Inilah Fungsi Penghapus Warna Biru yang Sebenarnya!

Penghapus Warna Biru dan Oranye - Blog Mas Hendra

Teman-teman pasti sudah nggak asing lagi dong sama penghapus pensil berwarna oranye dan biru ini? Yup, penghapus ini biasanya yang warna oranye kita pakai untuk menghapus pensil. Dan kebanyakan dari teman-teman pasti pernah atau sering dong, menghapus tinta pulpen dengan menggunakan penghapus yang satunya lagi, alias yang berwarna biru?? Pernah kan?? Jujur saja, lah wong saya juga sering kok, hehehe…


Seperti yang saya kutip dari website Merdeka.com, ternyata karet yang berwarna biru itu bukan untuk menghapus tinta pulpen loh. Karena kalau kita pakai untuk menghapus tinta pulpen, justru kertasnya yang akan sobek dan rusak. 

Jadi sebenarnya karet penghapus yang berwarna biru itu gunanya untuk MENGHAPUS SKETSA PENSIL pada kertas jenis art paper loh. Apaan tuh kertas art paper? 

Artikel menarik lainnya : Benda-benda yang Sering Keliru Pengucapannya

Kertas art paper itu biasanya ukurannya lebih tebal daripada kertas HVS biasa. Kertas art paper ini biasa digunakan di percetakan offset dan digital, sebagai bahan untuk mencetak poster atau sampul majalah. Kertas art paper ini memiliki varian gramatur (gramatur = satuan ukuran massa lembaran kertas atau lembaran karton dalam gram) dari 100 gram sampai 150 gram. (gramediaprinting.com)

Makanya kalau karet penghapus yang warna biru kita pakai untuk menghapus tinta pulpen di kertas HVS, pasti kertasnya yang akan sobek dan rusak. Karena kertas HVS lebih tipis dibandingkan art paper. Jadi selama ini kita keliru ya?! Ya gitu deh.

Oooh.. macam tu, saya juga baru tahu. Tapi guys, kira-kira ada nggak sih penghapus yang buat menghapus kenangan masa lalu???????? Monggo dikomen... 

You May Like This :


EmoticonEmoticon