Ayo Gali Ilmu Melalui Blogwalking

Blogwalking atau berkunjung ke blog lain, menjadi salah satu kegiatan yang hukumnya bisa dibilang wajib dalam dunia blogging. Ada begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh. Melalui blogwalking, kita bisa mengenal blogger-blogger lain. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa memperoleh banyak wawasan baru. Kalau kita berkunjung ke blog lain, secara otomatis mereka pun akan berkunjung balik ke blog kita. Ini artinya dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor blog kita. Alhasil blog pun menjadi ramai dan gak sepi macam kuburan.


Kalau kita jeli dan bisa memanfaatkan blogwalking untuk menambah wawasan, kita bisa mengoleksi beragam artikel dari blogger lain, mulai dari info kesehatan, info parenting, tips dan trik, info wisata, bisnis dan lainnya. Sayang kan, begitu kalian blogwalking dan baca artikelnya, terus nggak dicatat atau disimpan, maka ilmu dan wawasan akan hilang begitu saja.

Saya selalu menyempatkan untuk blogwalking di setiap rutinitas sehari-hari. Walau tidak banyak, yang penting setiap hari minimal bisa blogwalking ke 2-3 blogger. Tapi kalau lagi libur, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk blogwalking dan update blog.

                             Cara Ampuh Mengatur Jadwal Ngeblog Agar Lancar

Agar wawasan yang saya dapatkan tidak hilang begitu saja, saya membaca keseluruhan isi artikel blog. Lalu setelah itu mencatat informasi-informasi yang saya anggap penting. Setelah itu saya beri label sesuai dengan temanya, seperti info kesehatan, parenting, tempat wisata, tips dan trik dan lainnya.

Saya menggunakan aplikasi Microsoft OneNote untuk menyimpan berbagai catatan hasil dari blogwalking. Caranya pun cukup mudah. Kita bisa membuat tab baru untuk mengelompokkan jenis artikel. Lalu highlight atau catat bagian penting isi artikel ke dalam Microsoft OneNote.

Meskipun tidak ada ketentuan baku ketika melakukan blogwalking, tapi setidaknya kalian juga harus memperhatikan beberapa etika ketika berkunjung ke blog sobat blogger lainnya, seperti :

1. Baca artikel secara keseluruhan
Kalau blogwalking, biasakan untuk membaca postingan secara menyeluruh, dari awal sampai akhir. Agar informasi yang kita dapatkan juga maksimal. Kalau baca artikelnya sepotong-potong, nantinya informasi yang didapat juga tidak maksimal. Kasian kan, blogger sudah capek-capek nulis, eh bacanya cuma sepotong doang, dah gitu kadang komennya gak nyambung. Coba bayangin, bagaimana kalau ini menimpa kepada kita sendiri??

2. Hargai hasil tulisan
Setelah membaca seluruh isi artikelnya, jangan lupa beri sedikit pujian kepada penulis, simpel aja sih, bisa dengan "Nice Article", "Nice Sharing", "Artikelnya Bermanfaat", "Artikelnya Menghibur", "Terimakasih Sudah Sharing" dan lainnya. 

3. Komen nyambung
Ketauan banget mana blogger yang cuma baca artikel sepotong, dan mana blogger yang baca artikel secara keseluruhan. Ini terlihat dari komennya yang kadang gak nyambung, atau komennya cuma sepotong doang. Sebaiknya komen sesuai dengan isi artikel, agar kamu juga akan diberlakukan hal yang sama.

4. Saling berkunjung
Jangan lupa, kalau teman sudah berkunjung, ini artinya mereka juga mengharapkan kita berkunjung balik ke blognya. Jadi sempatkan juga untuk berkunjung balik ya guys.

Saya rasa cukup sekian dulu tulisan ini saya buat. Jadi intinya, carilah ilmu (pengetahuan dan wawasan) sebanyak-banyaknya, walau dari kegiatan blogwalking sekalipun. Karena manfaatnya bukan hanya untuk kita sendiri, tapi juga kita bisa sharing kembali kepada orang lain. 
Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon