Pengertian Google Adsense


google adsense - blog mas hendra
gambar : webcash[dot]in

Siapa yang tak mengenal dengan Google AdSense? Bagi Anda seorang blogger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan (passive income), Google AdSense mungkin menjadi pilihan yang tepat. Saya pun mulai mengenal Google AdSense belum lama ini. Setelah mengetahui manfaat dan keuntungannya, saya pun mencoba mendaftarkan blog saya ini ke Google AdSense. Baca artikel saya : Pengalaman Mendaftar Google AdSense

Yah siapa tahu saja bisa mendapatkan income yang lumayan dan sekaligus dapat menambah semangat saya untuk ngeblog. Pada artikel kali ini, saya mau share mengenai pengertian dari Google AdSense. Selamat membaca.




Pengertian Google AdSense

Google AdSense merupakan program kerjasama di bidang periklanan atau advertisement melalui media internet yang dikeluarkan oleh Google. Google AdSense merupakan bisnis periklanan yang banyak diincar oleh kalangan blogger maupun pemilik web yang lainnya. Melalui program periklanan Google AdSense, pemilik website maupun blog diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google, setelah sebelumnya blog maupun website tersebut harus disetujui terlebih dulu sebagai anggota setelah mendaftar dan telah lulus seleksi melalui tahapan penilaian yang ketat terhadap konten (isi) web maupun blog oleh Google.

Kapan Google AdSense Lahir?

Program AdSense ini didirikan oleh Google setelah mengakuisisi Pyra Labs (perusahaan yang mengeluarkan sebutan Blogger, cikal bakal Blogger) pada bulan Februari 2013. Chairman Google dan sekaligus CEO (Chief Executive Officer) Google, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense pada tanggal 4 Maret 2003. Satu bulan kemudian, tepat tanggal 23 April 2003, Google kembali mengakuisisi Applied Semantics, dimana teknologinya mendukung layanan AdSense

Sebelumnya unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris  dan beberapa negara di Eropa, Timur Tengah, Asia Timur dan satu negara Asia Tenggara, yakni bahasa Thailand. Namun pada tanggal 1 Februari 2012, Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content.

Artinya blog-blog yang berbahasa Indonesia dapat didaftarkan pada program AdSense tersebut. Selama tetap patuh mengacu pada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh Google. Hal ini merupakan kabar gembira bagi kita yang memiliki blog berbahasa Indonesia.

Metode pengiklanan Google AdSense

Setiap iklan yang tayang didalam suatu website maupun blog akan berbeda, tergantung dari jenis konten maupun artikel website maupun blog yang bersangkutan. Dan hal ini merupakan penayangan materi iklan yang sifatnya mutlak yang dikelola oleh Google. Sebuah konten web/blog yang hanya berisi satu jenis niche saja, maka iklan yang muncul biasanya akan disesuaikan dengan konten blog tersebut, contoh : web/blog teknologi, maka penayangan iklan yang muncul pun sesuai dengan tema web/blog tersebut. Dan seterusnya.

Manfaat dahsyat bermain Google AdSense

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila seseorang yang bermain dengan Google AdSense, tentu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Tak jarang juga seorang blogger yang telah sukses mendapatkan penghasilan yang mencapai ribuan dollar, kini beralih menjadi seorang full time blogger. Dengan tetap rajin ngeblog, menulis artikel yang baik dan berkualitas, pantang menyerah dan terus belajar, bukan tak mungkin, Anda pun akan mendapatkan manfaatnya yang sangat luar biasa melalui Google AdSense tersebut.

Setelah mengetahui arti dari Google AdSense, kapan didirikannya pertama kali maupun manfaatnya bagi seorang blogger, Mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat bermanfaat buat Anda. Nah, apa langkah berkutnya setelah membaca artikel ini? Yang pasti langkah berikutnya adalah mendaftar ke Google AdSense.

2 comments

nyimak kak, semoga sukses dengan GA nya ya.

Reply

Terimakasih udah mampir Update Campuran...

Reply

Post a Comment