Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat untuk Rambut Lebih Sehat

Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat

Meski produk kondisioner telah banyak beredar di pasaran, tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menggunakan conditioner dengan tepat. Padahal jika Anda mengaplikasikan kondisioner secara tepat akan memberikan perawatan yang maksimal terhadap rambut Anda. Dengan demikian, rambut tidak saja indah dilihat, tapi juga jadi lebih sehat. Karena kandungan pada kondisioner akan menutrisi setiap helai rambut lebih efektif.

Melakukan perawatan pada rambut merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan rambut indah dan juga sehat. Langkah ini tidak hanya dilakukan oleh para wanita, tapi juga para pria yang ingin tampil dengan rambut lebih sehat. Selain menggunakan shampo, para ahli pun menyarankan untuk menggunakan kondisioner untuk merawat rambut lebih efektif.

Seperti dikutip dari WebMD, penulis "Great Hair: Secrets to Looking Fabulous dan Feeling Beautiful Every Day", Nick Arrojo menyarankan untuk menggunakan kondisioner setiap kali Anda mencuci rambut.

Fungsi Kondisioner Bagi Kesehatan Rambut

Kondisioner berfungsi untuk menghidrasi (mengikat dan menarik air ke dalam sel kulit untuk mendapatkan kelembapan) kutikula (lapisan rambut terluar), sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat lagi. Sehingga akan menambah kelembapan rambut yang mungkin hilang saat memakai shampo. Kondisioner juga akan membuat rambut jadi lebih mudah diatur, lebih halus dan juga lembut.

Bagi Anda yang memiliki rambut kering, rapuh, rambut berwarna atau rambut yang sering terpapar bahan kimia atau proses styling, maka dengan menggunakan kondisioner akan menjaga kelembapan rambut, sehingga rambut tampak lebih indah dan sehat.

Kenali Jenis Rambut Anda

Langkah yang perlu Anda lakukan sebelum memilih shampo dan kondisioner adalah dengan mengenali jenis rambut Anda terlebih dulu. Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Maka dari itu perlu memilih jenis shampo dan kondisioner yang tepat agar mendapatkan perawatan rambut yang lebih maksimal. 

Kenali Jenis Rambut

Seperti yang dijelaskan oleh Nick Arrojo, setidaknya ada lima jenis rambut yang membutuhkan perawatan berbeda.

Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat

Untuk merawat rambut agar lebih indah dan sehat, menggunakan shampo saja tidak cukup. Maka dari itu perlu ekstra perawatan dengan menggunakan kondisioner. Tapi cara mengaplikasikannya berbeda dengan shampo. Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara menggunakan kondisioner yang tepat, sehingga menghasilkan rambut yang lebih sehat.

6 Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat

1. Bersihkan Rambut (Keramas)

Sebelum menggunakan kondisioner, bersihkan terlebih dulu rambut dan kulit kepala Anda dengan shampo. Satu hal yang perlu diingat, gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut, agar Anda mendapatkan perawatan rambut yang lebih maksimal.

2. Aplikasikan Pada Ujung Rambut

Kondisioner diformulasikan khusus untuk menutrisi rambut. Aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut saja. Dan hindari mengenai kulit kepala, karena dapat menimbulkan ketombe, kulit kepala berminyak dan menjadi lepek.

3. Kondisioner Bekerja dengan Cepat

Langkah berikutnya adalah jangan terlalu lama mendiamkan kondisioner terlalu lama pada rambut. Hal ini karena nutrisi yang terkandung pada kondisioner telah diformulasikan untuk dapat terserap dengan cepat.

4. Fokus Pada Bagian Rambut yang Rusak

Anda bisa menambahkan kondisioner sedikit lebih banyak pada rambut yang rusak. Fokus pada bagian tersebut untuk memberikan nutrisi yang maksimal. Biasanya area yang perlu diperhatikan adalah ujung rambut yang bercabang atau mudah patah.

5. Bilas Menggunakan Air Hangat

Setelah dirasa cukup, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Karena penggunaan air hangat mampu membantu mengangkat sisa kondisioner serta membuat rileks permukaan kulit kepala Anda.

6. Pilih Kondisioner yang Tepat

Apakah rambut Anda kering atau berminyak? Pastikan Anda selalu menggunakan kondisioner yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut Anda. Untuk rambut rusak, Anda bisa pilih Dove Total Damage Treatment Conditioner yang dapat menutrisi dan mengembalikan rambut sehat Anda. Sementara untuk rambut kering dan mudah kusut, Anda bisa pilih Dove Nourishing Oil Care Conditioner.

Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat Dove

Dove Total Damage Treatment :

- Nutri-Keratin Repair Actives-nya membantu memperbaiki kerusakan di dalam rambut

- Memperbaiki secara nyata tanda-tanda rambut rusak di permukaan

- Menutrisi untuk memperbaiki rambut rusak

- Menjadikannya terasa lebih halus, mengatasi rambut kusut, sehingga lebih mudah diatur

- Memberi hasil instan dan progresif dengan penggunaan yang teratur

- Aman untuk digunakan sehari-hari

Dove Nourishing Oil Care :

- Diformulasikan dengan Weightless Nutri-Oils untuk mengatasi rambut kering dan kusut

- Mengontrol rambut kusut dan menjadikannya 100% lebih lembut

- Rambut terasa lebih halus dan mudah diatur setiap kali digunakan

- Menutrisi rambut secara berkala

- Dengan formula bebas lepek

- Membersihkan dengan lembut sehingga dapat digunakan setiap hari

Demikian artikel yang Blogmashendra bisa bagikan mengenai cara menggunakan kondisioner secara tepat untuk mendapatkan rambut yang lebih indah, lebih halus, mudah diatur dan tentunya jauh lebih sehat. Dengan produk yang tepat, maka Anda telah menjaga mahkota rambut agar tidak mudah rusak dan terjaga dengan baik nutrisinya.

Semoga bermanfaat.

4 comments for "Cara Menggunakan Conditioner yang Tepat untuk Rambut Lebih Sehat"

  1. Menggunakan air hangat, wah berarti banyak yang keliru ya. Pada umunya pakai air kram PAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya opsi aja Mas, gak mesti air hangat. Pakai air dingin juga boleh dah. Yang penting pakai air, jangan pakai pasir

      Delete
  2. aku juga pakai dove
    awalnya adik yang pakai eh lama lama ketagihan
    emang nyaman kalau pakai conditioner ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes exactly, sudah banyak yang membuktikannya Mas

      Delete

Berlangganan via Email