Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pake Jenius, Urusan Menabung Jadi Lebih Mudah

Pengalaman Pake Aplikasi Jenius BTPN

Sudah cukup lama saya pengen punya aplikasi Jenius dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), tapi baru kesampaian sekarang. Saya tahu aplikasi ini dari ulasan teman-teman blogger yang telah lebih dulu menggunakan aplikasi Jenius. Nah melalui tulisan ini, saya ingin review singkat bagaimana pengalaman pake Jenius.

Pentingnya Aplikasi Keuangan Digital untuk Mempermudah Hidup

Namun, sebelum lanjut ke pembahasan tentang aplikasi Jenius, yuk simak dulu, mengapa aplikasi keuangan digital cukup penting.

Di era serba digital saat ini, kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran secara online cukup dari hape saja, misalnya beli token listrik, isi pulsa internet, bayar tagihan, belanja online dan lain sebagainya. 

Aplikasi keuangan digital sangat membantu untuk mempermudah mengatur keuangan sehari-hari ataupun menyusun rencana keuangan.

Sebagai seorang blogger, aplikasi keuangan digital ini penting banget, karena bisa untuk membayar berbagai kebutuhan ngeblog dengan mudah, misalnya membeli template premium, membeli artikel, perpanjang domain atau membayar biaya kursus blogging.

Tanpa pake ribet, saya cukup transaksi saja lewat hape, di mana saja dan kapan saja.

Mengenal Aplikasi Jenius

Nah salah satu aplikasi perbankan serba bisa yang akan mempermudah hidupmu adalah Jenius. Jenius merupakan sebuah aplikasi perbankan digital yang akan membantu memudahkan dalam transaksi digital.

Aplikasi Jenius Aman dan Terpercaya

Jenius kali pertama dikenalkan pada Agustus 2016. Berarti sudah eksis sekitar 5 tahun lebih. Usia yang cukup matang untuk sebuah aplikasi perbankan profesional. 

Aplikasi ini membantu kamu untuk melakukan berbagai aktivitas finansial, mulai dari menabung, transaksi hingga mengatur keuangan. Aplikasi tabungan digital Jenius menyediakan beberapa produk unggulan, mulai dari FLEXI SAVER, DREAM SAVER dan MAXI SAVER dengan suku bunga yang kompetitif.

Menariknya lagi, kamu juga menggunakan aplikasi Jenius untuk melakukan berbagai transaksi digital. Bahkan kamu juga bisa top up saldo dompet digital, seperti GOPAY, OVO, DANA dan LinkAja.

Yang lebih okenya lagi, nasabah bakal mendapatkan kartu ATM dari Jenius berwarna orange. Kartu ATM Jenius akan dikirimkan ke alamat masing-masing. Kamu bisa mengajukan lebih dari satu jenis kartu debit, atau disebut tabungan multi-card yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jenius Itu Aman dan Terpercaya

Kenapa saya pilih Jenius, karena Jenius sendiri merupakan produk perbankan dari Bank BTPN yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), sehingga aman dan terpercaya. 

Keamanan data dan juga dana nasabah, menjadi prioritas utama di Jenius. Apalagi saat ini Jenius telah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan transaksi dan data nasabah tetap aman.

Jenius juga telah menggunakan teknologi berstandar internasional untuk melindungi data nasabah secara berlapis yang diawasi oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Menanggapi kasus penipuan yang menimpa nasabah Jenius belakangan ini, hal ini merupakan kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial atau social engineering, di mana nasabah dimanipulasi untuk melakukan suatu kegitan atau mengungkapkan data rahasia.

Keamanan Berlapis di Jenius

Aplikasi Jenius merupakan salah satu platform yang sangat memperhatikan tingkat keamanan serta kenyamanan nasabahnya. Belakangan ini mungkin kamu mendengar kabar tidak sedap mengenai bocornya data nasabah, tetapi sebagai pengguna Jenius, saya tetap aman-aman saja menggunakan Jenius.

Proses registrasi Jenius memang terkenal ribet, karena harus melalui berbagai otorisasi. Namun langkah ini sangat baik untuk menjaga keamanan data nasabahnya.

Yuk kita lihat, bagaimana Jenius menjaga data nasabah dengan menerapkan keamanan yang sangat ketat dan berlapis berikut ini :

1. Login dengan otorisasi

Untuk bisa login ke akun Jenius kamu, maka kamu wajib memasukkan email dan password akun Jenius. Setelah email dan password yang kamu isi sudah benar, selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke hape.

Ingat, jangan berikan kode OTP ke siapapun. Oh iya, sebaiknya jangan login dengan menggunakan WiFi gratisan ya, risikonya sangat tinggi. Lebih baik gunakan paket data sendiri.

2. Blokir kartu debit dengan mudah

Jenius sangat memperhatikan tingkat keamanan dengan sangat detail. Termasuk urusan blokir kartu ATM milik nasabah. Kamu punya kuasa penuh untuk memblokir kartu ATM jika ada transaksi yang mencurigakan.

Kamu bisa dengan mudah memblokir kartu ATM milikmu kapan saja dan di mana saja. Kamu tidak perlu repot datang ke kantor cabang, cukup lewat hape saja.

3. Limit transaksi

Kamu bisa dengan mudah mengubah limit tarik tunai dan limit transfer uang sesuai dengan kebutuhan dari menu Card Center di aplikasi Jenius. 

4. Kombinasi password

Di Jenius, kamu wajib membuat password yang terdiri dari kombinasi angka, huruf kapital (huruf besar) dan simbol, misalnya Jenius123!. Dibanding password yang sederhana, kombinasi password yang rumit akan lebih sulit ditembus oleh peretas.

5. Notifikasi transaksi

Setiap kali melakukan transaksi, kamu akan mendapatkan notifikasi masuk ke email maupun ke aplikasi Jenius. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui adanya transaksi yang valid.

Jika kamu merasa tidak melakukan transaksi apapun, tetapi ada notifikasi yang masuk, maka kamu bisa segera melaporkan ke Jenius.

6. Kode OTP

Akses ke akun Jenius maupun berbagai transaksi lainnya, diperlukan kode OTP. Ingat, untuk tidak membagikan kode OTP ke siapapun. Kode OTP sangat diperlukan untuk transaksi yang lebih aman.

7. Konfirmasi password

Setiap kamu akan melakukan transaksi, kamu wajib memasukkan password aplikasi dan nomor PIN yang telah kamu buat sebelumnya.

8. Login biometrik

Agar akun Jeniusmu lebih aman, kamu bisa mengatur login dengan menggunakan biometrik. Teknologi biometrik merupakan teknologi pemindai bagian tubuh yang jauh lebih akurat sebagai salah satu sistem keamanan perbankan.

9. Akses perangkat terbatas

Untuk menjaga keamanan akun dan data nasabah, Jenius membatasi akses untuk login melalui device (perangkat) lain. Kalaupun bisa diakses di perangkat lain, maka harus melalui proses otorisasi yang ketat.

Cara Jenius Menjaga Keamanan dengan Sangat Ketat

Jika kamu masih penasaran bagaimana cara Jenius menjaga keamanan transaksi dan penyimpanan data nasabah, simak yuk selengkapnya berikut ini :

1. Teknologi keamanan kelas dunia

Jenius menggunakan teknologi keamanan dan enkripsi data terkini yang memenuhi standar kelas dunia.

2. Isolasi dan proteksi data berlapis

Jenius menerapkan autentikasi berlapis (PIN, password, CVV, OTP) untuk memastikan data hanya bisa diakses oleh pemilik akun saja.

3. Jenius diawasi BI dan OJK

Seluruh kegiatan finansial Jenius diawasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Registrasi Jenius

Untuk membuka tabungan Jenius cukup mudah dan simpel. Tidak perlu repot datang ke bank. Semua dilakukan secara online.

Cara Daftar Akun Jenius

Jenius Aman Diawasi OJK dan BI

Proses Registrasi Jenius Mudah

Proses Registrasi Jenius Secara Online

Cara Registrasi Akun Jenius BTPN

Cara Bikin Akun di Jenius

1. Syarat pembukaan rekening Jenius BTPN tidak ribet sama sekali kok. Kamu hanya perlu menyiapkan ini :

  • KTP (wajib ada)
  • NPWP (opsional)
  • Alamat email yang valid
  • Nomor hape yang valid
  • Password yang akan kamu gunakan
  • PIN aplikasi
  • Cashtag Jenius yang akan kamu gunakan (pilih yang paling mendeskripsikan karaktermu)

2. Tahap berikutnya adalah install aplikasi Jenius BTPN. Bisa untuk pengguna Android dan iPhone.

3. Selanjutnya upload foto diri bersama KTP. Pilihlah ruangan yang terang agar hasil fotomu terlihat lebih jelas.

4. Verifikasi melalui video call. Pastikan koneksi internet stabil dan cepat, agar prosesnya berjalan dengan lancar.

5. Mengisi data diri pembukaan rekening Jenius BTPN

Selanjutnya kamu isi data diri dengan benar dan lengkap. Isikan alamat rumah dengan lengkap, karena kartu ATM-mu akan dikirim ke rumah. Lalu mengisi data keuangan, mengisi data pekerjaan / jenis industri.

6. Personalisasi akun Jenius BTPN

Setelah semua proses di atas selesai, selanjutnya personalisasi akunmu (cashtag). Kamu bebas memilih nama atau karakter favoritmu. 

7. Aktivasi akun Jenius BTPN

Registrasinya sangat mudah bukan?

Bisa Apa Saja dengan Jenius BTPN?

Paling enak memang punya aplikasi keuangan yang serba bisa, ya kayak Jenius ini. Kita simak yuk, beberapa keunggulan aplikasi Jenius :

Review Aplikasi Jenius BTPN

1. Rekening koran Jenius - IN & OUT

Dengan fitur rekening koran Jenius ini, kamu bisa lebih mudah mengecek dan tracking transaksi sehari-hari. Rekening koran ini bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi keuanganmu, sehingga lebih mudah untuk menyusun rencana keuangan.

2. Transfer Dana Jenius - SEND IT 

Ada beberapa fitur transfer Jenius yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan :

  • Transfer sekarang atau transfer di tanggal tertentu
  • Transfer sekali saja atau harian atau mingguan atau bulanan atau beberapa bulan sekali
  • Kategori yang sesuai untuk memudahkan review keuangan
  • Keterangan untuk mempermudah review keuangan

3. Flexi Cash

Kamu bisa ajukan dana melalui fitur Flexi Cash, tanpa persyaratan tambahan dan tanpa biaya apapun. Konfirmasi pengajuanmu akan langsung diinformasikan melalui aplikasi Jenius secara otomatis.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan kalau kamu kepepet membutuhkan uang atau dana untuk berbagai kebutuhan.

4. Tabungan Jenius - SAVE IT

Ada tiga jenis tabungan Jenius yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan :

  • FLEXI SAVER. Fleksibel banget, kamu bisa membuat, mengelola dan menarik uang kapan saja dari aplikasi Jenius.
  • DREAM SAVER. Semacam tabungan berjangka autodebit yang jumlah setoran dan periodenya bisa kamu pilih sendiri.
  • MAXI SAVER. Sama seperti deposito. Kamu bebas menentukan sendiri jumlah setoran, jumlah tenor dan metode perpanjangannya.

Review Aplikasi dan Pengalaman Pake Jenius

Aplikasi Jenius ini konsepnya millennial banget. Setiap menunya menggunakan bahasa gaul yang mudah dipahami. Gambar dan grafiknya juga menarik, karena dibuat berwarna warni. Pokoknya fun and colorful. User interface aplikasinya juga mudah digunakan dan terasa nyaman. 

Dengan aplikasi Jenius ini, saya jadi lebih mudah untuk melakukan transaksi digital. Bisa dipakai untuk jajan di mall atau super market. Tidak perlu repot membawa uang banyak, cukup lewat satu aplikasi saja.

Saya juga bisa lebih mudah untuk mengelola keuangan sehari-hari di aplikasi Jenius. Bisa mengontrol pengeluaran sesuai dengan kebutuhan. Bisa menabung dengan lebih mudah.

Bagi yang belum install aplikasi Jenius, yuk buruan install dan rasakan pengalaman pake Jenius lebih aman dan nyaman serta dapatkan banyak keuntungannya. Prosesnya mudah dan cepat. Urusan bayar ini itu jadi lebih mudah lho.

36 komentar untuk "Pengalaman Pake Jenius, Urusan Menabung Jadi Lebih Mudah"

  1. Wih mantep nih pakai jenius urusan menabung jadi mudah, apalagi menabung dengan ini juga praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Anisa, urusan menabung dan mengatur keuangan lainnya jadi lebih mudah dan praktis. Udah gitu Jenius juga aman

      Hapus
  2. Serunya pake Jenius ini, bisa free admin semua bank, jadi gak perlu baper kalau mau transfer antar bank. Suka banget sama fitur Flexi cashnya, ngebantu pas lagi butuh dana emergency.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah pusing mikirin biaya transfer lagi kan ya... hehehe

      Hapus
  3. Wah lengkap sekali ulasannya utk Jenius ini. Klau saya masih pake Jenius buat bayar fb ads ya karena keamanannya yg jd pertimbangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bisa dicoba fitur pembayaran lainnya Mas Andik, apalagi udah terbukti aman...

      Hapus
  4. Ngerasain banget di Jenius passwordnya ribet karena harus pake kombinasi, tapi inilah yang
    jadi keunggulan Jenius , soalnya jadi ga gampang dibobol. Terus dari kitanya juga harus
    smart buat ga kasih kode OTP ke orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini penting banget keamanan berlapis untuk login. Meski ribet, tapi aman doong. Betul, nggak boleh sembarangan ngasih kode OTP ke orang

      Hapus
  5. Jatuh hati sama aplikasi Jenius ini, aplikasi digital dengan multi manfaat keuangan. Seru dipakai sebagai dompet digital, untuk nabung juga recommended karena tersedia beberapa jenis tabungan dalam satu akun, jadi lebih simple.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak bisanya nih aplikasi Jenius Mba Ririe, bisa untuk bayar dompet digital, bisa untuk nabung dan transaksi digital lainnya...

      Hapus
  6. Asyik banget menabung di Jenius ini yak kak. Nggak takut saldo makin tipis karena kena biaya tambahan untuk transfer beda bank. Dan dijamin aman, ini rekomen banget buat tabungan jangka panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang dicari, tanpa biaya tambahan apapun, termasuk bebas biaya transfer antar bank yang berbeda. Dan yang paling penting dijamin aman...

      Hapus
  7. Keamanan jenius ini berlapis banget ya, udah pakai password, harus PIN juga, kode OTP
    juga, jadinya ga mudah ditembus, hanya pemilik akun ya yang bisa masuk *cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keamanannya berlapis biar data nasabah tetap aman dong....

      Hapus
  8. Menabung memang jadi lebih mudah pakai Jenius, sudah gitu aman lagi ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, mudah, efisien, fitur lengkap dan praktis. Semua ada di aplikasi Jenius...

      Hapus
  9. Wah enak ya kak menggunakan Jenius urusan buka tabungan ga perlu datang offline ke bank karena semua bisa dari aplikasi Jenius saja. Lebih praktis dan aman tentunya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget. Nggak perlu repot datang ke bank untuk buka rekening di Jenius. Kartu ATM pun akan dianterin ke rumah masing-masing...

      Hapus
  10. Iya kak saya juga merasakan kemudahan dalam menabung di Jenius. Pas banget buat ibu rumah tangga kayak saya yg ga mau ribet utk urusan perbankan gini. Registrasi mudah dan bisa mengatur jumlah setoran dan waktu yang diinginkan untuk mencapai jumlah sesuai perencanaan kayak utk tabungan pendidikan dan umroh di dream saver.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi Jenius memang cocok untuk siapa saja, termasuk ibu rumah tangga sekalipun. Semoga dengan aplikasi Jenius ini semakin rajin menabung ya Mba Atik...

      Hapus
  11. Iya nih praktis banget pake Jenius, aku ganti kartu debit nggak perlu repot datang ke kantor cukup dari aplikasi Jenius aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari gini harus serba praktis Mba. Apalagi banyak orang yang sibuk kerja dan nggak sempat untuk pergi ke bank. Kalo nggak bisa praktis, bakalan ditinggalin oleh nasabahnya...

      Hapus
  12. Bener banget. Saya juga pakai Jenius untuk kontrol keuangan saat ini. Apalagi semuanya tercatat secara digital dan pastinya aman dong ya. Karena semua password, PIN dan OTP cuma kita doang yang tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakalan pas nih untuk ngebantu mengontrol keuangan sehari-hari ya Mas. Yes penting banget untuk tidak membagikan kode OTP maupun PIN ke siapapun...

      Hapus
  13. Wah sama kak pengalaman Saya menggunakan jenius selama ini memang sangat Aman dan mudah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ini Mba Aisyah juga ngerasain pengalaman yang sama. Mantap ya...

      Hapus
  14. Suka pakai FLEXI bener-bener fleksibel banget, menarik dan transfer cukup satu aplikasi, free pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang fitur-fitur di Jenius bikin kita lebih praktis untuk transaksi perbankan...

      Hapus
  15. Yes setuju kak. Saat ini aplikasi keuangan digital, salah satunya Jenius memang terbuki bisa mempermudah mengatur keuangan sehari-hari ataupun menyusun rencana keuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget nih bagi yang lagi rajin mengatur keuangan, ya bisa lewat aplikasi Jenius

      Hapus
  16. Sebagai blogger, memiliki aplikasi keuangan digital sangat penting ya. Transaksi keuangan jadi lebih praktis. Memang sempat ada kabar tak enak terkait jenius, tapi overall fiturnya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fiturnya cukup komplit lho. Makanya banyak yang pake Jenius. Apalagi aplikasi Jenius juga lebih ribet untuk login dan lainnya, sehingga lebih aman...

      Hapus
  17. dari dulu pengen banget buka rekening di Jenius. Kartu kreditnya itu lho, bisa buat verifikasi Paypal.

    Kirain registrasinya aja yg lewat aplikasi, ternyata semua proses bisa dilakukan di aplikasi tanpa kudu datang ke kantor cabang. Mantap lah

    Nanti aku coba ah registrasi di Jenius.. hehe

    BalasHapus
  18. Bikin juga ah.. biar nggak tergantung 1 rekening apalagi banyak kelebihannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalo punya 1 rekening, biasanya uangnya sering terpakai ya Mas.

      Hapus