Cara Ampuh Mengatur Jadwal Ngeblog Agar Lancar


Ngeblog merupakan sebuah aktivitas menyenangkan bagi sebagian orang, termasuk saya. Ada yang menjadikan aktivitas ngeblog sebagai hobi, ada juga yang menjadikannya sebagai usaha sampingan dan bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Inilah yang disebut fulltime blogger. 


Kita sih pengennya rutin untuk update blog, namun karena terbentur pada kesibukan dan hal lainnya, maka aktivitas ngeblog menjadi sedikit terhambat. Kalau sudah begini, biasanya kita akan malas dan ujung-ujungnya blog malah jadi terbengkalai.

Nah jangan khawatir guys, ada sedikit tips sederhana untuk menyiasatinya agar aktivitas ngeblog menjadi lancar kembali meskipun kita harus berjibaku dengan rutinitas harian di dunia nyata. Berikut ulasannya :

1. Kumpulkan Niat
Kembali lagi, segala sesuatunya tergantung niatnya guys, kalau niat kita setengah-setengah, ya jangan harap ngeblog jadi lancar tanpa hambatan. Nah agar ngeblog jadi lancar kembali, kuatkan niat untuk ngeblog. Kenali niat yang ada di dalam diri, kalau niat kita baik, maka Insha Allah hasilnya juga akan baik, dan sebagai bonus, kita juga akan mendapat pahala atas apa yang telah kita share melalui ngeblog.

Kuatkan niat untuk terus menulis, karena mungkin saja pengunjung dan juga teman-teman blogger lainnya menunggu tulisan terbaru di blog kita. 

2. Susun Jadwal Ngeblog dan Artikel yang Harus Ditulis
Agar ngeblog lancar, kita juga harus menyusun jadwal untuk menulis. Dalam satu hari ada 24 jam, tentu selama 24 jam, kita memiliki sedikit waktu untuk menulis, kita bisa menyisihkan waktu tidak kurang dari 3 jam untuk ngeblog (menulis+blogwalking).

Menyusun jadwal ngeblog itu penting, hal ini menandakan bahwa kita menghargai waktu serta memiliki program kerja yang baik dan terarah, sehingga akan berpengaruh baik terhadap blog yang kita kelola. Tentu saja, hal ini akan membangkitkan semangat ngeblog kita. 

3. Buat Artikel Sekaligus
Buat beberapa artikel dalam waktu bersamaan. Lalu publish artikel secara terjadwal setiap hari. Misalnya kita menulis sebanyak 7 artikel, lalu atur jadwal publish artikel untuk 7 hari kedepan. Dengan demikian blog akan tetap terupdate selama satu minggu ke depan.

Silahkan untuk menerapkan ketiga langkah sederhana diatas untuk mengatur jadwal ngeblog agar aktivitas blogging tetap berjalan dengan lancar. Hasilnya tentu akan berpengaruh baik untuk blog kita, seperti jumlah trafik blog akan meningkat dan angka Alexa Rank akan ramping.

Baca juga artikel lainnya : Cara Ampuh Menghidupi Artikel Lama di Blog

Semoga informasi cara ampuh mengatur jadwal ngeblog agar lancar dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share di sosial media kalian jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Salam blogger




32 comments

yang paling ssusah dilawan tuh rasa males mas, kadang ada aja alasannya. saya sendiri buat nulis kadang kejedot sama yang namanya ide, gak tau mau nulis apaan kalau gak dipaksa. Makanya beberapa bulan ini saya coba tantangin diri buat ikut lomba blog biar aktif lagi, sekalian biar jadi pemacu buat ngeblog.

sampe sekarang nih mas, saya hanya bisa ngepost 1x seminggu. Itupun dalam 7 hari dibagi buat riset, buat alur cerita, sama komposisi isinya. Kalau sehari sekali, saya gak bisa kecuali kalau buat nulis diary aja. Soalnya dalam seminggu ada jadwal BW yang saya tekankan yaitu di akhir pekan. Mau gak mau harus BW selama 2 hari, pokoknya baca dan ninggalin jejak.

Rasa malas memang salah satu penghambat kesuksesan mas Bimo. Jadi kita sekuat mungkin harus melawan rasa malas dengan berbagai cara.

Tapi setidaknya mas Bimo masih bisa update blog walau cuma seminggu sekali, daripada tidak sama sekali. Thanks sudah sharing pengalamannya mas... Siapa tau bisa memicu blogger lainnya agar lebih semangat lagi ngeblog

Kalau gak di lawan sekarang itu si malas kapan lagi, jangan menunda-nunda ya, Mas..
Niat memang hal yang utama, ditambah action sesegera mungkin.. Aku usahakan seminggu sekali, sembari bagi-bagi waktu dengan kesibukan lainnya, dan selalu sempatkan untuk BW, biar tahu juga cerita yang di tulisan teman-teman blog, salah satunya, Mas Hendra ini :)

Makasih tipsnya Mas, saya terkadang tidak sempatnya itu yang menjadi kendala.

Yang terpenting sih niat dulu kalau sudah ada niat apapun keadaannya selalu disempat sempatin dan jadikan nulis jadi kesenangan jadi kalau nggak nulis gatel tangannya

nulis sekali 7 artikel itu lho mas yang bikin puyeng..
hahahahaha...

nulis dua saja sudah keteteran, soalnya sudah harus kerja lagi diluar..
jadinya pelan-pelan saja deh mas..

Sehari luangin waktu 3 jam buat ngeblog sama blogwalking? Gile, lu memang blogger sejati. Gw mah kagak ada waktu kecuali sabtu-minggu.

-__-'

Kalau saya malah susah kalau bikin jadwal kang, suka gak kesampaian, makanya sesempetnya aja.. Biasanya malam sepulang kerja kadang kalau keasyikan bisa sampe jam 2-3 dini hari, hehee...

Haha, dalam realitasnya suka malas gan hehe.
Tapi ane paksain minimal 3 artikel sebulan lah buat saya udah cukup :)

Yup, kalo untuk kebaikan sebaiknya jangan ditunda mas. Wah makasih atas atensinya mas Andi. Saya juga selalu menyempatkan untuk BW walau cuma 1-2 blogger saja... :)

Nah ini nih yang kudu segera menerapkan trik diatas Mas, agar ngeblog jadi semakin lancar... Makasih sudah berkunjung

Yup betul mas Dwi, makanya saya meletakkan niat paling awal, karena memang induk utamanya berasal dari niat di dalam hati...

Yah itu kan kalo punya waktu banyak mas, bisa nulis sekaligus, jadi nanti blog bisa terupdate seminggu kedepan, kitanya kan bisa santai sejenak dari aktivitas blog.

Tapi kalo gak sanggup, bisa nulis semampunya aja sih

Ya kan kegiatan orang beda-beda om, ada yang sibuk di hari biasa, atau sebaliknya. Kalo saya sih karena karyawan shift, jadi mumpung libur, saya sempatkan diri untuk ngeblog

Memang sih gak semua bisa mengikuti jadwal, karena terbentur dengan aktivitas sehari-hari. Tapi mungkin lain kali bisa dicoba kang, hehehe...

Wah ini mah udah blogger sejati, jam 2 pagi masih aja ngeblog, kalo saya mah udah lagi mimpi indah tuh jam segitu.

Nah ini penyakit dari segala penyakit yang menghambat kesuksesan seseorang, yakni malas. Memang susah banget untuk ngilangin rasa malas, tapi kalo perlahan dihilangkan, lama-lama juga berkurang kok rasa malasnya mas

Ide ada, bahan penulisan ada, draft judul ada, kadang udah dibuat jadwalnya, tapi masih aja nggak konsisten.

Gimana dong ya?

Konsistennya pas lagi "menggebu" aja, seminggu bisa 2-3 artikel, musim2an.. Duh..

ia sih kadang kita terlena dengan kesibukan kita maka kadang males mendera mas, 3 tips sangat membantu bagi saya yang sering angot-angotan hehehe

Setuju, aku kadang suka BW balik semua yang mampir di blog. Sekalipun itu tidak di waktu yang sama. Setidaknya mereka betah kalau maen, to di kunjungi balik..hehe

Sepertinya belum post jalan-jalan lagi nih, Mas..he
Lagi sibuk ya..

Gak harus di hari itu juga kan, bisa dilakukan di lain waktu, yang penting BW balik ya.

Iya mas, belum sempat jalan-jalan lagi nih, hehehe...

Kembali ke point nomor satu. NIAT!!

Selamat berjuang

Tipsnya okey pake banget.. Udah kuupayakan, tapi apalah daya.. aku nggak bisa serajin mas hendra.. Hehee

Makasih kang, saya berusaha sebisa mungkin kang...

makasih mas hendra, saya juga salut dengan mas soalnya tiap postingannya selalu ngena dan enak dibaca. Lanjutkan lagi mas, saya tunggu tulisan terbarunya yah.

Wah makasih atas apresiasinya, berusaha terus agar menjadi lebih baik lagi mas.... Terimakasih juga sudah sering mampir

Kalau saya tak sempatkan nulis sebulan minimal 1 sampai postingan biar blog tetap hidup

Iya mas, yang penting sesempatnya aja, jangan sampe gara-gara ngeblog, kita lupa sama kewajiban kita di dunia nyata...

Tips-nya memang sesederhana itu, niat, buat jadwal 3 jam sehari, bikin artikel sekaligus tapi pelaksanaannya masih belum sederhana juga, hehe. Pada akhirnya kembali ke no 1 niat apa enggak. 😄

YUP! Inti dari semuanya adalah niat ya mba. Kalo niat udah kuat, pasti ngeblog jadi semangat.

Wah keren tipsnya semoga membantu bagi saya blogger pemula ni, karena kesibukan kerja juga.

Silahkan dicoba pak, semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon