Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Cat Pelapis Anti Bocor (Waterproof) untuk Mengatasi Kebocoran Paling Ampuh

Cat Pelapis Anti Bocor Avian Brands

Curah hujan yang cukup tinggi, menyebabkan ada beberapa bagian rumah yang mengalami kerusakan lebih cepat, misalnya saja dak atap rumah dan dinding. Kondisi ini diperparah pada minimnya penggunaan cat pelapis anti bocor (waterproof) atau bahkan parahnya lagi tidak dilapisi sama sekali. Padahal kerusakan pada bagian tersebut membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Dak atau atap rumah hingga dinding merupakan area yang paling sering terpapar langsung dengan panas dan hujan. Keduanya juga merupakan bagian rumah yang paling membutuhkan perlindungan maksimal. 

Tidak sedikit pemilik rumah yang mengabaikan penggunaan cat pelapis anti bocor pada bagian vital tersebut. Padahal biaya atau anggaran yang digunakan terbilang kecil, akan tetapi memberikan dampak positif jangka panjang, yaitu mampu meningkatkan ketahanan rumah sekaligus memberikan perlindungan bagi penghuni rumah.

Namun pemilik rumah harus lebih selektif lagi dan mengutamakan kualitas sebelum membeli cat waterproof. Langkah ini perlu dilakukan agar nantinya akan memberikan perlindungan rumah yang maksimal, sehingga mampu mengatasi dan meminimalisir kebocoran dan rembesan.

Apa Itu Cat Pelapis Anti Bocor?

Cat waterproof adalah cat yang biasa digunakan untuk perbaikan beton yang bocor, terutama di area dak bangunan, dinding, kolam renang dan bagian lainnya.

Penggunaannya dengan cara melapisi bagian permukaan beton yang retak atau bocor. Gunakan sebuah kuas atau paint roller untuk mengaplikasikan cat waterproof pada permukaan beton. Lapisi bagian yang bocor hingga tertutupi dengan sempurna, sehingga diyakini tidak ada lagi bagian yang bocor.

Tips Memilih Cat Pelapis Anti Bocor (Cat Waterproof)

Cat pelapis anti bocor tersedia di berbagai toko bangunan di dekat rumah Anda. Harganya pun bervariasi, sesuai dengan ukuran kemasan yang dijual. Untuk ukuran 1 kg harganya sekitar 50 ribuan. Hingga yang ukuran 4 kg sekitar 200 ribuan. 

Cat Anti Bocor dan Anti Jamur

Untuk menekan biaya pengeluaran agar lebih efisien, ada baiknya perhatikan dengan teliti tingkat kerusakan pada tembok atau beton. Selanjutnya Anda bisa membeli cat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Anggaran yang dikeluarkan jadi lebih terkontrol dengan baik.

Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih cat pelapis anti bocor :

1. Perhatikan ukuran beton yang mengalami keretakan

Sebelum membeli cat waterproof, sebaiknya perhatikan dengan seksama seberapa rusak keretakan pada beton. Hal ini dilakukan agar penggunaan cat pelapis anti bocor bisa lebih efisien, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan tidak mubazir.

Jika keretakannya relatif besar, Anda bisa menambahkan bahan lainnya, seperti semen berkemampuan rekat tinggi atau lapisan aditif bonding adhesive agent. Namun jika tingkat keretakannya tidak terlalu besar, cukup hanya gunakan cat pelapis anti bocor saja.

2. Pelajari cara mengaplikasikan cat pelapis anti bocor

Jika Anda ingin memperbaiki sendiri bagian yang bocor, sebaiknya baca dengan teliti tentang penggunaan cat pelapis anti bocor sebelum menggunakannya. Mungkin saja setiap produk menyarankan prosedur yang berbeda-beda dalam memperbaiki beton yang bocor. Anda juga bisa menyerahkannya kepada tukang yang lebih ahli.

Sebelum menggunakannya, pastikan terlebih dulu untuk membersihkan bagian beton yang akan ditambal dari debu dan jamur, agar waterproofing coating dapat bekerja secara optimal. Sehingga hasilnya akan benar-benar maksimal dan kebocoran bisa ditutupi tanpa ada drama bocor di kemudian hari.

3. Kenali jenis cat pelapis anti bocor 

Meski Anda bukan seorang tukang, ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis cat pelapis anti bocor. Di pasaran sendiri, terdapat tiga macam waterproofing coating yang bisa Anda pilih, sebagai berikut :

  • Pelapis tipe styrene acrylic

Tipe cat ini memiliki daya rekat serta ketahanan yang tinggi, karena umumnya dibuat dari bahan styrene acrylic. Harganya memang lebih mahal, tetapi bagi Anda yang menginginkan kekuatan daya rekat yang baik, maka produk cat tipe ini sangat layak digunakan.

  • Pelapis tipe membrane

Pada cat tipe ini cenderung mengandung minyak dan tampak seperti aspal. Harganya lebih murah dan bentuknya bukan cairan, melainkan lembaran yang mengandung zat perekat serta polyester.

  • Pelapis tipe cementius

Tipe cat waterproof yang ini lebih ekonomis serta mengandung dua bahan aditif, yakni semen dan bonding adhesive agent. Cukup sapukan saja pada permukaan beton yang bocor lebih dari sekali dengan arah sapuan yang berlawanan.

4. Pilih cat yang tahan paparan panas matahari

Tips memilih cat pelapis anti bocor berikunya adalah memastikan produk cat waterproof yang Anda pilih memiliki ketahanan yang tinggi terhadap paparan terik matahari. Selain itu juga tahan terhadap cuaca dingin, seperti saat musim hujan.

Pemilihan produk waterproofing coating yang salah, akan memberikan dampak yang buruk terhadap kualitas dak beton atau dinding yang mengalami kebocoran. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

5. Pertimbangkan memilih cat waterproof branded yang tepat

Di pasaran memang beredar banyak brand cat waterproof, tetapi jangan sampai salah memilih. Pilihlah merek cat waterproof yang sudah terbukti ampuh memberikan perlindungan terbaik untuk lapisan beton dan dinding rumah atau bangunan. 

Salah satu merek cat pelapis anti bocor yang ingin Blogmashendra.com rekomendasikan adalah produk Avian Brands. 

Produk pelapis anti bocor untuk beton adalah No Drop yang merupakan cat pelapis anti bocor nomor 1 di Indonesia yang dikenal memiliki sifat elastis, kedap air, anti virus dan bakteri serta lebih tahan cuaca, sehingga mampu melindungi rumah Anda dari kebocoran.

Beberapa keunggulan yang dimilikinya, di antaranya sebagai berikut :

  • Memberikan perlindungan hingga 7 tahun
  • Anti jamur dan lumut
  • Sifat cat bersifat elastis
  • Daya tutup terbaik
  • Warna yang lebih dekoratif
  • Warna tidak mudah pudar
  • Lebih tahan alkali dan efflorescence
  • Lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca
  • Memperbaiki keretakan yang lebih sempurna
  • Kedap air

Produk cat waterproof No Drop tersedia dalam ukuran 1 kg, 4 kg hingga 20 kg. Pilihan warna yang tersedia juga sangat banyak, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Avian Brands sendiri telah menemani perjalanan keluarga Indonesia lebih dari 4 dekade dan menghadirkan ragam produk populer yang bisa dipilih, mulai dari Avian Cat Kayu dan Besi, Avitex Cat Tembok Kebangaan Orang Hebat dan No Drop Cat Pelapis Anti Bocor.

Mengapa Memilih Produk Cat Pelapis Anti Bocor Avian Brands?

Sangat disarankan untuk memilih produk cat waterproof yang bagus dan sudah terbukti benar-benar melindungi tembok dan dak beton dari kebocoran. Salah memilih cat anti bocor, akan berakibat fatal terhadap kebocoran pada rumah atau bangunan. Jika ini terjadi, siap-siap saja Anda harus merogoh kocek untuk melakukan renovasi lagi.

Produk Cat Avian Brands

Avian Brands merupakan produk recommended yang memiliki beberapa keunggulan, misalnya saja : 

  • Efektif melindungi dari virus Corona, serta bakteri patogenik, seperti Mycobacterium tuberculosis (TBC), E.coli, MRSA dan lain sebagainya hingga 99,9 persen
  • Aktif bekerja 24 jam membunuh virus dan bakteri
  • Aman bagi kesehatan
  • Mengantongi sertifikat Green Label Singapore

Berdasarkan hasil uji lab di Analytical Lab Group USA - Laboratorium independen berstandar global untuk Virus Corona, Influenza A (H1N1), Coxsackievirus, serta bakteri E.coli, MRSA, Staphylococcus aureus, Salmonella typhimurium, Listeria monicytogenes, Shigella sp, Pseudomonas aeruginosa, Bacilus subtilis dan Enterococcus faecalis hingga 99,9 persen.

Selanjutnya berdasarkan hasil uji lab di Universitas Airlangga - Tropical Diseases Diagnostic Center untuk Virus Corona, serta bakteri Mycobacterium tuberculosis (TBC) hingga 99,9 persen.

Mampu membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit : Human Corona Virus, flu akut dan gangguan saluran pernapasan, TBC, tifus, penyakit tangan, kaki dan mulut/hand, foot, mouth disease (HFMD), penyakit kulit, diare, sakit perut, artritis pada mata, kulit, telinga, kemih, meningitis, endokarditis, gastroinstestinal dan listeriosis.

Konklusi

Sangat penting untuk memperhatikan kualitas cat pelapis anti bocor sebelum mengaplikasikannya pada rumah Anda. Pada dasarnya, cat anti bocor tidak hanya bekerja sebagai pelapis anti bocor saja, tetapi juga wajib memperhatikan efek samping dari cat tersebut, dan pastinya bebas dari jamur, virus dan bakteri, sehingga aman bagi seluruh penghuni rumah.

Semoga saja artikel mengenai tips memilih cat pelapis anti bocor yang dibagikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua, sekaligus bisa digunakan sebagai referensi bagi Anda yang saat ini memang sedang mencari cat waterproof untuk rumah Anda.

2 komentar untuk "5 Tips Memilih Cat Pelapis Anti Bocor (Waterproof) untuk Mengatasi Kebocoran Paling Ampuh"

  1. Jadi langsung ingat iklan no drop no bocor-bocor, memang cat pelapis anti bocor andalan untuk mengatasi kebocoran di musim hujan seperti sekarang. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul banget, kalo sering bocor, ya sebaiknya pakai cat pelapis anti bocor dong. Terima kasih atas kunjungannya ya Mba

      Hapus