Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Game Asah Otak yang Wajib Kamu Coba

Main Game Hidden Object Online

Saat sedang tidak sibuk, biasanya saya memanfaatkan waktu untuk bermain game. Apalagi setelah lelah menulis artikel, rasanya pengen rebahan sambil main game dari ponsel. Et jangan salah, meski ngeblog cuma duduk saja, tapi kadang punggung dan bahu terasa pegal. Apalagi kalau lagi banyak project menulis artikel.

Sebenarnya hampir semua jenis permainan saya suka. Mulai dari game petualangan, seperti GTA San Andreas. Namun salah satu permainan yang saya suka adalah game teka-teki atau dikenal juga dengan puzzle game.

Saya masih inget betul, waktu kecil dulu saya sering kali bermain puzzle. Apalagi saat bulan puasa, biasanya saya mengisi waktu sambil menyelesaikan potongan-potongan puzzle seharian penuh. Rasanya ada kepuasan tersendiri jika berhasil menyelesaikan tantangan permainan puzzle. 

Sekarang saya sudah tidak tahu lagi di mana semua permainan puzzle milik saya. Kalau tidak salah, saya punya 10 buah puzzle dengan berbagai ukuran dan gambar. Rasanya memorable banget bisa bermain puzzle lagi deh.

Zaman semakin canggih saja. Berbagai jenis permainan konvensional, sekarang dengan mudah bisa kita mainkan lewat ponsel atau laptop. Meski media yang digunakan berbeda, tetapi tidak mengurangi rasa fun ketika kita memainkannya. 

Bermain Game Asah Otak di Solitaire.org

Saat ini akses untuk bermain game online semakin mudah. Bahkan hanya melalui ponsel saja, kita sudah bisa bermain game kapan dan di mana saja, yang penting tersambung dengan koneksi internet. Bagi kamu penggemar permainan asah otak, kamu bisa mencobanya di Solitaire.org

Solitaire.org adalah website game online yang menyajikan banyak jenis permainan. Kamu bisa memainkan setiap game secara gratis, tanpa ada iklan dan akses yang cepat.

Main Game Online yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Kalau dilihat dari namanya, Solitaire adalah jenis permainan kartu klasik yang sangat populer. Di setiap komputer / laptop platform Windows, pasti kamu akan menemukan permainan kartu remi tersebut.

FYI, permainan Solitaire mulai muncul pada abad pertengahan ke-18. Setiap negara punya nama permainan Solitaire yang berbeda. Di Britania disebut "Patience". Lain lagi di Denmark, Norwegia dan Polandia menyebutnya "Kabal" atau "Kabala". Sementara di Perancis disebut "success" (reussite).

Apakah di website Solitaire hanya tersedia permainan kartu saja?

Selain permainan kartu, di website Solitaire juga banyak jenis permainan yang bisa kamu temukan. Di antaranya adalah game asah otak yang sangat bagus untuk melatih kemampuan otak. Berikut saya rekomendasikan 5 game asah otak yang wajib kamu cobain :

1. Hidden kitchen

Sesuai dengan nama permainannya, kamu harus mencari 10 benda yang tersembunyi di dapur dalam waktu 5 menit saja. Kalau salah mengklik benda yang tersembunyi, maka waktumu akan berkurang 5 detik. Jika gagal dan ingin mengulang lagi, maka kamu harus mencari benda yang berbeda dari yang sebelumnya.

Game Online Asah Otak

Permainan hidden kitchen ini seru banget dan punya banyak manfaatnya, di antaranya bisa meningkatkan kemampuan penglihatan perifer dan meningkatkan kemampuan melihat objek yang samar di antara objek lainnya. Siapa di sini yang sering bermain hidden object?

2. Cross word

Permainan asah otak berikutnya adalah cross word atau teka-teki silang.(TTS). Permainan TTS ini punya pertanyaan yang berbeda-beda setiap harinya. Kamu bisa mencari pertanyaan lainnya 6 bulan ke belakang atau 6 bulan ke depan. Pertanyaan yang berbeda ini tentu untuk mengurangi rasa bosan pemain.

Game TTS Online di Solitaire.org

Perlu diketahui, manfaat dari bermain TTS ini adalah untuk meningkatkan kemampuan otak secara umum. Selain itu juga bisa mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia (pikun). Banyak cara untuk mencegah demensia, salah satunya adalah melakukan aktivitas yang bisa menstimulasi kemampuan otak, seperti bermain TTS.

3. Candy house

Bagi kamu penggemar permainan candy crush, pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Secara garis besar konsepnya sama. Kamu perlu menghancurkan kotak berwarna yang sama sebanyak minimal 3, baik secara vertikal atau horizontal. Permainan ini punya 50 level. Ada yang sanggup menyelesaikan semua permainannya?

Bermain Game Online yang Mengasah Otak

Menariknya, permainan ini punya manfaat positif untuk perkembangan otak. Di antaranya adalah mengajarkan bagaimana caranya untuk fokus pada satu tujuan, melatih menerapkan strategi hingga membantumu dalam merumuskan tujuan.

4. Daily word search

Sebelum mulai permainan, kamu harus memilih jumlah kolom, yang terdiri dari 12x12, 14x14 dan 16x16. Semakin besar angkanya, maka jumlah kotaknya semakin banyak. Tugasmu adalah mencari kata yang tersembunyi. Bisa secara horizontal, vertikal maupun diagonal.

Game Online yang Mengasah Otak di Solitaire.org

Jumlah kata yang harus kamu cari sebanyak 21 kata, tapi hanya 10 saja yang terlihat di sebelah kiri layar. Sisanya kamu cari sendiri. Manfaat dari permainan cari kata ini di antaranya adalah bisa mengasah keterampilan visuospasial, melatih kemampuan bahasa dan melatih konsentrasi.

5. Letter scramble

Permainan Letter Scramble lebih mirip scrabble, di mana kamu harus menyusun kata dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin. Permainan ini hanya sampai 3 level saja. Pada setiap level, kamu harus menyusun kata sebanyak 20, 30 hingga 40 kata. Waktu yang diberikan hanya 5 menit saja.

Main Game Susun Kata Online

Biar lebih mudah, kamu bisa sediakan kamus untuk membantu menyusun kata. Game ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, melatih konsentrasi sekaligus bisa menambah kosa kata baru dalam bahasa Inggris. Menurut saya, bermain game ini salah satu cara ampuh belajar bahasa Inggris.

Bermain Game Tidak Selamanya Berdampak Negatif

Satu hal yang perlu diingat oleh semuanya ya, terutama para orang tua. Bermain game tidak selamanya berdampak buruk, selama tidak berlebihan dan bisa memilih jenis permainan yang tepat serta berada di bawah pengawasan orang tua. 

Kamu bisa mencoba semua permainan asah otak di atas tersebut. Yuk bagi kamu yang suka tantangan dan tertarik meningkatkan kemampuan otakmu, segera kunjungi website Solitaire.org dan pilih jenis permainan favoritmu. 

Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "5 Game Asah Otak yang Wajib Kamu Coba"

  1. Di solitaire org gamenya komplit banget dah, bisa bikin otak fresh setelah lelah dari rutinitas yang kadang membosankan. Bukan begitu kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mang, saya pikir cuma permainan kartu aja, ternyata banyak jenis permainan lainnya. Yoi Mang, main game jadi pilihan pas buat menghilangkan rasa bosan

      Hapus