Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran Agar Dompet Tetap Aman

Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran

Setelah menghabiskan banyak pengeluaran untuk kegiatan halalbihalal, kita musti kembali kepada realita untuk mempersiapkan pengeluaran berikutnya. Setiap selesai menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, umat Muslim merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh sukacita. Umat Muslim juga saling memaafkan segala kesalahan satu sama lainnya. Sebagian besar masyarakat yang merantau di kota besar, banyak yang merayakan lebaran di kampung halamannya.

Setelah lebaran usai, umat Muslim kembali menjalani aktivitas seperti biasa. Bagi karyawan, akan kembali bekerja untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi biasanya pengeluaran saat lebaran biasanya cukup besar. Sementara bagi yang berbisnis, akan mulai menerapkan strategi bisnis baru untuk meningkatkan penjualan.

Pengeluaran Meningkat Selama Bulan Puasa Hingga Lebaran Usai

Sudah bukan rahasia lagi, jika selama bulan puasa hingga lebaran usai, jumlah pengeluaran juga meningkat. Seperti kita ketahui, setiap menjelang bulan suci Ramadhan, biasanya harga beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan, misalnya saja telur ataupun minyak goreng. Namun, namanya kebutuhan pokok, mau tidak mau, kita tetap harus membelinya. 

Apalagi tidak sedikit dari kita yang lebih banyak mengolah menu berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Hal ini tentu saja membuat pengeluaran bulanan menjadi membengkak.

Ditambah lagi kebutuhan menjelang lebaran, seperti membayar zakat fitrah, biaya mudik hingga membeli baju baru. Fenomena menjelang lebaran seperti ini memang sudah menjadi tradisi di masyarakat kita.

Kelola Keuangan Pasca Lebaran Agar Isi Dompet Tetap Aman

Momen lebaran membuat pengeluaran meningkat dari biasanya. Bahkan tidak jarang ada juga yang kewalahan mengatur keuangan pasca lebaran, karena memang minimnya persiapan yang dilakukan. 

Agar kejadian serupa tidak menimpa Anda, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, salah satunya adalah mengatur keuangan pasca lebaran. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan :

1. Periksa kembali seluruh pengeluaran

Cara mengatur keuangan pasca lebaran yang pertama adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh pengeluaran. Periksa lagi pengeluaran mana saja yang sifatnya penting dan tidak penting. Jika sekiranya ada pengeluaran yang tidak begitu penting, sebaiknya coret saja dari daftar pengeluaran rutin. Uangnya bisa Anda alokasikan untuk cover biaya lainnya, misalnya saja biaya langganan Wi-Fi untuk internet cepat.

2. Segera lunasi utang

Jika Anda terlanjur berutang atau menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran, maka kini saatnya Anda segera melunasi utang-utang tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terbebas dari utang. Selain itu juga agar rencana keuangan bisa berjalan dengan sehat.

3. Mulai menabung lagi

Mungkin saja Anda jor-joran untuk mengeluarkan banyak uang setiap momen lebaran tiba. Hal ini memang tidak bisa dihindari. Namun, Anda masih bisa meminimalisir pengeluaran bukan? Agar keuangan Anda kembali sehat, segera susun rencana keuangan dengan cara menabung. Sisihkan setiap pendapatan yang Anda dapatkan secara rutin, agar tabungan semakin bertambah.

4. Pertimbangkan untuk berinvestasi

Cara mengatur keuangan pasca lebaran yang juga bisa Anda terapkan adalah mulai berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik. Sama halnya dengan menabung, investasi juga butuh uang untuk Anda sisihkan dari setiap pendapatan. Hitung dengan cermat setiap uang yang Anda dapatkan, sehingga proses investasi tidak menggangu rencana keuangan.

5. Hindari pengeluaran yang tidak perlu

Dengan menghindari pengeluaran yang dianggap tidak perlu, maka Anda bisa saving cost dari seluruh pengeluaran rutin yang Anda lakukan. Kurangi dulu hangout bersama teman di cafe. Atau kurangi belanja online yang tidak terlalu penting. 

Untuk pengeluaran biaya langganan Wi-Fi internet cepat, hal ini masih bisa dimaklumi, karena internet adalah kebutuhan setiap individu.

Belajar Mengelola Keuangan dengan Berlangganan Internet Cepat

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar mengelola keuangan, termasuk mengatur keuangan pasca lebaran. Anda bisa mengikuti kursus online melalui berbagai platform atau aplikasi. Atau Anda juga bisa menonton video-video lewat tayangan YouTube.

Belajar Mengelola Keuangan Lewat Internet

Namun, untuk menonton video ataupun belajar kursus online, tentu saja membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Jika masih mengandalkan kuota internet biasa, maka akan cepat habis. Anda pun harus membeli lagi. Cara ini justru membuat pengeluaran jadi lebih boros.

Nah, solusinya adalah Anda bisa berlangganan internet dengan memasang Wi-Fi di rumah dari salah satu provider layanan internet milik perusahaan Telkom Indonesia, yakni IndiHome. IndiHome memang dikenal sebagai penyedia layanan internet yang stabil dan lancar untuk keluarga Indonesia. Apalagi momen sebelum lebaran, kebutuhan akan internet cepat dan stabil semakin tinggi. 

Ada begitu banyak aktivitas online yang biasanya dilakukan masyarakat ketika menyambut bulan puasa hingga momen lebaran tiba. Misalnya saja, menonton tayangan sejarah Islam ataupun tayangan religi melalui YouTube, atau melihat berbagai menu sahur dan buka puasa melalui video di YouTube hingga menghubungi keluarga dan kerabat yang jauh melalui video call.

Berlangganan Internet dari IndiHome untuk Meningkatkan Produktivitas

Semenjak berlangganan Wi-Fi dari IndiHome, saya juga lebih banyak menghabiskan waktu saat libur kerja (ngabuburit) untuk streaming film-film sejarah Islam. Selain itu juga suka banget menonton tayangan religi dari berbagai negara-negara Islam di dunia. Rutinitas ini bisa menambah wawasan khazanah seputar dunia Islam.

Nonton YouTube Lewat indiHome

Berbeda ketika saya belum berlangganan internet, dan masih mengandalkan kuota internet biasa, saya jarang streaming film. Biasanya membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit jika ingin nonton film. 

Tidak ada ruginya deh kalau berlangganan internet cepat dan stabil dari IndiHome. Saya bisa memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif, seperti bekerja dari rumah, belajar online untuk anak-anak, menonton ragam video yang bermanfaat dari YouTube ataupun membuat konten untuk media sosial serta blog yang saya kelola.

IndiHome sebagai internet provider, mampu menghadirkan koneksi internet yang lancar dan stabil, produktivitas akan tetap terjaga dengan baik. Kreativitas pun tetap berjalan dengan lancar. Yuk, manfaatkan internet untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat, agar kualitas hidup jadi lebih meningkat.

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Pasca Lebaran Agar Dompet Tetap Aman"

  1. keresahan dewasa sejak jaman bahula.. tidak hanya diri yang kembali fitri, dompet pun kembali suci.

    BalasHapus
  2. Mengatur keuangan pasca lebaran memang tidak mudah ya kang, sebab biasanya kita banyak pengeluaran tak terduga. Penting banget untuk bisa memenej keuangan agar tidak menimbulkan masalah saat butuh dana penting setelah lebaran usai.

    BalasHapus