Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Memotivasi Diri? Coba Deh Tonton 10 Film Bertema Motivasi ini!

Nonton film memang sangat menyenangkan. Apalagi jika nontonnya bareng teman atau keluarga, tentu akan lebih seru lagi. Setiap tahunnya, biasanya akan selalu muncul film-film baru dari berbagai genre, mulai dari aksi, drama, komedi dan lain sebagainya. Heemmm, saking banyaknya pilihan, terkadang membuat kamu bingung mau nonton film apa bukan?

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang ingin nonton film, tapi mungkin bosan dengan genre film yang itu-itu saja, bolehlah sekali-kali mencoba nonton film bertemakan motivasi. Siapa tahu saja setelah nonton film motivasi, kamu bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi baru untuk meningkatkan kualitas hidup ke arah yang lebih baik lagi.

Yes, menonton film yang sarat akan pesan positif di dalamnya, mampu membangkitkan semangat dalam diri kamu untuk menemukan aktivitas positif baru, cita-cita baru, harapan baru hingga memperbaiki masalah hidup yang mungkin saja sedang kamu alami saat ini.

Berikut adalah 10 film bertema motivasi yang wajib banget kamu tonton agar bisa membantu memperbaiki masalah yang sedang kamu hadapi :

1. The Pursuit of Happiness

Film ini diangkat dari kisah nyata yang dimainkan oleh Will Smith yang berperan sebagai Chris Gardner, seorang pengusaha yang telah bangkrut dan mencoba untuk bangkit kembali menjadi broker demi memberikan kehidupan yang lebih baik untuk putra semata wayangnya. Meski dalam keadaan miskin dan hampir tidak memiliki apa-apa, ia terus berusaha bangkit menjadi broker yang sukses.

Film Pursuit of Happiness

Film ini mengajarkan kita untuk belajar tentang arti tidak pantang menyerah dalam menghadapi situasi apapun. Tidak hanya itu saja, kita juga akan mendapatkan pelajaran penting, bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha dengan kuat dan gigih serta bersabar.

2. Silver Spoon

Beralih ke film produksi negeri sakura, Jepang, film ini mengisahkan tentang sekelompok anak SMU kaya yang manja dan dibesarkan di kota. Untuk kepentingan praktik sekolahnya (jurusan pertanian), mau tidak mau mereka pun harus pergi ke sebuah desa.

Film Jepang Silver Spoon

Melalui film ini, kamu akan melihat tentang bagaimana kehidupan di desa yang penuh dengan kedamaian, seberapa menyenangkannya tinggal di desa hingga seberapa penting arti kerja sama dalm sebuah team. Film ini juga memberikan pelajaran tentang indahnya persahabatan dan kekeluargaan.

3. Eat, Pray and Love

Film ini sering direkomendasikan bagi para wanita yang sedang mengalami banyak masalah dalam hal percintaan sekaligus karir. Film ini juga sangat bagus untuk memotiviasi dan memperbaiki masalah yang hadir, agar tetap semangat dalam mencari kebahagiaan hidup. 

Film Eat, Pray and Love

Eat, Pray and Love diperankan oleh Julia Roberts yang gagal mempertahankan pernikahannya, karena tidak bisa hamil. Ia mengalami stress luar biasa dan memutuskan untuk mencari jati dirinya yang baru dengan cara traveling ke beberapa negara. Film ini sempat heboh di Indonesia, karena pernah syuting di Bali.

4. Haji Backpacker

Alur cerita film ini tidak berbeda jauh dengan film di atas, di mana si pemeran utama pria (Abimana) berhasil menemukan kedamaian hidup karena telah berhasil mendekatkan diri ke Tuhan dan menemukan indahnya ajaran Islam. Sementara dalam film Eat, Pray and Love si pemeran utama wanita berhasil menemukan cinta sejati.

Film Haji Backpacker

Diceritakan bahwa si pria mengalami stress dan patah hati karena telah gagal menikah akibat sang mempelai wanita (Dewi Sandra) yang tiba-tiba kabur di tengah acara pernikahan. Sang pria pun pergi dari rumah tanpa tujuan dan marah kepada Tuhan. Semakin lama, ia pun semakin jauh dari Tuhan dan ajaran agamanya.

Pemuda itu pun melewati hari-harinya dengan penuh rasa cemas, bahkan sering dihantui mimpi buruk dalam tidurnya. Kejadian buruk yang telah dilaluinya, menyadarkan pemuda tersebut, bahwasanya ia tetap mendapatkan perlindungan dari Tuhan. Film ini mengambil lokasi di tujuh negara, yakni, Thailand, Vietnam, China, India, Tibet, Nepal, Iran dan Arab Saudi.

5. Uncorked

Film yang satu ini akan mengajarkanmu arti berjuang untuk meraih impian meski harus menghadapi berbagai tantangan, bahkan dari keluargamu sendiri. Film Uncorked mampu memotivasi kamu untuk berani mengambil keputusan dalam menggapai impian dan masa depanmu.

Film Motivasi Diri Uncorked

Diceritakan seorang pria bernama Elijah (Mamoudou Athie), menolak meneruskan bisnis restoran keluarganya. Ia lebih memilih untuk menggapai cita-citanya sebagai master sommelier. Provesi ini adalah provesi level tertinggi sebagai seorang wine expert.

6. The Intern

Bagi kamu yang saat ini butuh motivasi seputar karir, kayaknya film ini bakalan cocok deh. Diceritakan Ben Whittaker (Robert De Niro) yang bosan menjalani hidup sebagai seorang pensiunan, lalu memutuskan untuk bekerja sebagai intern (pegawai magang) di salah satu perusahaan startup.

Film Motivasi The Intern

Di pekerjaan barunya ini, Ben banyak mempelajari hal baru dalam dunia bisnis dan teknologi. Bekerja dan berbisnis memang tidaklah mudah, karena pastinya akan menyita banyak waktu. Namun, usia yang sudah tua bukan lagi menjadi alasan untuk berhenti bekerja. Bahkan dengan bekerja pun kita tetap dapat memberikan manfaat bagi orang banyak.

7. Miracle in Cell Number 7

Film Korea yang satu ini sempat populer dan juga telah muncul film yang sama untuk versi Indonesia. Film ini akan mengajarkan kamu tentang kasih sayang yang begitu besar antara seorang ayah dan anak dan juga mengajarkan betapa indahnya persahabatan yang terjalin di sebuah penjara di Korea Selatan.

Miracle in Cell Number 7

Miracle in Cell Number 7 menceritakan tentang seorang ayah bernama Lee Yong-Gu yang sedikit memiliki cacat mental menjadi tersangka pelecehan dan pembunuhan terhadap anak gadis seorang komisaris besar di kepolisian Seoul. Teman-teman Yong-Gu di penjara membela dirinya di pengadilan agar Yong-Gu bisa terlepas dan bebas dari tuduhan.

8. Uncut Gems

Film bertema dark comedy ini diperankan oleh aktor kawakan Adam Sandler. Diceritakan bahwa ia berperan sebagai penual perhiasan yang sedang terlilit utang. Namun ia harus mendapatkan batu mulia yang ia beli untukbisa membayar utangnya hingga lunas.

Film Motivasi Uncut Gems

Dalam film ini, kamu akan menyaksikan perjuangan Adam Sandler dalam mempertahankan yang dimilikinya dengan memanfaatkan skill dan seluruh kemampuannya. Film yang satu ini dianggap bakalan cocok bagi kamu yang sedang membutuhkan motivasi ketika sedang dalam masa sulit.

9. Imperfect

Film Motivasi Imperfect

Dunia kerja memang penuh dengan liku-liku. Rintangan bisa datang dari mana saja, entah dari atasan ataupun dari rekan-rekan kerja. Hal inilah yang dialami oleh Rara (Jessica Mila) yang memiliki badan gemuk dan berkulit sawo matang. Ia kerap mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari rekan-rekan kantornya. Meski begitu, ia tetap mencintai pekerjaannya dan memiliki kekasih, Dika (Reza Rahadian) yang mencintainya apa adanya.

10. Crip Camp

Crip Camp merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang diproduseri oleh Barrack dan Michelle Obama. Film dokumenter yang satu ini mengikashkan sebuah kamp musim panas khusus orang dengan disabilitas yang dibina oleh kaum Hippies. Saat itu, penyandang disabilitas masih dianggap sebagai sampah masyarakat.

Film Crip Camp

Untuk mewujudkan hak-hak bagi penyandang disabilitas, anggota kamp tersebut melakukan sebuah perubahan besar. Langkah yang dilakukan oleh para anggota kamp ini mengajarkan bahwa penyandang disabilitas tetap sebagai manusia seutuhnya. Lewat film ini, kamu akan belajar lebih banyak bersyukur atas setiap pencapaian yang telah kamu peroleh dan apa yang telah kamu perolah selama ini di dalam hidupmu.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Ingin Memotivasi Diri? Coba Deh Tonton 10 Film Bertema Motivasi ini!"

  1. Pernah nonton Miracle In Cell Number 7 sama Imperfect memang film-film ini sangat memotivasi. Miracle In Cell bikin nangis apalagi versi Indonesianya. Film yang lain bisa ditonton pas weekend, nih. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus