Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Seru Ikutan Coding Bootcamp di Hacktiv8

Belajar Programming untuk Pemula

Jadi blogger itu tidak hanya dituntut untuk bisa menulis artikel saja, tapi juga harus bisa upgrade diri. Hal ini penting dilakukan agar blogger bisa mengembangkan kemampuan diri serta mendapatkan pengalaman yang matang. Dengan begitu, blogger jadi lebih mudah untuk meningkatkan performa, kualitas sekaligus branding diri.

Saya sadar, perkembangan teknologi digital semakin maju. Siapa yang tidak bisa upgrade diri, maka akan lebih mudah tertinggal. Jangan sampai deh, hanya gara-gara malas untuk belajar, saya jadi blogger yang hanya punya skill pas-pasan.

Nah salah satu kelemahan saya adalah belum menguasai ilmu coding. Padahal kalau saja saya punya skill dan jago coding, saya tidak hanya pandai utak-atik template saja, tapi juga bisa bikin template sendiri sesuai selera. Bahkan bisa buka bisnis jual beli template hasil buatan sendiri.

Makanya dari dulu saya pengen banget ikutan sekolah coding biar bisa jago coding. Dengan ikutan kursus programming, saya tidak hanya jago coding saja, tapi juga bisa bikin program atau aplikasi sendiri. Keren nggak tuh?!!

Mengenal Lebih Dekat Hacktiv8

Saya sadar kemampuan coding saya sangat terbatas, makanya saya berinisiatif ikutan belajar programming untuk pemula di Hacktiv8. Nah sebelum lanjut melihat gimana proses ikutan Bootcamp Hacktiv8 ini, saya mau sekalian melakukan review Hacktiv8.

Hacktiv8 merupakan sebuah lembaga kursus coding yang didirikan oleh Ronald Ishak dan Riza Fahmi. FYI, di era digital, permintaan perusahaan akan developer siap kerja semakin meningkat di Indonesia, sementara ketersediannya terbatas. Nah di sinilah Hacktiv8 berperan sebagai jembatan untuk melengkapi gap yang ada.

Berbeda dengan lembaga kursus kebanyakan yang hanya menyelenggarakan kegiatan belajar dua sampai tidak kali saja dalam seminggu. Sementara Hacktiv8 mengadakan kegiatan belajar setiap hari kerja (Senin - Jum'at) dari pukul 09 pagi sampai 06 sore. Hanya siswa yang gigih dan berdedikasi tinggi saja yang dapat sukses bersama Hacktiv8. 

Hacktiv8 memiliki instruktur yang berpengalaman dan profesional. Mereka tidak hanya mengajarkan siswa menjadi seorang full-stack web developer, tetapi juga berperan untuk menjadi pemimpin diskusi, pemandu proses pair programming hingga mendampingi siswa menemukan karir di dunia kerja bidang industri teknologi.

Hacktiv8, Coding Bootcamp terbaik

Jika kamu lagi mencari coding bootcamp terbaik, maka kamu bisa memutuskan untuk sekolah coding di Hacktiv8 guys. Di Hacktiv8, para siswa akan belajar pemrograman secara intensif selama 12 minggu.

Coding Bootcamp Terbaik

Hacktiv8 mengutamakan metode belajar learning by doing. Dengan metode ini, para siswa jadi yakin bahwa berlatih coding secara konsisten merupakan kunci menjadi web developer yang andal. Siswa akan diberikan challenge untuk diselesaikan setiap harinya. Tujuannya adalah agar siswa terbiasa untuk menyelesaikan permasalahan yang nantinya akan sering ditemui di dunia kerja.

Biaya Kursus Programming di Hacktiv8

Jika kamu mau ikutan program bootcamp Hacktiv8, maka kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 40 juta. Nominalnya memang cukup fantastis, tetapi dengan jaminan kerja dan gaji rata-rata sebesar Rp 10 juta per bulan, dalam kurun beberapa bulan kerja, kamu sudah bisa balik modal lho.

Belajar Programming Untuk Pemula

Namun jika dana kamu terbatas, Hacktiv8 punya program Financial Partner, di mana kamu bisa mengajukan angsuran untuk membayar biaya kursus full stack developer maupun kursus data science. Hacktiv8 sendiri telah bekerja sama dengan beberapa rekan finansial yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, di antaranya KoinWorks, DanaCita dan Pintek.

Hacktiv8 Telah Terdaftar di CIRR

Sebagai tempat belajar coding bootcamp terbaik, Hacktiv8 juga menjadi coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). 

CIRR sendiri merupakan standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transapransi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa adalah hal yang sangat penting. Setiap 6 bulan sekali, Hacktiv8 merangkum laporan kelulusan siswa setiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan standar dari CIRR.

Program Full Stack Immersive Hacktiv8

Kurikulum terupdate

Hacktiv8 selau melakukan update terhadap kurikulum dengan perkembangan dan kebutuhan di industri terkini.

350+ hiring partners

Hacktiv8 memiliki lebih dari 350 perusahaan rekanan yang siap merekrut lulusan siswa Hacktiv8 setiap bulannya.

Growth mindset

Setiap siswa dibentuk untuk memiliki Growth Mindset yang bermanfaat untuk perkembangan karir di masa depan.

Instruktur profesional

Setiap siswa akan dibimbing oleh instruktur berpengalaman selama mengikuti proses pembelajaran.

Money back guarantee

Jaminan 100% uang kembali jika dalam 1 tahun setelah lulus belum mendapat pekerjaan.

Pengalaman Ikutan Coding Bootcamp di Hacktiv8

Melalui artikel review Hacktiv8 ini, saya ingin berbagi pengalaman gimana rasanya belajar programming untuk pemula di Hacktiv8. 

Saya dan 19 blogger lainnya berkesempatan untuk ikutan trial class full stack developer di Hacktiv8. Sebelum mulai ikutan kelas, kami semua harus menyiapkan beberapa tools yang akan digunakan untuk belajar.

Coding Bootcamp Terbaik

Tools yang dimaksud akan memudahkan proses kami dalam mengolah kode HTML, di antaranya VSC (Visual Studio Code), akun Github dan join ke Discord Hacktiv8.

Meski proses pembelajaran hanya 4 hari saja, tapi saya dan teman-teman benar-benar digembleng secara optimal oleh instruktur bernama Kak Seven Simangunsong.

Belajar Programming Untuk Pemula

Awalnya kami dikenalkan bagaimana cara mengelola Visual Studio Code. Lalu menghubungkannya dengan akun Github milik saya. Setelah keduanya terkoneksi, proses pembelajaran coding pun dimulai.

Di hari pertama, saya dan teman-teman belajar mengenal dasar coding HTML dan JavaScript. Setelah pengenalan dasar tersebut, setiap siswa diminta untuk membuat website sederhana dengan menggunakan kode HTML tersebut.

Hari kedua, materi yang disampaikan mengenai jaminan jenjang karir bagi para siswa lulusan Hacktiv8. Kami juga diajarkan bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk melamar pekerjaan.

Kursus Full Stack Developer

Hari ketiga, kami diminta untuk memecahkan sebuah permasalahan. Kami diminta untuk merapikan sebuah halaman website sederhana, agar bisa berfungsi sepenuhnya. Setelah utak-atik kode HTML dan nyari tutorial coding di internet, ternyata bisa juga. Senengnya bukan main saat kode HTML tersebut bisa berfungsi dengan benar. Yeaay!

Pada hari keempat atau hari terakhir, kami dibagi menjadi empat kelompok untuk membuat sebuah mini website. Seluruh menu yang ada di website harus bisa diklik dan berfungsi dengan baik. Alhamdulillah, semua kelompok bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Penasaran mau lihat mini website yang kelompok saya buat? Yuk lihat saja screenshot di bawah ini :

Review Hacktiv8

Secara keseluruhan belajar coding di Hacktvi8 seru banget. Selain bisa kenal banyak teman, juga bisa dapat banyak ilmu coding yang baru. Saya jadi lebih percaya diri nih buat ngedit-ngedit template blog sendiri, hehehehe...

Mengapa Harus Menjadi Web Developer?

Web developer akan menentukan pengalaman ketika user (pengguna) sedang mengakses atau menggunakan sebuah website, karena web developer adalah orang yang membangun sekaligus memelihara sebuah website. 

Tugas web developer itu ngapain saja?

Seperti dilansir dari website Hacktiv8, berikut adalah beberapa pekerjaan web developer yang harus kamu ketahui :

  • Menulis halaman web dengan kombinasi bahasa markup
  • Membuat mockup dan prototipe berkualitas
  • Membangun situs WordPress dari awal
  • Memahami HTML dan CMS
  • Memahami UI/UX
  • Mengembangkan website dan aplikasi berbasis web yang fungsional dan menarik
  • Menyediakan pemeliharaan dan peningkatan website
  • Ini merupakan persyaratan yang paling umum, tetapi tanggung jawab dan tugas seorang web developer akan bervariasai tergantung pada pertunjukkan web development serta spesialisasi mereka

Percaya deh, masa depan sebagai web developer itu sangat cerah di Indonesia, karena web development merupakan skill yang tidak pernah mati dalam industri. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membuka peluang pekerjaan untuk posisi web development.

Setidaknya ada lima keuntungan menjadi seorang web developer :

  • Bisa bekerja secara remote
  • Mampu menghemat biaya
  • Mampu bekerja secara mandiri
  • Bisa masuk ke industri teknologi
  • Bisa membuat portfolio yang menarik

Nah bagi kamu yang ingin menjadi web developer yang sukses dan bisa mendapatkan gaji yang tinggi, kamu harus banyak belajar, terus berlatih secara konsisten dan bisa pertimbangkan untuk ikutan kursus full stack developer di Hacktiv8.

Alamat Hacktiv8 : 

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 7, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12240

Contact :

halo@hacktiv8.ac.id

(021) 8067 5787

37 komentar untuk "Pengalaman Seru Ikutan Coding Bootcamp di Hacktiv8"

  1. Luar biasa kang, bertambah terus ilmu di bidang yang berkaitan dengan dunia blogging. Prospek cerah dunia web developer masih sangat terbuka lebar ya, siapa yang bisa memanfaatkannya dengan baik dialah yang akan menguasai dunia.

    Sukses ya kang, sudah berhasil upgrade diri dengan mengikuti pelatihan Bootcamp di Hacktiv8.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapat kesempatan untuk bisa upgrade diri mengenai coding. Beruntung bisa nyobain belajar di Hacktiv8, hehehe. Aaamiiin, makasih Kang, doa yang sama buat Kang Maman semoga sukses terus...

      Hapus
  2. Wah bagus kayaknya belajar coding di bootcamp di HACKTIV, jadi terpikir buat ngikutin anak ini aja biar produktif tidak hanya main game.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini sih memang bagus banget Mba Anisa. Lulusan Hacktiv juga akan langsung disalurkan ke hiring partner mereka untuk bekerja di dunia industri. Nah kalo kelas coding khusus anak-anak juga tersedia kok...

      Hapus
  3. Hacktiv8 ini bagus banget bahkan untuk pemula seperti saya ya mas, sebenernya kepikiran pengen ikut kelas koding kayak gini tapi masih maju mundur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena memang proses belajarnya dari awal banget, jadi pemula pun bisa dengan mudah belajarnya. Ayo dong semangat belajar coding-nya, biar mahir ngutak ngatik template dan lain sebagainya...

      Hapus
  4. Wah seru ya bener bener menambah ilmu dan membantu menambah skill khususnya di blog. Aku juga pengen ikut dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ikutan daftar aja ke Hacktiv8 Mba. Seru sekali bisa ikutan kelas programming meski hanya beberapa hari saja...

      Hapus
  5. Belajar coding menjadi menyenangkan bersama aplikasi review artikel ini. Saya belum mengerti coding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sedikit-sedikit saja praktik langsung. Kalo mau didampingi sama tutor, bisalah ikutan belajar coding di Hacktiv8.. Oh iya, ini belum ada aplikasinya (sampai artikel ini publish)...

      Hapus
  6. cukup seru mengikuti trial class coding bootcamp di Hacktiv8. apalagi pas waktu presentasi final project,, beuhh pecah semua.. wkwk.. lega dan cukup puas akhirnya bisa menuntaskan project..

    eh btw itu nyempil di sisi kiri ada poto saya juga wkwk XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat suhu Indra, kelompok kita jadi lulus, hehehehe... Foto kita semua pada nyempil kayak upil 😅

      Hapus
    2. eh bentar2,, suhu apa dulu nih?? suhu dingin, suhu anget.. canda terus nih mas Hendra.. wkwk..

      iya ya napa nyempil semua anggota grup kita XD

      Hapus
    3. Terlalu jauh dari kamera, jadi keliatan kecil.. Suhu udara

      Hapus
  7. wah pengen ikutan juga ni mas,, tapi lumayan mahal juga ya buat biayanya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayanya memang mahal Mase, tapi sebanding dengan ilmu yang didapatkan. Apalagi akan dapat jaminan kerja di perusahaan industri teknologi.

      Hapus
  8. Penasaan sama kelas nya ini mas...
    Dan penasaran bagaimana caranya dapat trial class :) hehe

    BalasHapus
  9. Beneran pengalaman yang seru banget haha, ngebul 4 hari dikasih materi koding. Yang tadinya cuma tau ganti template saja, jadi ada gambaran kalau mau build dengan tampilan sendiri. Materinya mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materinya daging semua ya Kang. Kalo ikutan kelas sampai 12 minggu, bakalan jago coding tuh. Bisa bikin template sendiri, hehehe...

      Hapus
  10. Wih kelas berat ini ilmunya
    Kayaknya kalau saya ikut kelas ini bakalan ngebul otaknya
    Keren banget ih yang pada jago-jago codingnya
    Keahlian yang sangat dibutuhkan di era digital seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bukan ngebul lagi, hehehe.. Perlu banget nih buat ngutak ngatik kode template blog sendiri. Malah bisa bikin template juga kan...

      Hapus
  11. Keren banget ini. Belajar coding dan langsung praktik ya. Aku kalau bidang ini suka pesimis karena rumit dan memang 0, enggak tahu sama sekali. Pengen belajar tapi masih ngumpulin niat benar-benar biar enggak terputus di tengah jalan, hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nggak punya basic IT, tapi karena penasaran, jadi pengen nyobain belajar coding di Hacktiv8. Ayo semangat Mba Asiyah, ilmu yang sangat bermanfaat buat masa depan...

      Hapus
  12. Keren banget kak brani coba belajar coding, aku itu lihat bahasa pemrograman aja otak dan mata kayak udah muter-muter. Padahal kan sekarang coding itu brasa kayak skill yang penting dan wajib dimiliki content creator yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skill tambahan yang nggak boleh diremehkan, karena akan sangat berguna di masa depan. Apalagi saat ini di era digital...

      Hapus
  13. Bagi blogger, dengan mengikuti di hacktiv8 sangat bermanfaat bgt. Apalagi seputar coding, jd bisa diterapkan di blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu coding bermanfaat banget bagi para blogger Kang. Makanya kalo ada kesemapatan, bolehlah ikutan kelas coding kayak gitu..

      Hapus
  14. Biaya untuk masuk sekolah coding di Hacktiv8 mantul ya, tapi wajar sih karena ilmunya memang berbobot banget apalagi instrukturnya berpengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayanya memang mahal, tapi ilmu yang didapat sangat berbobot dan bermanfaat buat masa depan, terutama dunia industri digital..

      Hapus
  15. dijaman sekarang krn apa2 udh digital, jdi kita harus melek sama urusan koding mengoding ya kak. duh jdi pengen aku ngelanjutin elmu coding ke javascript dulu yg kode html udh bsa insyaAllah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Mba biar ilmunya nggak lupa. Lanjutkan saja, mana tau akan bermanfaat banget ke depannya nanti...

      Hapus
  16. Kursus programming emang mahal bingit. Speechless saya tahu angkanya sampai Rp 40 juta mas. Beruntungnya yang bisa ikut kelas Hacktiv8.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski biayanya mahal, tapi kita akan mendapatkan ilmu yang sebanding. Apalagi di Hacktiv8 ini, setiap lulusan akan langsung disalurkan ke Hiring Partner mereka untuk bisa bekerja. Yang beruntung akan langsung mendapatkan pekerjaan lho....

      Hapus
  17. Iya yaa mas hen, coding kemarin berkesan banget. Aku ikutan trial class bareng jugaa rasanya pengen ikutan belajar lagi lho :p meskipun agak puyeng kalo belajar soal coding ini wkwkwk

    BalasHapus
  18. sebagai orang awam, aku cukup terkesan dengan rangkaian acaranya ini. yg ada di bayangan cuma event kayak hacktown aja hahaha

    BalasHapus
  19. Seru dan menyenangkan banget pastinya bisa ikutan belajar coding, Saya pernah ikut belajar coding khusus mom, tapi udah lama dan lupa krn gak dipraktekin lagi

    BalasHapus