Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan dan Contohnya

Mengenal Jenis Strategi Pemasaran

Sukses atau tidaknya suatu bisnis, biasanya sangat dipengaruhi oleh pemasaran. Semakin baik strategi pemasaran yang diterapkan, maka akan memberikan dampak yang besar untuk perkembangan bisnis. Begitu juga sebaliknya. Inilah mengapa strategi pemasaran menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bisnis.

Strategi pemasaran dianggap sebagai hal yang sangat esensial bagi para pelaku bisnis. Strategi inilah yang akan membantu bisnis mendapatkan keuntungan yang maksimal jika dilakukan secara tepat dan terstruktur. Strategi perlu dipersiapkan secara matang dan telah melalui analisis terlebih dulu.

Pengertian Strategi Pemasaran

Dengan penerapan strategi pemasaran yang terstruktur dengan baik, perusahaan akan mencapai tujuannya, yakni mendapatkan keuntungan atau laba sesuai dengan target. 

Berikut ada beberapa pendapat mengenai definisi strategi pemasaran menurut para ahli, di antaranya : 

1. Philip Kotler

Strategi pemasaran adalah suatu teknik pemasaran dengan mengadakan kegiatan untuk mencapai pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan melalui kegiatan penjualan pada level marketing mix.

2. Christian Homburg

Menurut beliau, strategi pemasaran merupakan suatu cara yang dilakukan perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam bidang pemasaran. Upaya tersebut berjalan dengan melalui analisis pada situasi awal strategi perusahaan dan melalui kegiatan evaluasi serta pemilihan strategi untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri.

3. Paul dan Guiltinan

Paul dan Guiltinan mengemukakan bahwa strategi pemasaran merupakan sebuah pola pikir dalam mengembangkan bisnis. Teknik yang biasanya dilakukan yaitu menyatukan segmen pasar, bauran pemasaran, posisi, sasaran dan masih banyak lagi.

Mengenal Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Berikut terdapat beberapa jenis strategi pemasaran dan contohnya yang wajib diketahui bagi para pelaku bisnis :

1. Direct selling

Jenis strategi pemasaran yang satu ini dilakukan dengan cara penjual akan menjual produk secara langsung kepada konsumen. 

Biasanya proses penjualan produk tidak dilakukan melalui toko retail, melainkan dengan cara door-to-door atau menemui konsumen secara langsung. Anda akan mendatangi langsung rumah-rumah konsumen sesuai target pasar.

Cara ini dinilai tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan cocok untuk bisnis yang tidak terlalu besar, karena Anda sebagai pemasar akan mengandalkan kemampuan persuasif dalam menawarkan produk. 

Kekurangan direct selling adalah marketer atau pemasar akan merasa cepat lelah, karena harus berkeliling menemui konsumen. Selain itu, ada sebagian masyarakat atau konsumen yang merasa kurang nyaman, karena seperti dipaksa untuk membeli produk yang dijual.

2. Earned media

Cara pemasaran produk yang kedua berbeda dengan yang pertama, yaitu dilakukan secara tidak langsung. Hal esensi yang dilakukan adalah dengan membangun hubungan yang baik dan kepercayaan dengan masyarakat.

Pemasar perlu membangun brand dan membentuk image yang baik melalui media sosial, karena hampir sebagian masyarakat memiliki akun di beberapa media sosial. Sehingga cara ini dinilai cukup efektif untuk membantu meningkatkan bisnis.

3. Internet marketing

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah internet marketing bukan? Internet marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer dan sering diterapkan oleh banyak pelaku bisnis pada saat ini.

Jenis strategi pemasaran yang satu ini mengandalkan media sosial yang biasa digunakan oleh masyarakat, mulai dari Facebook, Instagram, website, email marketing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alangkah lebih baik jika Anda mampu membuat konten yang unik, menarik dan bebas dari hak cipta. Masyarakat sangat menyukai konten-konten yang menarik sekaligus menghibur. Hindari untuk membuat konten yang asal-asalan.

4. Point of purchase

Jenis strategi pemasaran Point of Purchase (POP) adalah dengan cara menempatkan material marketing atau iklan di dekat produk yang dipasarkan. Jika Anda memiliki toko retail yang menjual berbagai macam produk, maka strategi POP ini dinilai sangat cocok.

Buatlah desain yang menarik dan tempatkan di tempat yang dianggap strategis, misalnya di dekat pintu masuk dan pintu keluar atau bisa juga di dekat kasir.

Menurut sebuah penelitian, sekitar 64 persen orang yang datang ke toko retail, masih belum menentukan produk apa yang akan dibeli. Nah, inilah kesempatan Anda sebagai penjual untuk mengarahkan konsumen untuk membeli produk Anda.

Ciptakan komunikasi yang baik secara persuasif, serta kerahkan semua product knowledge agar calon konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. 

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran untuk Membantu Meningkatkan Bisnis

Seorang rekan kerja belum lama ini membuka usaha cafe kecil-kecilan di wilayah Cipete, Jakarta Selatan. Lokasinya pun cukup strategis, tidak jauh dari Pasar Cipete.

Dia sengaja memilih usaha coffee shop, karena hasilnya dianggap cukup menjanjikan. Apalagi saat ini banyak anak muda yang menggemari ngopi sambil nongkrong santai. 

Untuk membantu meningkatkan bisnis cafenya, dia mencoba menerapkan beberapa strategi pemasaran semampunya. Mulai dari mempromosikan bisnis melalui media sosial, memasang banner promo menarik di depan toko hingga promosi lewat mulut ke mulut.

Langkah yang dilakukan memang cukup efektif, meski harus terus ditingkatkan lagi. Banyak teman yang datang ke cafe untuk ngopi. Selain itu juga tidak sedikit masyarakat tertarik dengan promo yang ditawarkan.

Aplikasi Kasir iReap untuk Bisnis

Strategi pemasaran sudah diterapkan, sekarang kita ngomongin soal tools yang akan membantu memudahkan operasional bisnis Anda, yaitu aplikasi kasir iReap.

Suatu bisnis atau usaha rasanya kurang afdol jika tidak dilengkapi dengan business tools untuk menjalani usaha, seperti aplikasi kasir.

iReap atau Integrated Retail Application merupakan aplikasi yang akan membantu memudahkan operasional suatu toko, mulai dari mencatat transaksi penjualan, mengontrol stok barang, mencetak bukti transaksi hingga menyusun laporan keuangan.

Aplikasi Kasir iReap

iReap menjadi aplikasi Android terbaik sebagai solusi untuk bisnis atau toko Anda, mulai dari bisnis warung makan, cafe, restoran, ritel, warung kelontong, fashion, profesional service, usaha distribusi, salon, bengkel, klinik hingga spa.

Dengan menggunakan aplikasi kasir iReap, Anda dapat membuat laporan transaksi secara real time, kapan saja dan dari mana saja. Sehingga analisis keuangan toko menjadi lebih akurat dan minim kesalahan pencatatan transaksi.

Anda dapat melakukan banyak aktivitas finansial, seperti mencatat seluruh transaksi, penerimaan barang hingga penjualan eceran. Transaksi dapat dicatat, baik secara online maupun offline.

QRIS Metode Pembayaran untuk Aplikasi Kasir iReap

Seluruh pencatatan akan tersimpan secara otomatis melalui cloud saat terhubung dengan koneksi internet, baik dari dashboard web maupun aplikasi mobile. 

Namun jika tidak ada koneksi internet, maka transaksi akan tersimpan sementara dan otomatis tersinkronisasi kembali ketika ada koneksi internet, sehingga tidak ada kendala bisnis yang signifikan.

Perbedaan Aplikasi Kasir iReap Versi Lite dan Versi Pro

Aplikasi kasir iReap sendiri tersedia dalam 2 versi, yaitu iReap Lite dan iReap Pro.

Aplikasi iReap Lite lebih cocok digunakan untuk bisnis UMKM skala mikro, seperti bengkel, laundry, cafe, warung makan, toko kelontong, toko baju, toko alat tulis kantor, restoran hingga bisnis online. Versi Lite hanya tersedia di platform mobile (Android) saja.

Sementara untuk versi Pro, cocok digunakan untuk bisnis skala makro dan terdapat beberapa fitur tambahan, seperti real-time reporting, cloud database, transfer barang antar toko, invoicing management, multi-user hingga absensi karyawan.

iReap Pro telah tersedia, baik untuk versi mobile (Android) maupun desktop. Jika Anda tertarik untuk menggunakan versi Pro, Anda perlu merogoh kocek untuk berlangganan sebesar Rp 99.000 / bulan dan Rp 41.667 / bulan jika dibayar tahunan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir iReap

Aplikasi kasir iReap menjadi solusi baru bagi para pebisnis, baik level mikro hingga level makro. Aplikasi ini bahkan telah digunakan lebih dari 400.000 pebisnis di lebih dari 100 negara.

Banyak pebisnis yang mengandalkan aplikasi kasir untuk membantu memudahkan pencatatan transaksi keuangan. Apalagi jika toko sangat ramai, menggunakan aplikasi kasir iReap adalah suatu keharusan.

Aplikasi Kasir yang Bagus

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan aplikasi kasir iReap :

  • Pencatatan transaksi bisa dilakukan secara online dan offline
  • Dapat diakses melalui web maupun mobile
  • Tersedia beragam metode pembayaran
  • Tersedia fitur pencatatan keuangan yang cukup lengkap
  • Tersedia versi lite dan versi pro sesuai kebutuhan
  • Efisiensi waktu dan tenaga

Konklusi

Bagi Anda para pelaku bisnis, menerapkan strategi pemasaran saja dirasa kurang. Ada baiknya juga menyiapkan business tools, seperti aplikasi kasir iReap yang dapat membantu operasional bisnis berjalan dengan baik.

Aplikasi kasir memang sangat bermanfaat untuk memudahkan mencatat transaksi harian. Selain itu juga untuk meminimalisir kesalahan dalam pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual.

Sebagai rekomendasi, maka Aplikasi kasir iReap adalah solusi yang tepat untuk bisnis Anda.

Yuk, bagi yang sudah menerapkan strategi pemasaran untuk bisnisnya, tinggalkan cara transaksi manual, segera beralih ke transaksi keuangan secara digital bersama Aplikasi Kasir iReap.

Semoga bermanfaat.

20 komentar untuk "Mengenal Jenis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan dan Contohnya"

  1. Semua strategi pemasaran diatas wajib banget dijalankan oleh para pebisnis, mengingat sekarang ini dunia bisnis semakin ketat persaingannya. untuk pebisnis pemula, bisa tuh pakai strategi direct selling, kalaupun berat, bisa dicoba strategi dari mulut ke mulut.

    Dan aplikasi kasir iReap ini juga cukup bagus untuk bantu me-manage bisnis jadi lebih mudah dan efisien. jadi kita bisa lebih fokus dalam menjalankan strategi pemasaran, karena urusan manage bisnis sudah terstruktur rapi di aplikasi kasir iReap ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, harus konsisten menerapkan strategi pemasaran yang terstruktur biar mampu bersaing di pasaran.

      Hapus
    2. Nah iya, konsistensi dalam bisnis itu perlu banget. Apalagi konsistensi diimbangi dengan inovasi, beuuhh bisnis jadi cepat berkembang.

      Hapus
    3. Siap noted hu. Konsistensi memang wajib diterapkan agar membuka jalan sukses

      Hapus
  2. Di era maraknya bisnis online tentunya banyak persaingan bisnis di berbagai platform digital. Dalam hal ini perlu adanya strategi pemasaran termasuk digital marketing yang mulai banyak dipelajari sekarang. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  3. Pentingnya strategi pemasaran bagi pelaku bisnis memang tak bisa dipungkiri lagi ya, kang. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik, diharapkan bisnis makin berkembang sesuai harapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang betul banget. Strategi pemasaran yang tepat, bisa memengaruhi perkembangan bisnis ke depannya. Sehingga bisa sesuai harapan dan tujuan perusahaan

      Hapus
  4. Wah mata kuliahku banget ini mah heeehe. Btw asik juga aplikasi kasirnya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew, berarti anak bisnis dan keuangan nih. Materinya bakalan cocok

      Hapus
  5. 3 dari 4 jenis pemasaran sudah saya lakukan untuk jualan martabak dan jasa backlink... tinggal pakai aplikasi yg belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat menggunakan aplikasi untuk bisnisnya Mas Dwi.

      Hapus
  6. Segala jenis bisnis itu memang fokusnya bukan cuma jualan dan jualan terus ya, Mas. Tapi kekmana caranya supaya bisnis makin hari bisa makin meningkat dan bisa bertahan dalam kondisi apa pun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah maka dari itu perlu banget yang namanya pemasaran atau promo untuk meningkatkan bisnis. Biar jualan semakin laris manis

      Hapus
  7. Wah...baru tahu loh, ternyata strategi pemasaran banyak pilihannya. Aku tahunya internet marketing doang. Bagus juga menerapkan berbagai strategi tersebut dilengkapi dengan aplikasi iReap, jadi semua tercatat dengan baik. Apalagi bisa sebagai aplikasi kasir juga...Mantap iReap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis strategi pemasaran memang beragam, tinggal kitanya aja mau menerapkan strategi yang mana. Nggak cukup hanya strategi aja, kudu diimbangi dengan business tools juga dong

      Hapus
  8. Tak hany apromosi gencar, tools bisnis juga penting. karena bisa membuat owner tahu sampai di mana bisnisnya, apa yang dibutuhkan dan strategi terdekatnya apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul banget, business tools bisa memantau perkembangan bisnis, jadi owner bisa lebih mudah untuk ambil keputusan bisnis ke depannya

      Hapus
  9. banyak ya manfaat aplikasi ireap ini, banyak membantu pelaku usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus