemain adsense, alexa itu tidak berpengaruh besar. Kalau lagi malas mendingan buka youtube ^^ banyak hal bermanfaat disana sama seperti blog. Bisa dibilang "inspirasi".

Yang jelas, para pemain AdSense ngarepin kalo dollarnya udah cair banyak, kalo perlu sampe luber, hahaha....

Saya juga pernah ngerasain gitu mas. Lagi gak mood nulis, akhirnya jarang update blog. Jadi malees.
hehee tapi kalo udah bosen dirumah, pengennya nulis.
Akhirnya niat nulis muncul lagi :)

Memang harus lebih digalakkan lagi Wulan...

widih sampe bawa-bawa makanan basi,

tapi iya juga sih daripada nantinya mereka kabur kan sayang banget. hihihihi

makasih bang atas solusi dan tips yang anda berikan, sungguh menginspirasi saya untuk selalu menulis dan menulis.

Iya sama-sama mba, semoga bermanfaat ya...


EmoticonEmoticon