Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Oleh-oleh Khas Palembang, Rasanya Maknyus Bikin Ketagihan!

Ingin liburan yang tidak biasa dan pastinya bikin perut kenyang? Mending cobain deh liburan ke Palembang, karena selain tempat wisatanya bagus, ada juga oleh-oleh yang super enak! Palembang memang terkenal dengan kuliner tradisionalnya yang benar-benar unik dan lezat, mulai dari pempek, model, tekwan hingga kue Ku yang bikin nagih.

Nah, kalau tertarik untuk nyobain kuliner-kuliner khas Palembang, kamu juga harus pastikan untuk booking tiket Super Air Jet lewat Traveloka ke Palembang. Super Air Jet adalah maskapai penerbangan yang bisa diandalkan buat kamu yang mau nyaman, aman dan hemat saat bepergian. 

Tekwan, Oleh-oleh Khas Palembang
Image : Instagram/@debbie_ariesthea

Jadinya, kamu bisa fokus untuk mencicipi makanan khas Palembang tanpa harus pusing mikirin transportasi. Lantas, apa saja oleh-oleh khas Palembang? Yuk, simak deretannya di bawah ini!

1. Pempek

Pempek adalah makanan khas Palembang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan bahan-bahan lain, seperti tepung sagu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat pempek menjadi makanan favorit masyarakat Palembang dan juga wisatawan.

Ada beberapa jenis pempek yang bisa kamu coba, seperti pempek kapal selam, pempek adaan, pempek lenjer dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuah cuko yang khas sebagai pelengkap pempek.

2. Tekwan

Tekwan juga merupakan makanan khas Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Tekwan terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu, lalu dibentuk seperti bola-bola kecil dan direbus bersamaan dengan kuah kaldu yang gurih.

Jangan sampai kelewatan nih cobain Tekwan saat liburan ke Palembang, kamu pasti akan ketagihan sama rasa gurihya yang bikin nagih!

3. Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang juga tidak boleh ketinggalan saat mencari oleh-oleh. Kerupuk ini terbuat dari udang atau ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti tepung tapioka, bawang putih dan bumbu-bumbu. Kerupuk Palembang memiliki rasa yang renyah dan gurih, cocok dijadikan camilan saat perjalanan pulang.

4. Model

Nah, buat kamu yang lagi cari oleh-oleh khas Palembang yang manis dan lembut, bisa cobain Model, makanan ringan yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut. Model biasanya dijual dalam bentuk kotak-kotak kecil dan terlihat seperti cokelat. Rasanya yang manis dan lembut membuat Model jadi pilihan favorit saat ingin membeli oleh-oleh.

5. Kemplang

Kemplang adalah makanan khas Palembang yang super renyah dan gurih. Bahan dasarnya dari ikan tenggiri yang diolah sampai jadi kerupuk, lalu dijemur hingga kering. Walaupun namanya kerupuk, tetapi teksturnya beda banget deh sama kerupuk biasa.

Kemplang ini punya tekstur yang lebih keras dan berwarna cokelat kehitaman. Kalau kamu gigit, rasanya tuh berasa kayak ikan, tapi gurih banget! Enak banget deh buat dijadikan camilan atau oleh-oleh. Kamu bisa beli Kemplang ini di pasar tradisional atau toko oleh-oleh. Ada juga yang jual di pinggir jalan.

6. Lempok Durian

Coba bayangin, kue dengan isi durian legit yang super enak dan bikin nagih. Yup, itu dia Lempok Durian. Jadi, makanan ini terbuat dari tepung ketan dicampur dengan durian yang telah dikukus dan dihaluskan. Kemudian, campuran durian tersebut diaduk hingga rata dan dicetak seperti lapisan-lapisan tipis. Setelah itu, Lempok Durian dikukus hingga matang dan siap dihidangkan.

Soal rasa, dijamin bikin kamu ketagihan deh! Isian durian legit yang manis dan lembut, dipadu dengan tekstur ketan kenyal dan gurih, benar-benar mampu memanjakan lidahmu.

7.  Kue Maksuba

Kamu pernah dengar Kue Maksuba dari Palembang? Nah, ini nih salah satu oleh-oleh yang wajib banget dicoba kalau lagi jalan-jalan ke sana. Kue Maksuba terbuat dari bahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan gula merah. Kue ini dibentuk seperti laba-laba kecil dan dikukus hingga matang. Setelah matang, Kue Maksuba biasanya diberi taburan kelapa parut sebagai hiasan.

Rasanya yang manis dan lembut, membuat Kue Maksuba cocok banget untuk dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh. Kalau kamu suka manis dan gurih, jangan sampai melewatkan Kue Maksuba ini ya! Kamu bisa temukan Kue Maksuba ini di toko oleh-oleh di Palembang atau di pasar tradisional.

8. Kue Ku

Kue Ku terbuat dari campuran tepung ketan, gula dan air. Adonan tersebut lalu dibentuk menjadi bulat pipih dengan lubang di tengahnya seperti cincin. Selanjutnya, kue ini digoreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Rasa dari Kue Ku ini sangat khas, yaitu manis dan gurih. Teksturnya yang renyah dan empuk saat digigit membuat Kue Ku cocok dijadikan oleh-oleh atau camilan saat bepergian. Meskipun Kue Ku dibuat dari bahan-bahan sederhana, tetapi proses pembuatannya cukup rumit dan membutuhkan ketelitian.

Nah, itu tadi beberapa pilihan oleh-oleh khas Palembang yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Kalau tidak sempat mampir ke toko oleh-oleh, kamu masih bisa dapetin beberapa barang itu di Bandara Internasional Radin Inten II loh.

Yuk persiapkan liburanmu dengan mudah dan murah, pesan tiket pesawat ke Palembang di Traveloka!

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "8 Oleh-oleh Khas Palembang, Rasanya Maknyus Bikin Ketagihan!"

  1. Duh tiba-tiba jadi pengin pempek, tapi di sini jarang ada. Memang soal makanan khas Palembang enggak bisa ditolak, tekwan juga enak. Selebihnya belum tahu rasanya, jadi pengin nyoba ke sana langsung. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus