Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkah Melakukan Copy Paste Artikel?


Dalam dunia ngeblog, tentu saja kita para blogger mengenal istilah copy paste (COPAS). Copy itu artinya menyalin/menggandakan/memperbanyak dan paste itu artinya menempel/meletakkan. Jadi pengertia copy paste itu sebagai kegiatan menyalin suatu artikel/konten/dokumen dari satu situs dan menempelnya pada situs yang lain. Begitulah menurut pendapat sederhana saya.


Copy paste tanpa seizin pemilik blog, sama halnya dengan pencurian konten. Maka tidak sedikit pula para blogger yang berusaha untuk melindungi kontennya. Salah satunya adalah dengan cara mematikan fungsi klik kanan pada mouse, sehingga akan me-nonaktifkan fungsi block pada artikel. Tentu saja dengan tujuan agar kontennya tidak bisa lagi di comot oleh blogger-blogger yang malas.

copy paste ala blog mas hendra

Oke, dalam hal copas konten sebenarnya pun ada etika yang harus diperhatikan oleh para plagiator. Yah meskipun tidak ada ketentuan baku dalam hal copas men-copas, karena bagaimanapun juga, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya. Namun, bila memang benar-benar amat sangat TERPAKSA harus copas sebuah artikel, jangan lupa lakukan etika-etika sebagai berikut :

1. Meminta izin
Biasakan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik blog bila Anda ingin melakukan sebuah karya spektakuler yang bernama copas. Sehingga Anda tidak lagi dicap sebagai pencuri artikel, toh pemilik blog pun sudah ridho kalau artikelnya dicopas

Minta izin kan bisa melalui kotak komentar di blog maupun melalui kontak email atau melalui menu Contact Us (jika tersedia). Dan saya pun yakin si penulis artikel pun akan merasa senang, karena hasil karyanya ada yang naksir.

2. Sertakan sumber artikel
Sesudah minta izin, jangan lupa untuk selalu menyertakan dari mana sumber artikel tersebut Anda dapatkan dalam setiap postingan. Tujuannya jelas, sebagai bentuk penghargaan atas jerih payah si pembuat artikel. Si pembuat artikel tentu akan merasa dihargai bila Anda selalu menuliskan sumber asli artikelnya. 

3. Kreatiflah
Jadi blogger itu dituntut harus lebih kreatif. Baik dalam menulis artikel maupun dalam mencari tema dari sebuah artikel. Pun begitu juga dalam hal mengcopas, kreatiflah.

Yang dimaksud kreatif di sini adalah, kembangkan serta kreasikan artikel yang dicopas dengan menggunakan kata-kata Anda sendiri. Gantilah isi artikel dengan gaya bahasa Anda sendiri, dengan tetap tidak keluar dari tema artikel tersebut. Dan secara tidak sadar, Anda pun telah berhasil menulis artikel dengan komposisi hasil copas 10% dan kreasi sendiri 90%. Wow...

Jadi blogger itu tidak hanya pintar, tapi juga kreatif!

Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal copas, selama Anda mengikuti etika-etika tersebut di atas. Toh berbagi ilmu itu baik selagi bermanfaat buat orang lain. Setuju?

Tapi alangkah lebih baik lagi bila Anda menulis artikel dengan hasil tulisan sendiri. Jelek tidak mengapa, yang penting hasil karya sendiri.

Jangan tunjukkan kalau Anda adalah blogger yang pemalas dan bukan pula blogger yang lemah inspirasi. Tunjukkan kalau Anda adalah blogger yang kreatif dan pekerja keras.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bolehkah Melakukan Copy Paste Artikel?"