Cara Menghidupkan Artikel Lama

Apa kabar artikel lama?. Pernahkah kepikiran sama teman-teman sobat blogger, mengenai nasib artikel lama di blog kita?. Apakah mereka mati karena tak ada yang mempedulikannya atau membacanya lagi?. Tenang, saya hanya mau sedikit sharing tentang bagaimana cara untuk menghidupkan artikel lama kita di blog.

Saking asyiknya menulis artikel-artikel baru di blog, lalu mem-publish-nya, terkadang membuat kita lupa kalau kulit manggis kini ada ekstraknya dengan artikel-artikel lama kita yang pada akhirnya hanya menjadi tulisan-tulisan lawas tanpa ada yang memperhatikan lagi. Lalu bagaimana nasibnya?.
Post

Berikut adalah beberapa tips sederhana bagaimana cara menghidupkan artikel lama di blog :

1. Edit dan publish ulang

Perbaharui artikel lama yang sekiranya perlu untuk kita edit, berilah sentuhan sedikit dan publish ulang. Dengan cara begini, pengunjung baru pun akan datang dan ikut membaca artikel 'baru' di blog kita.

2. Promosikan di sosial media dan sosial bookmarking

Sebenarnya bukan hanya artikel baru saja yang harus kita share di sosial media maupun sosial bookmarking, artikel lama yang sudah lumutan juga sebaiknya kita share juga ke sosial media maupun sosial bookmarking. Agar supaya mendapat respon positif dari para pengunjung blog sekaligus dapat menambah page view blog kita.

3. Sisipkan link artikel lama di artikel terbaru

Biasakan untuk menyisipkan link artikel lama (internal link) ketika kita mem-publish artikel baru di blog. Sisipkan link dengan sewajarnya, jangan berlebihan dan tetap berpedoman pada peraturan Google. Dengan begini, pengunjung akan dibuat penasaran dengan link yang nongol (mirip aksesoris personel Duo Serigala yang selalu nongol) di postingan terbaru di blog kita.

4. Aktifkan fitur 'random article / post' di blog

Fitur random article sedikit banyak akan membantu untuk menampilkan postingan-postingan di blog kita secara acak, baik itu artikel lama maupun artikel baru. Dengan cara seperti ini, kemungkinan untuk mendapat klik dari pengunjung terhadap artikel di blog akan terus meningkat.

Mudah-mudahan dengan cara menghidupkan artikel lama seperti cara diatas dapat membuat blog kita bertambah ramai lagi. Pasalnya artikel lama kemungkinan dapat menambah panjang daftar rasa penasaran para pengunjung blog untuk membacanya.

Besar harapan para blogger agar artikel-artikel lama tetap dapat dinikmati oleh para pengunjung blog, bukan hanya artikel yang baru saja. Tentu hal tersebut sudah pasti dapat meningkatkan page view harian bagi blog kita.

Happy blogging.

14 comments

Bermanfaat mas. Emang bener artikel lama gak boleh mati. #SaveArtikelLama

Reply

Hahaha.. Ada hastag segala

Reply

mantap sekali mas, saya akan melakukan itu :)

Reply

Terimakasih Mas anak nelayan....

Reply

Sayang memang kalau artikel cuma jadi arsip saja kalau saya seringnya pake no 3

Reply

Yup betul Mas Dwi... Banyak cara menerbitkan artikel lama di blog

Reply

Aku pengen banget bikin random post, tapi mesti pakek html gitu ya.. Masih belom pande.. :(

Reply

Sebenarnya cuma add widget aja sih.. Tutorialnya banyak di Google beb..

Reply

betul mas.. saya sering mengedit artikel lama dengan menambahi beberapa huruf lagi.. hehehehe..

Reply

Iya Mas eka, mengedit ulang merupakan salah satu solusi untuk menghidupkan artikel lawas di blog...

Reply

Gue pake widget linkwithin biasanya postingan lama yang berhubungan dengan postingan baru mucul

belum kepikiran men share ulang ke sosmed

Reply

Baru tau kalo ada widget linkwithin segala. Trims buat masukannnya

Reply

ini yg saya perlukan. utk republish brrti artkel lama dijadikan draft dulu ya mas? lalu baru muncul tombol publish. atau bgmn? terimaksih sangat.

Reply

Iya, jadiin draft dulu, edit dulu sekiranya ada yang perlu diedit, terus bisa langsung publish atau publish menggunakan jadwal. Makasih sudah mampir...

Reply

Post a Comment