Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Buku Catatan Custom yang Unik

Tips Memilih Buku Catatan Custom

Sewaktu saya masih sekolah dulu, saya masih mengandalkan buku catatan sederhana untuk menulis biodata teman-teman di kelas. Pada waktu itu, buku catatan harian atau biasa disebut juga buku diary begitu populer dan digemari. Meski tampilannya sangat sederhana dan terkesan apa adanya, akan tetapi keberadaannya sangat berharga, terutama bagi yang hobi menulis catatan harian, agenda kampus atau sekolah, bahkan hingga urusan pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu, buku catatan mulai banyak mengalami perubahan. Perubahan itu bisa dilihat dari ukurannya yang lebih beragam, cover design yang lebih bervariasi dan kertas yang berwarna-warni. Tidak hanya itu saja, saat ini juga sudah mulai banyak buku catatan yang bisa diisi ulang kertasnya, sehingga kalau bukunya sudah penuh, kalian cukup refill kertasnya saja.

Bagi sebagian orang, terutama anak-anak ABG cewek, menulis catatan harian di buku diary memang sangat menyenangkan. Meski memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, menulis catatan harian di buku diary, dinilai jauh lebih menyenangkan dibanding mencatatnya di ponsel. Dengan begitu, kalian bisa melihat dan menikmati hasil tulisan tangan kalian. Selain itu juga punya nilai kenangan yang jauh lebih tinggi. Iya kan?

Manfaat Rutin Menulis di Buku Catatan

Saat ini eranya sudah serba digital, sehingga keberadaan buku catatan kebanyakan sudah digantikan oleh aplikasi pada gadget kita. Dengan teknologi yang semakin canggih, gadget yang sekarang kita pakai mampu menggantikan fungsi buku catatan sepenuhnya. Namun demikian, masih banyak orang yang tetap setia menulis di buku catatan.

Manfaat Menulis di Buku Catatan

Menulis catatan secara rutin di buku, ternyata bisa memberikan kita banyak manfaat loh. Mulai dari meningkatkan kemampuan menulis, membuat kita lebih kreatif, bisa lebih menghargai waktu hingga kita juga bisa membaca tulisan-tulisan kita di masa lalu, yang mana melalui tulisan tersebut kita bisa introspeksi sekaligus merefleksikan diri.

Kabar baiknya lagi, bagi kalian yang memang hobi menulis menggunakan buku catatan, ternyata bisa memperkuat sistem imun juga loh. Menurut salah seorang ahli riset kesehatan dari Texas, James Pennebaker, mengatakan bahwa rajin menulis di buku catatan mampu mengendalikan emosi. Ketika emosi stabil, maka syaraf jadi lebih tenang dan rileks, sehingga imun tubuh akan meningkat.

Tips Memilih Buku Catatan Custom

Seiring tren yang berkembang, buku catatan pun semakin banyak mengalami perubahan. Bahkan saat ini dengan mudah kita bisa memilih buku catatan custom yang unik dan menarik. Maksud custom di sini, kita bisa memesan buku catatan sesuai dengan keinginan, mulai dari pemilihan cover buku, ukuran buku hingga penjilidan, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tips Memilih Buku Catatan Custom

Nah, agar aktivitas mencatat jadi lebih menyenangkan dan tidak monoton, kalian bisa mencoba beberapa tips memilih buku catatan custom yang unik, berikut ini.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum kalian memilih buku catatan custom, tentunya kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja bagi seorang pelajar atau mahasiswa, maka bisa memilih buku catatan dengan pola monoton, karena punya fungsi yang cukup vital.

Dengan pola yang monoton, kalian bisa lebih fokus untuk membuat catatan penting, seperti agenda sekolah atau kampus, jadwal pelajaran, jadwal les, hafalan dan lain sebagainya.

Sementara, bagi yang sudah bekerja mungkin saja membutuhkan buku catatan model agenda yang terdapat tanggal, bulan dan tahun, sehingga akan memudahkan kalian untuk mencatat agenda maupun jadwal harian. 

2. Sesuaikan ukuran buku

Buku catatan biasanya hadir dengan berbagai ukuran. Kalau untuk sekolah atau ke kampus, kalian bisa memilih ukuran buku yang standar. Sementara untuk menulis catatan atau memo, bisa memilih buku berukuran kecil. Untuk buku diary, kalian bisa memilih buku yang sedikit lebih kecil dari buku standar agar lebih mudah dibawa ke mana-mana.

Pastikan juga buku catatan yang kalian pilih bisa membuat kalian nyaman untuk menulis. Agar tulisan jadi lebih rapih, kalian bisa memilih buku dengan ukuran baris 6 mm atau 7 mm. Atau kalau tidak mau yang bergaris, kalian bisa memilih buku yang polos tanpa garis.

3. Desain dan warna

Saat ini buku catatan custom memiliki desain sampul yang unik, serta warna yang lebih bervariasi. Ketika memilih buku custom, pastinya kalian bisa memilih buku sesuai dengan kebutuhan dan selera. Kalian bisa memilih desain buku yang elegan dengan sampul kulit atau dengan sampul hard cover dengan corak warna yang kalem maupun unik.

Rekomendasi Buku Catatan Custom Unik

Tidak bisa dipungkiri bahwa buku catatan custom unik kembali digandrungi di era digital. Bahkan menurut kabarnya, buku catatan sampul kulit telah ada sejak ribuan tahun yang lalu loh. Banyak juga dokumen penting sejarah manusia yang sudah berusia ribuan tahun yang dibuat dari kulit yang disamak. 

Memilih Buku Catatan Custom di Hibrkraft

Catatan pertama yang dibuat dari kulit diperkirakan berusia 2.700 tahun sebelum masehi, dan yang bisa ditemui hingga saat ini adalah Perkamen Mesir Dinasti ke-12 di Museum Berlin yang berusia lebih dari 4.000 tahun.

Salah satu pembuat buku catatan unik custom yang saya rekomendasikan adalah Hibrkraft. Hibrkraft lahir dari tangan kreatif yang mampu menghadirkan buku-buku jurnal maupun agenda. Hibrkraft sendiri memiliki arti, "hibr" diambil dari akronim nama Ibrahim Anwar (sang pendiri) dan "kraft" adalah kerajinan tangan.

Hibrkraft merupakan sebuah UMKM yang bergerak, terutama di bidang pembuatan jurnal/agenda kulit dan paket branding/merchandise sejak tahun 2013.

Markas Hibrkraft berada di Bojonggede, Bogor. Dan telah melayani pesanan, baik untuk personal maupun institusi ke seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.  Hibrkraft juga pernah mengirimkan produknya ke berbagai negara, seperti Jerman, Kanada, Australia, Belanda hingga Uni Emirat Arab.

Hibrkraft hadir dengan buku-buku format polos. Hal ini dimaksudkan agar kalian bisa lebih leluasa menuangkan apa yang ada di dalam pikiran, mulai dari catatan, sketsa, format, draft artikel, ide, desain dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun di Hibrkraft, kalian tetap bisa memesan buku dengan isi format sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk weekly planner atau monthly planner, dot grid atau lined atau square grid, atau bisa ditambah watermark seperti pesanan dari banyak perusahaan.

Buku Catatan Custom Kulit Sapi Ala Hibrkraft

Salah satu produk dari Hibrkraft yang saya punya adalah buku catatan custom dengan cover terbuat dari kulit sapi. Ukurannya memang tidak terlalu besar, yakni hanya 15 cm x 10,5 cm saja. Dengan ukuran sebesar ponsel 6 inchi, saya jadi lebih mudah menyimpannya di dalam saku, sehingga sangat praktis untuk di bawa ke mana saja.

Buku Catatan Custom Unik dari Hibrkraft

Buku Catatan Custom Unik dari Hibrkraft

Buku Catatan Custom Unik dari Hibrkraft

Buku Catatan Custom Unik dari Hibrkraft

Buku Catatan Custom Unik dari Hibrkraft

Ketika saya membuka per lembar, ukuran kertasnya cukup tebal dan berwarna kecoklatan. Ya memang ciri khas buku handmade seperti ini. Bahan cover bukunya terbuat dari jenis kulit sapi, sehingga sangat lentur dan tidak mudah rusak/patah. Bahannya juga cukup adem.

Jika bukunya sudah penuh, kita bisa mengganti isi bukunya. Caranya juga mudah banget, cukup keluarkan buku dari dalam tali pengikat yang berada di tengah-tengah bagian buku. Tali berwarna hitam ini memang untuk mengikat bagian isi buku dengan cover, sehingga tidak mudah terlepas.

Rasanya senang banget bisa memiliki buku catatan dari Hibrkraft. Urusan catat mencatat jadi lebih mudah dan praktis. Desain bukunya juga oke punya. Terlihat lebih unik gitu deh.

Material Buku Hibrkraft

Hibrkraft mampu memproduksi buku catatan custom dengan menggunakan berbagai jenis material dan bahan apapun selama bisa digunakan, mulai dari hardcover, soft cover, no cover, cover kulit, cover tenun atau cover kain.

Adapun bahan cover buku karya Hibrkraft terbuat dari bahan kulit sapi, sehingga berkualitas tinggi dan pastinya bisa bertahan lebih lama. Selain itu juga bisa menggunakan kulit sintetis loh.

Jadi buat kalian yang ingin melakukan atau membeli buku catatan maupun buku jurnal custom yang unik dan berkualitas, maka Hibrkraft menjadi pilihan yang tepat.

Alamat workshop Hibrkraft :

Kampung Parakan Jati, RT 002/003, No. 08, Desa Susukan, Kec. Bojonggede, Kab. Bogor 16920

💚💚💚

Nah demikian artikel yang Blogmashendra bisa bagikan mengenai buku catatan custom handmade journal Hibrkraft. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan, terutama bagi kalian yang memang lagi mencari buku catatan custom yang unik atau buku jurnal.

Semoga bermanfaat.

38 komentar untuk "Tips Memilih Buku Catatan Custom yang Unik"

  1. Terima kasih untuk Tips dan sarannya. Sangat bermanfaat untuk catatan dan pengingat. apalagi dengan bertambahnya umur dan bermacam macam hal yang harus diingat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini ya Pak Eko

      Hapus
    2. Siap. Terima kasih infonya. jadi tahu ada hibrkraft

      Hapus
  2. Cocok buatku, soalnya aku masih rutin journaling dan desainin journal sendiri dengan gambar manual. Pengen tau yang hardcovernya gimana jadinya. Terima kasih ya kak infonya

    BalasHapus
  3. Keren, buku catatan yang sampulnya berbahan dasar kulit berkualitas pasti terlihat spesial ya. Jadi pengen punya. Saya suka corat coret buku catatan ketimbang note di ponsel soalnya.

    BalasHapus
  4. Wah udah lama banget gak nulis di buku catatan gini
    Sekalinya nulis, di buku-buku hadiah goodie bag hahaha
    Kalau bukunya secakep ini kayaknya bakal rajin nulis juga deh
    Pasti nambah semangat jadinya karena bukunya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bukunya sebagus HibrKraft, dijamin bakalan betah nulisnya deh

      Hapus
  5. Keren kang postingan terbarunya.

    Dulu sebelum kenal internet saya rajin nulis di buku catatan. Sampe sekarangpun sesekali saya masih suka nulis walau tidak seintens dulu.

    Dunia terus berubah dan mau tidak mau kita harus ikut berubah mengikuti perkembangan teknologi. Kebiasaan nulis di buku perlahan mulai ditinggalkan beralih ke media digital. Sekarang catatan kecil saya lebih banyak di tulis di aplikasi Keep punya Google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren Kang bikin note di Google Keep. Kalo manual, pake buku catatan custom aja

      Hapus
  6. keren-keren yaa mas jurnal desainnya Hibrkraft ini dan ternyata diekspor juga, terbuat dari kulit berkualitas juga, saya juga lagi order yang tipe Trevi Pro nih, gak sabar deh

    BalasHapus
  7. Sebelum digitalisasi seperti sekatang ini, saya juga punya buku catatan tapi sampulnya yang biasa. Belum kepikiran pakai sampul bagus kayak kulit gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya sih kalo buku catatan biasa, tapi pengen yang hard cover model gini, lebih bagus

      Hapus
  8. Saya pernah baca reviewnya nih sebelumnya, eh muncul lagi sekarang di sini. Saya suka sama desain cover tenun untuk buku catatan custom made by Hibrkraft ini. Kesannya lux.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa-apa baca dua kali, jadi biar lebih paham lagi, iya kan

      Hapus
  9. tooss Mas, saya juga dulu suka nulis-nulis biodata teman-teman di buku diary gitu bahkan ada yang masih tersimpan sampai sekarang, hihih.

    kalau sekarang juga sesekali masih nulis di buku agenda, tapi lebih seringnya sih emang menulis di gawai.
    kalau nemu agenda yang unik suka kalap sih dibeli trus lupa diisi :D
    keren ya produk-produk dari Hibrkraft ini, pasti yang suka journaling jadi senang ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku lama saya malah gak tau di mana, hehehe....

      Hapus
  10. Menulis dalam sebuah jurnal sudah menjadi kebiasaan saya sejak usia sekolah. Kehidupan kita lebih teratur dengan catatan yang kita buat itu mas. Oh ya, tambah semangat nulisnya kalo buku catatan custom nya sekeren ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya tambah semangat kalo buku jurnalnya keren kayak gini.

      Hapus
  11. kok bisa keren yaa buku catatan custom, rasanya pengen memiliki satu dan pengen di bawa kemana aja.. cocok banget sih untuk dtang sperti seminar atau traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa keren dong, namanya juga buku custom, apalagi ditujjang sama cover yang terbuat dari bahan berkualitas, kulit

      Hapus
  12. Wah bahannya unik dan kuat. pantesan terlihat berkelas. kaya akan seni sih. punya nilai jual tinggi nih kalau punya buku catatan unik begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cover kulit membuat tampilan buku jadi lebih cantik dan punya nilai yang tinggi

      Hapus
  13. Saya udah lama nggak nulis di buku. Kalau pas rapat bawa buku agenda sama bolpen sih, tapi tetap aja klo ada poin penting, nulisnya di note handphone. Jadi bawa buku agenda tuh buat gaya gayaan aja hehehe.

    Hibrkraft ya, bisa pesan buat buku catatan sebagai souvenir nih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu buku buat gaya doang, hmmmm sungguh disayangkan kak

      Hapus
  14. aku bukan tipe ornag pemilik buku catatan ya kak, karena biasa noted di hp. tapi yang ini bisa dibicarakan, soalnya cute banget kak bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang satu ini nggak boleh dilewatkan begitu saja kakak...

      Hapus
  15. Meskipun catatan digital ada di ponsel, memang beda rasanya mencatat di buku. Saya pun kadang masih menggunakan buku catatan untuk mencatat ide dan sebagainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya selalu rutin mencatat di ponsel. Tapi saya juga nggak melupakan keberadaan buku catatan untuk menulis secara manual. Apalagi kalau bukunya keren kayak punya Hibrkraft ini... Pasti rajin banget nyatetnya

      Hapus
  16. aku pengen banget ngejurnaling kegiatan anak pake jurnal ini deh bagus ya dari kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja pesen di Hibrkraft kakaknya....

      Hapus
  17. Ohh, ini tentang buku yang dicetak secara fisik ya? Saya kira buku catatan digital yang tersimpan sebagai aplikasi atau web.

    Saya sendiri meski ada buku catatan fisik, tetapi lebih memilih menulis di HP saja. Catatan online saya pakai Evernote. Selain lebih praktis, gampang dicopas ke web saya.

    Intinya, kembali ke pengguna. Kalau dirasa buku cetak fisik masih lebih oke, silakan, mau pakai yang digital juga silakan. Jangan lupa untuk menulis setiap hari ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan kakakkkkk, ini tuh buku catatan atau jurnal yang bisa dipesan sesuai kebutuhan. Kalau saya sih, jujur butuh digital dan manual, biar bisa saling back up aja sih. Tapi ya itu, kembali ke kebutuhan masing-masing saja. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini kakakkkkk

      Hapus
  18. Sudah lama saya tidak menulis di buku catatan. Padahal manfaatnya banyak ya.. btw boleh juga nih reomendasi buku catatannya. Produknya kelihatan menarik dan unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo silakan dipilih bukunya, lalu pesan di Hibrkraft, hehehe

      Hapus