Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Artikel Yang Baik

tips menulis artikel yang baik

Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan semenjak seseorang mengenal baca tulis. Sedari kecil kita selalu diajarkan untuk menulis dan membaca. Dengan menulis, seseorang dapat menuangkan seluruh ide, pemikiran, gagasan maupun pendapat. Di zaman sekarang, dimana teknologi semakin maju, setiap manusia sangat dituntut untuk memahami baca tulis.

Pemerintah pun tidak tinggal diam dalam program pemberantasan buta huruf di seluruh wilayah Indonesia. Demi terciptanya masyarakat dan bangsa yang cerdas.

Melalui berbagai macam sarana dan prasarana yang ada saat ini, siapapun dapat menyalurkan bakat lewat kegiatan menulis, bagi yang berkeinginan. Baik itu melalui blog, media sosial, buku dan lainnya. Banyak dari para penulis yang telah menuai kesuksesan melalui karya tulisnya. 

Oleh sebab bakat menulis yang dimilikinya, kesuksesanpun akan datang dengan sendirinya. Siapapun bisa menjadi penulis, termasuk Anda. Namun ada beberapa faedah yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel yang baik.

Tentukan Topik

Tulislah artikel sesuai dengan topik yang disampaikan. Tentukan topik apa yang sekiranya diperlukan oleh pembaca, yang pasti berikan topik yang menarik untuk dibaca.

Tulislah Artikel Yang Bermanfaat

Tahukah Anda, dengan menulis sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain, merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Di saat orang lain membutuhkan informasi, referensi maupun sesuatu yang mereka cari, maka melalui tulisan yang telah Anda tulis dapat bermakna bagi orang lain. Berikan sesuatu yang bernilai melalui tulisan Anda kepada orang lain.

Banyak Membaca Sebagai Bahan Referensi Anda

Membaca di sini tidak sekedar hanya membaca tulisan ataupun huruf dari a - z saja, lalu selesai. Sebaiknya Anda pahami setiap tulisan maupun artikel yang Anda baca. Ambil kesimpulan dari setiap tulisan yang Anda baca lalu buatlah catatan kecil yang menurut Anda penting. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami daripada hanya sekedar membaca dan juga mempunyai banyak referensi untuk menulis artikel.

Gunakan Bahasa Yang Baik

Buatlah tulisan dengan bahasa yang baik yang mudah dipahami pembaca. Jangan sampai gaya bahasa yang Anda gunakan justru membingungkan pembaca. Gaya bahasa yang baik akan lebih disenangi pembaca. Selain itu, bahasa yang baku di blog akan memudahkan search engine atau mesin pencari dalam menjelajah konten dalam blog Anda.

Berikan Informasi Yang Jelas Melalui Tulisan Anda

Tulislah artikel dengan memberikan informasi di dalamnya secara akurat, sehingga pembaca akan merasa puas setelah membaca artikel yang Anda tulis. Dengan demikian tidak tertutup kemungkinan, pembaca akan menjadikan tulisan Anda sebagai bahan referensi.

Menulis Artikel Secara Kreatif

Biasakan menulis dengan menuangkan ide, gagasan, pemikiran maupun karya sendiri. Selain lebih mengasah kemampuan menulis Anda, blog dengan hasil tulisan sendiri akan lebih disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Banyak Inspirasi Untuk Menulis

Banyak hal yang menjadikan inspirasi Anda dalam menulis sebuah artikel. Sebuah pengalaman barangkali bisa dijadikan inspirasi dalam menulis artikel. Bisa dari pengalaman Anda sendiri, teman atau orang-orang terdekat Anda. Selain pengalaman, tentu saja Anda juga dapat menulis artikel berdasarkan pada ide, gagasan maupun opini.

Judul Artikel Yang Menarik

Judul merupakan bagian "heading" yang terpenting. Sebelum membaca isi sebuah artikel, tentu saja pembaca terlebih dahulu akan membaca judul artikel yang Anda buat. Berikan judul yang menarik yang membuat orang penasaran untuk membaca artikel Anda.

Menulis Artikel Dengan Rapih

Tulislah artikel dengan rapih dan tidak acak-acakan. Selain akan memperindah tampilan blog Anda, tulisan rapih lebih enak dibaca dan tidak membingungkan para pembacanya.

Dengan menulis artikel yang baik, menarik dan tentu saja orisinil memiliki kepuasan tersendiri. Selain dapat melatih otak untuk berfikir, tentu saja dapat mengasah sampai sejauh mana kemampuan Anda dalam menulis.

Demikian artikel ini saya tulis dan mudah - mudahan dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari - cari tips menulis artikel yang baik.

2 komentar untuk "Tips Menulis Artikel Yang Baik"

  1. Kadang saya bingung kalau mau nulis, bingung nentukan topik dan mikir lgi "kira-kira bermanfaat gk ya" wkwkwk sering mikir gitu kadang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal seperti ini memang kerap muncul Mas, nggak peduli blogger pemula atau senior, pasti pernah mengalaminya. Salah satu caranya bisa membaca berbagai blog teman-teman lainnya, siapa tau bisa memberikan inspirasi untuk menulis. Atau bisa juga dari pengalaman sendiri.

      Hapus

Berlangganan via Email