Etika Berkomentar yang Baik di Blog

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya mengenai komentar di blog. Seperti apa kriteria komentar yang baik? Mengapa seorang blogger perlu memberikan komentar yang baik? Apa manfaat yang didapatkan bila kita berkomentar dengan baik? Tentu saja sederetan pertanyaan itu mau tak mau membuat saya berfikir kembali mengenai etika berkomentar yang baik di blog.


Menu Comments - Blog Mas Hendra
Picture taken from Pixabay
Meskipun saya hanyalah seorang blogger baru kemarin subuh, namun saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana sikap kita ketika akan membalas setiap komentar yang masuk ke blog kita.

Baca juga artikel : 6 Manfaat Blogwalking

Sejatinya seorang blogger perlu memperhatikan beberapa tatacara berkomentar yang baik ketika melakukan blogwalking. Dampaknya tentu akan kembali kepada blogger itu sendiri dan secara tak langsung juga akan sedikit banyak mempengaruhi blog yang kita kelola. Dan reputasi kita juga akan dinilai baik di mata blogger lainnya. Yuk ya yuuuk mari.....

1. Hindari menyisipkan link aktif pada setiap komentar

Hindari meninggalkan komentar dengan menyisipkan link aktif. Banyak blogger yang memberikan pesan singkat di bawah kotak komentar di blog yang dikelolanya guna menghindari dari orang-orang yang terbiasa menyisipkan link aktif pada saat berkomentar. Selain itu, banyak juga blogger yang mengaktifkan fitur moderasi komentar untuk menyaring setiap komentar yang masuk. Tentu saja langkah ini dilakukan guna menghindari masuknya link aktif pada kotak komentar yang biasanya bertujuan sebagai bentuk promosi suatu produk, jasa maupun blog mereka. Kehadirannya  tentu saja sangat mengganggu dan dapat dianggap sebagai SPAM oleh Google. Link aktif juga akan menyebabkan kualitas blog kita menurun di mata Google.

Baca juga artikel : Pengertian Link Aktif dan Manfaatnya

Hargai jerih payah blogger yang sudah menulis artikel dengan bersusah payah. Kotak komentar bukanlah tempat untuk mempromosikan suatu produk. Jadilah seorang yang kreatif dengan menciptakan bagaimana agar produknya dapat dikenal luas di dunia maya, bukan dengan cara "nyampah" di blog orang!!

2. Komentar harus relevan dengan isi artikel

Ketika kita melakukan blogwalking, berilah komentar yang relevan dengan isi artikel. Dengan cara seperti ini, tentu saja kita dianggap telah membaca semua artikel sampai habis dan telah mengerti maksud dan tujuan dari isi artikel yang telah ditulis oleh si empunya blog. Jadi bukan hanya sekedar berkomentar yang sangat singkat tanpa membaca seluruh isi artikel, semisal :

- Nice artikel gan
- Sangat bermanfaat
- Terimakasih sudah sharing
- Nice info
- Pertamax
- Ooh jadi gitu ya
- Makasih
- Nice sharing
- dan lain sebagainya

Kalau komentarnya sangat singkat seperti itu, semua manusia di bumi juga bisa gan. Jadi jangan harap mereka akan mengunjungi kita balik bila berkomentar singkat seperti itu. Kalau memang kita mengharapkan respon yang positif dari blogger lain, maka berkomentarlah yang baik dan relevan dengan isi artikel. Saya yakin, para blogger yang lain pun akan senang untuk berkunjung balik ke blog yang kita kelola.

3. Jangan menunggu dikomentarin

Mulailah untuk lebih kreatif dalam berkomentar ke blog teman-teman yang lain. Jangan menunggu dikomentarin terlebih dulu, barulah kita berkomentar balik. Toh mereka juga akan komentar balik ke blog kita. 


Dengan cara seperti ini, secara tak langsung akan terjalin hubungan yang baik antar sesama blogger, meningkatkan traffic blog, menambah teman dan meningkatkan page view blog kita.
 
4. Jangan lupa memberi pujian


Jangan lupa juga untuk memberikan pujian pada setiap artikel yang kita baca. Dengan cara seperti ini, secara tak langsung, kita telah menghargai setiap artikel yang kita baca saat melakukan blogwalking. Selain itu, kita juga akan disegani antar sesama blogger.

5. Beri solusi yang baik

Tak sedikit blogger yang sering mencurahkan isi hatinya melalui blog ketika dihadapkan pada suatu permasalahan. Diujung tulisan, mereka terkadang meminta pendapat maupun masukkan dari para pembaca untuk sedikit membantu permasalahan yang mereka hadapi. Meskipun bukan masalah pribadi dan secara langsung tak dapat memecahkan inti permasalahannya, tapi setidaknya mereka memiliki beberapa opsi dari setiap solusi yang telah kita berikan.

Berilah solusi atau jalan keluar yang mampu kita berikan, meskipun hanya melalui sebuah komentar di blog. Tentu saja mereka juga akan merasa senang dan menghargai setiap solusi yang kita berikan pada kotak komentar, karena sedikit demi sedikit akan mengurangi beban yang menggelayutinya.

6. Balas setiap komentar yang masuk

Jangan lupa untuk membalas setiap komentar masuk yang kita anggap pantas untuk dibalas. Maksud saya, kalau memang komentar yang masuk itu masih relevan dengan isi artikel dan bukan hanya sekedar basa basi atau berisi SPAM, maka berilah balasan komentar yang baik juga.

Meskipun terkadang kita dihadapkan pada rutinitas yang super padat, tetap jangan lupa untuk membalas setiap komentar masuk dari para blogger yang lain. Secara tak langsung, seolah kita akan dianggap memiliki "hutang komentar" dengan blogger yang lain. Tentu saja kita tak mau dianggap sebagai blogger yang SOMBONG bukan? 

7. Hindari berkomentar yang negatif dan berbau SARA

Berkomentarlah yang baik dan positif serta jangan pernah memancing ikan duyung keributan atau kerusuhan di dunia maya. Jangan pernah menyinggung blogger lain dengan komentar yang berbau sampah SARA. 

8. Berkomentar pada postingan yang lama

Biasanya kita akan berkomentar pada artikel-artikel terbaru dari sebuah blog. Tentu saja hal ini masih bisa dibilang lumrah. Tetapi akan lebih baik lagi bila kita juga berkomentar di artikel-artikel lainnya di blog tersebut. Yah bikin blogger lain senang sedikit nggak apa-apa kan. Jadi cobalah sesekali berkomentar pada postingan yang lama pada sebuah blog.

Mudah-mudahan artikel tentang etika berkomentar yang baik di blog dapat bermanfaat bagi Anda semua. Dan juga kita mulai dapat menghargai karya blogger lain dengan berpedoman pada etika-etika tersebut diatas.

Baca juga artikel lainnya :






You May Like This :


EmoticonEmoticon