Tips Supaya Nggak Terlambat Bekerja atau Sekolah

Kemacetan di Kota Jakarta - Blog Mas Hendra

Kota besar, seperti Jakarta, memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang terbilang cukup parah. Hampir di setiap ruas jalan pada jam-jam tertentu selalu saja mengalami kemacetan, entah karena traffic yang selalu padat, proses pembangunan fasilitas umum yang memakan sebagian badan jalan, angkot yang berhenti sembarangan, pengemudi yang nggak taat sama peraturan lalu lintas sampai pada kegiatan aksi damai para jomblo yang menuntut dihapusnya hari sabtu dari kalender.


Efek buruk dari kepadatan lalu lintas tersebut, sudah pasti sedikit banyak akan berpengaruh pada kinerja masyarakatnya, karena tentu saja masyarakat akan membutuhkan ekstra waktu yang lebih hanya untuk mencapai tempat yang akan ditujunya. Dan lagi-lagi masyarakat pun dituntut untuk pandai-pandai dalam me-manage waktu. Sebut saja seorang karyawan yang akan berangkat ke tempat kerjanya, siswa/siswi yang akan bersekolah atau mahasiswa yang akan berangkat ngampus harus memiliki perhitungan waktu yang tepat, supaya nggak terlambat.

Selama tinggal dan besar di kota Jakarta, saya terbiasa untuk menerapkan beberapa tips sederhana supaya nggak terlambat sampai ke tempat kerja. Yah minimal bisa sampai tujuan tepat waktu. Dan bukan nggak mungkin, tips sederhana ini bisa juga Anda terapkan di kota dimana Anda tinggal.

1. Niat kuat untuk selalu disiplin

Semuanya harus diawali dengan niat. Kuatkan niat untuk selalu disiplin dalam segala hal, terutama disiplin dalam bekerja atau menimba ilmu (sekolah dan kuliah). Karena saya yakin, kalau niat dan tekad untuk disiplin sudah kuat, mudah-mudahan nggak akan ada lagi kata terlambat. Hal ini justru berbanding terbalik dengan pasangan pengantin muda yang baru saja menikah dan mengharapkan kehadiran buah hati, seolah kata 'terlambat' ini menjadi sebuah keyword yang paling diburu.

2. Percepat jarum jam

Untuk menghindari terlambat, ada baiknya Anda untuk mempercepat sedikit jarum jam, yah mungkin bisa 15 menit, 20 menit atau selanjutnya.... terserah Anda. Pasalnya, dengan waktu yang 'seolah' bergerak cepat, akan membuat Anda selalu waspada dan takut terlambat. Sehingga akan membuat Anda selalu bergerak gesit, segesit pergerakan seorang jomblo dalam memperjuangkan cintanya.

3. Pasang alarm

Pasang alarm untuk membuat Anda terbangun sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Jangan sekali-kali untuk menekan 'snooze' ketika alarm berbunyi, karena akan membuat Anda malas untuk segera bangun. Usahakan untuk memilih nada atau suara alarm yang cukup 'mengagetkan', semisal suara instrument musik yang cukup keras atau bisa juga menggunakan rekaman suara mantan, biar semangat bangun tidurnya.

4. Persiapan matang

Siapkan semua keperluan yang akan dibawa sebelum berangkat kerja atau sekolah. Cek dengan teliti barang bawaan yang akan dibawa. Ketika semua persiapan sudah matang, Anda pun akan tenang dan nggak terlalu tergesa-gesa sewaktu akan berangkat.

Baca juga artikel : Tergesa-gesa yang Dibolehkan dalam Islam

5. Berangkat lebih awal

Guna menghindari resiko terlambat, sebaiknya Anda berangkat lebih awal. Estimasi waktu yang tepat sangatlah diperlukan ketika akan berangkat kerja atau sekolah agar bisa sampai di tujuan lebih awal atau paling tidak tepat waktu.

6. Update info lalu lintas

Biasakan juga untuk selalu mengikuti info sekitar lalu lintas terkini di kota Anda. Bisa melalui sosial media (Twitter, Facebook), berita di TV maupun info dari seorang teman lewat BBM. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui situasi yang sedang terjadi di luar sana. The Truth is Out There (ini apa coba).

7. Kuasai jalan alternatif

Terkadang terdapat beberapa kegiatan atau even di jalanan, semisal demo menuntut kenaikan harga BBM dan menolak kenaikan UMR, eh... terbalik, demo menolak kenaikan harga BBM dan menuntut kenaikan UMR, oleh sebab itu, biasanya akan ada pengalihan arus kendaraan. Nah disinilah peran pentingnya Anda untuk mengetahui jalan alternatif atau dikenal juga jalan tikus. Anda dapat melewati jalur alternatif tersebut guna menghindari keterlambatan ke tempat yang akan Anda tuju.

Jalan alternatif ini juga dapat diterapkan ketika secara nggak sengaja, Anda berpapasan sama sang mantan yang lagi boncengan sama pasangan barunya, guna menghindari perihnya perasaan Anda. Jiaaaaahh...

8. Dampak buruk akibat datang terlambat

Jangan lupa sama peraturan yang telah ditetapkan di sekolah maupun di tempat kerja. Selalu ingat dengan konsekuensi yang akan Anda dapatkan ketika terlambat ke sekolah atau tempat kerja. 

Anda mungkin akan malu ketika terlambat datang ke sekolah, kemudian kena hukuman harus berlari mengitari lapangan. Atau kena teguran dari boss ketika Anda datang terlambat ke tempat kerja, yang akan berakibat pada menurunnya reputasi Anda di mata boss.


-----


Gimana guys?? Ada yang sudah nerapin tips dan trik diatas?? Caranya memang kelihatan cukup mudah, namun tetap yang paling penting adalah NIAT!! 

Yuk sharing disini kalau ada tips tambahan dari teman-teman, siapa tau saja bermanfaat buat teman-teman yang lainnya.

<span data-iblogmarket-verification="_6eDvbHMbnqZ" style="display: none;"></span>

42 comments

Informasinya bermanfaat banget mas :)
tapi untung nya saya tidak sering terlambat buat bekerja :)
Karena sewaktu smk sudah di terapkan pola disiplin oleh pihak sekolah juga, jadinya kalau terlambat tidak terlalu sering :)
Hidup disiplin itu enak yaa :)
Makasih sudah di share :)

Reply

Betul mba Dewi, disiplin itu efeknya ke diri sendiri loh...

Reply

Kemah didepan sekolah juga harusnya dijamin gak telat

Reply

Kita memang harus dibiasakan hidup disiplin, salam kenal ya gan!

Reply

Untungnya saya tidak hidup di Jakarta *eh, salah fokus* hehe

Reply

Jadi inget sekolah mas.. di Bogor itu sempit. Apa-apa macet. Ya bener, kalau nggak berangkat pagi mah udah pasti macet. Itu alasan yang klasik sekali..

Reply

Yup, kota Bogor pun semakin ramai sekarang ya Mas. Mau nggak mau ya masyarakatnya juga semakin haru s gesit lah...

Reply

Yah nyari nafkahnya di Kota Jakarta, mau nggak mau harus ikut terlibat didalamnya dan juga ikut merasakan semua hal didalamnya...

Reply

Betul itu. Dari cilik juga harus banget dibiasain disiplin, biar jadi masyarakat yang maju

Reply

Waduh, kalo masih telat, ya namanya kebangetan kali itu

Reply

kedisiplinan memang harus banget mas biar jadi terbiasa kedepanya :)

Reply

Harus itu mba, biar nggak terburu-buru

Reply

Ya betul banget, disiplin nomor satu...

Reply

Nambah satu, kalau jaraknya tidak lebih dari 15 km bisa pakai sepeda ontel haaaa.
Dijamin aman dan tidak terlambat :-)

Reply

bener itu mas. saya mempercepat jarum jam 10 menit. biar gak telat, heehe
insyaallah bakalan jadi org yg disiplin :)

Reply

Susah juga ya kalau dikota besar yang sering macet begitu. Untungnya disini gak ada macet macetan.
Haha sering banget tuh alarmnya di snooze xD pakai lagu lengsir wengi tuh, ampuh wkwk

Reply

Cepetin sejam juga boleh. Boleh lah... Boleh lah.. Saya suka.. Saya suka..

Reply

Boleh lah... Boleh lah... Lebih enak lagi tuh kalo naik sepeda...

Reply

Enak dong kalo nggak pernah ngerasain macet, makanya orang-orang Jakarta pada banyak yang stress duluan, hahaha...

Apa tuh lengsir wengi

Reply

Nah poin pertama tuh yang susah-susah gampang bagi warga negara indonesia kebiasaan ngaret hihihi. Kalau poin pertamanya susah dilakukan yang lain-lainnya pun ikut terbengkalai jadinya berantakan deh :D

Reply

Yup, point pertama yang harus paling diutamakan ya mba Wida

Reply

kalo saya meniding jam nya di cepetin biar ga terlambat, soalnya kalo ga begitu ya udah terus2an telat mulu

Reply

Banyak cara untuk nggak terlambat, hehehe...

Reply

Pernah nyepetin jarum jam tapi sdah tahu kalau itu dicepetin akhirnya tetep aje terlambat bang. gimana tuh ya. -_-
Sku msh gitu orangnya :v

Reply

setuju sekali Bos, pondasi awal adalah niat disiplin, kalau memang sudah niat, pasti akan mempersiapkan diri biar nggak terlambat..

Reply

Wah kalau begitu mah, harus dibenerin niatnya Mas Ari...

Reply

Ya dong, semuanya diawali sama niat... Yia boss

Reply

iya bener yang penting ada niat yah sob!!, setelahnya baru dech mengakali biar niat itu ttp bisa jalan, kaya tips2 di atas.. cool!, sip salam ngeblog Sob (:

Reply

Iya, makanya niat saya taro di nomor satu, karena paling penting adalah NIAT. Salam ngeblog

Reply

Percepat jam, hmm... wah udah jam 7. Yah tp kan jamnya kecepetan. udah tahu dicepetin, jadi tetep santai aja. Haha

Reply

Baru mau ngomen gini. Bawa tenda aja.

Reply

Dari kedelapan Point diatas yang paling penting itu niat disiplin yah mas

Reply

Kalo begitu mah, niatnya yang harus dibenerin gan, percuma dong dicepetin juga, hahaha...

Reply

Ya betul!! That's why saya taro niat di nomor satu...

Reply

Jangan tenda Om, kostan aja, lumayan bisa dapat duit, gkgkgk...

Reply

Kalo gue nerapinnya point kedua. Paling efektif sih kayaknya. Karna pas bangun tidur otomatis bakal kaget karna ngeliat jam yang menunjukkan kalo bakalan telat, jadinya pasti langsung siap2 untuk berangkat kerja, kuliah, atau sekolah. Nggak ada lagi untuk males-malesan dulu di kasur ataupun nonton tv yang mengakibatkan telat.

Reply

Saya juga sering nerapin yang nomor 2, terbukti efektif kok...

Reply

Kalo saya sering terapin poin yang ke dua, mempercepat jarum jam. Tujuannya bukan biar gak telat. Tapi pas sampai dikantor saya punya waktu banyak buat santai-santai atau ngrefresh otak dulu. jadi pas timenya nya kerja. Sudah pasti semangat tuh... :D

Reply

Yup, memang terbukti ampuh, saya juga seperti itu, sewaktu sampe kantor, eh baru jam segini, jadi masih ada waktu banyak buat leha-leha...

Reply

ditempat saya jarang macet, jadi kalo telat gak bisa pake alasan macet

Reply

Enaknya merasakan jalanan sepi, ... Cuma bisa menghayal

Reply

Post a Comment