Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan Konsep Smart Home pada Masjid. Mungkinkah Bisa Terwujud?

Saya sempat kepikiran, bagaimana jadinya jika sebuah masjid juga sama-sama menerapkan konsep smart home atau rumah pintar. Apalagi perkembangan teknologi di Indonesia juga semakin meningkat. Secara perlahan masyarakat juga sudah mulai melek teknologi.

Keberadaan teknologi dan internet memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari. Ini berarti kesempatan bagi kita untuk mulai belajar dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi itu sendiri.

Mengenal Masjid Digital di Desa Gondang, Wonosobo

Lalu, bagaimana seandainya jika sebuah masjid juga menggunakan teknologi canggih layaknya smart home? Saya pribadi sangat optimis jika inovasi ini bakalan terwujud dengan baik suatu saat nanti. Mengingat saat ini sudah ada beberapa masjid di Indonesia yang menggunakan jaringan internet cepat.

Masjid Digital Al-Anwar Wonosobo
Image : saibumi.id

Salah satunya adalah Masjid Al-Anwar di Desa Gondang, Kecamatan Watumalang, Wonosobo. Masjid yang dibangun pada tahun 2008 ini memiliki koneksi internet gratis. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah, khususnya anak-anak yang memanfaatkan internet provider di halaman masjid.

"Sekarang masjid ini memiliki koneksi internet gratis. Jadi saya rasa ini menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak untuk ke masjid," ucap ketua takmir Masjid Al-Anwar, Ahmad Riyanto, seperti dilansir dari news.detik.com (Kamis, 15/08/2019)

Tujuan penggunaan internet provider ini justru untuk mendekatkan anak-anak dengan masjid. Selain itu juga memudahkan orang tua ketika mencari anaknya yang bermain di sekitar masjid. Lima menit sebelum azan, koneksi internet akan dimatikan. Otomatis anak-anak akan ikut sholat berjamaah. Lalu mereka bisa bermain lagi setelah selesai sholat.

Anak-anak juga bisa ikutan madrasah diniyah selepas sholat maghrib. Uniknya, pengelola masjid memasang fingerprint bagi anak-anak agar lebih rajin lagi mengaji di masjid. Seluruh aktivitas di masjid Al-Anwar juga dikemas dalam format digital.

Mungkinkah Konsep Smart Home pada Masjid Terwujud?

Berkaca dari Masjid Digital Al-Anwar, sudah selayaknya masjid-masjid yang lain pun bisa menerapkan konsep yang sama bukan? Bahkan teknologinya seharusnya sih bisa lebih canggih lagi, mengingat sekarang sudah eranya serba digital dan hampir sebagian besar terintegrasi dengan smartphone.

Langkah selanjutnya adalah menggunakan peralatan berteknologi canggih yang terintegrasi dengan aplikasi pada smartphone serta jaringan internet cepat, sehingga konsep smart home pada masjid bisa benar-benar berjalan dengan baik.

Lantas, kira-kira teknologi canggih apa saja yang bisa diterapkan pada masjid? Berikut beberapa di antaranya :

1. Smart lamp (lampu pintar)

Pengelola masjid bisa mengatur jadwal untuk mengoperasikan smart lamp melalui smartphone. Cara ini juga akan lebih menghemat biaya tagihan listrik, karena takmir masjid bisa lebih mudah dalam mengendalikan langsung smart lamp. Salah satu brand smart lamp yang populer adalah lampu pintar BARDI.

2. Smart AC

Saat ini sudah banyak masjid yang menggunakan AC agar jamaah bisa lebih nyaman ketika beribadah. Untuk penghematan biaya listrik, pengelola masjid bisa memasang smart AC yang mana pengoperasiannya bisa dilakukan lewat smartphone.

3. Colokan pintar

Salah satu perangkat yang menggunakan teknologi IoT (Internet of Things) adalah colokan pintar. Berbeda dengan colokan biasa, colokan pintar ini akan terintegrasi dengan aplikasi. Jadi, pengelola masjid bisa menentukan colokan mana saja yang berfungsi dan mana yang tidak.

4. Smart door lock

Untuk alasan keamanan, beberapa masjid akan mengunci pintu dan jendela pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada malam hari hingga menjelang waktu fajar. Dengan teknologi IoT, pengelola masjid bisa menggunakan smart door lock yang akan terintegrasi dengan aplikasi, sehingga lebih mudah untuk mengunci pintu dan jendela hanya lewat smartphone.

5. Security camera

Yang tidak kalah penting adalah kamera CCTV pada masjid. Saat ini sudah banyak ditemui kamera pengawas berteknologi canggih yang bisa dioperasikan lewat smartphone. Salah satu merek yang populer adalah kamera pengawas dari BARDi yang akan terintegrasi dengan jaringan internet cepat.

Konklusi

Salah satu hal yang paling penting dalam memanfaatkan IoT adalah ketersediaan jaringan internet cepat dan stabil. Agar semua perangkat bisa berfungsi dengan baik, tentu harus menghubungkan dengan koneksi internet yang lancar. Tidak perlu repot-repot, cukup memasang WiFi dari IndiHome saja.

Jaringan internet cepat dari perusahaan Telkom Indonesia saat ini telah banyak digunakan, baik untuk skala rumahan maupun kantor, pun demikian dengan fasilitas umum, seperti masjid salah satunya.

Internet Cepat dari IndiHome

Memasuki era digital saat ini, sudah saatnya masjid juga melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi serta jaringan internet yang telah merata, untuk kemaslahatan bersama. 

Inovasi ini, tentu saja akan memberikan kemudahan bagi pengelola masjid untuk merawat dan menjaga bangunan masjid. Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan kepada para jamaah sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai teknologi.

Semoga saja ke depannya nanti, penerapan konsep smart home pada masjid akan benar-benar bisa terwujud ya.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Penerapan Konsep Smart Home pada Masjid. Mungkinkah Bisa Terwujud?"

  1. Di masjid memang agak ragu ya kalau mau diberi Smarthome, tapi banyak juga manfaat yang bisa didapatkan. Mungkin ada pro dan kontra sedikit antara remaja masjid sama para tetua. Sabi-sabi biar lebih canggih dan bisa mengakses internet. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus