Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benda-Benda Yang Sering Keliru Pengucapannya

Ada beberapa benda di sekeliling kita yang terkadang sering keliru dalam pengucapannya. Akan tetapi hal tersebut telah kita anggap biasa dan lumrah, ya mungkin aja karena keterbatasan informasi yang kita peroleh tentang benda tersebut.

Padahal sebagaian besar benda-benda tersebut mungkin seringkali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penasaran dengan benda-benda yang sering keliru dalam pengucapannya? Yuk langsung saja kita ke tekape gan :


1. Headset, Headphone, Earphone dan Heandsfree 

- Headset 
Headset digunakan untuk mendengarkan musik melalui kedua telinga (masa iya dengerin musik pake mata) sekaligus terdapat microphone. Biasanya digunakan untuk chatting melalui Skype dan lain sebagainya. Akan tetapi memiliki bentuk yang melingkari kepala kita. Makanya disebut headset. 

Penampakan headset : 

- Headphone
Bentuknya seperti headset, tapi gak ada microphone-nya gan. Fungsinya cuma buat dengerin musik aja. Harganya tergantung dari model dan merknya.

Penampakan headphone : 

- Earphonee
Bentuknya lebih kecil daripada headphone dan cuma ngepas di dalam lubang telinga aja, gak sampe ngelilingin kepala kita. Fungsinya cuma buat dengerin musik aja. Harganya juga jauh lebih murah daripada headphone.
Penampakan earphone :

- Handsfree
Bentuknya sama kayak earphone tapi ada microphone-nya, jadi fungsinya bisa buat dengerin musik dan juga buat telepon atau chatting. Biasanya dijual bersamaan satu paket sama hape. Disebut handsfree, karena memudahkan tangan (tangannya bebas=handsfree) gak perlu report-repot untuk memegangi hape saat kita telepon.

Penampakan Handsfree :


2.Celana Levi's

Ini juga sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan orang-orang kalo nyebut celana berbahan jeans, pasti nyebutnya Levi's. Padahal, Levi's itu sendiri adalah salah satu merk celana jeans yang sangat terkenal. Dan bahannya itu disebut Jeans. Jadi yang benar tuh nyebutnya Celana Jeans bukan Celana Levi's, ya kalo emang sudah terbiasa nyebut celana Levi's, mau diapain lagi gan.

Penampakan celana berbahan Jeans :


3. Air mineral = Aqua?

Yang ini kasusnya hampir mirip sama kasus celana Levis. Dimana Aqua adalah sebuah nama merk yang sudah sangat terkenal. Padahal merk air mineral tuh banyak banget gan, tapi orang-orang sudah kadung menyebutnya aqua. Jadi kalo Agan mau beli air, bilang aja "Beli air mineral". Ya kalo sudah terbiasa nyebut aqua juga gak ada yang ngelarang kok.

Penampakan air mineral :


4. Staples atau Stapler ya?

Masih banyak juga yang masih keliru bedain mana staples dan stapler. Bahkan teman sekantor saya pun gak luput dari hal ini loh. Oke oke, saya mencoba meluruskannya gan. Jadi alat untuk menyatukan atau menjepret beberapa lembar kertas yang berbahan kawat  itu namanya stapler, nah kalo isinya disebut staples. So, jangan keliru lagi ya gan.

Penampakan stapler :

Penampakan staples :


5. Mur dan baut

Mungkin sebagian dari kita ada yang masih bingung bedain mana mur dan baut. Meskipun kita bukan ahli dibidang perbautan dan juga mur, ya minimal sama-sama tahu lah perbedaannya. Kalo yang bentuknya kayak donat (ada bolong di tengahnya) itu namanya mur. Kalo pasangannya yang berbentuk panjang itu baut. Ya mirip lanang karo wadon gitu deh.

Penampakan mur : 

Penampakan baut :


7. Stop kontak, steker dan saklar

- Stop kontak
Stop kontak itu alat untuk menghubungkan antara peralatan listrik dengan aliran listrik. Jadi kalo Agan mau nyalain peralatan yang berlistrik, ya di colokkin ke stop kontak. Misalnya, nyalain dispenser, setrika, TV dan lain sebagainya.

Penampakan stop kontak :

- Steker
Steker itu untuk ngalirin listrik ke perangkat elektronik lain dengan cara nyolokkin jack. Contohnya : steker televisi, radio, DVD dan lain sebagainya. Kebanyakan sih bilangnya colokan.

Penampakan steker :

- Saklar
Benda ini buat nyalain atau matiin lampu gan. Fungsinya buat mutusin atau nyambungin arus listrik.

Penampakan saklar :


8. Indomie atau mi instan

Merk-merk branded rupanya sudah melekat pada orang-orang pribumi. Tengok aja penyebutan air mineral sering disebut Aqua, celana jeans sering disebut celana levi's pun begitu juga dengan mi instan, kebanyakan menyebutnya indomie. Padahal sejatinya indomie itu merupakan salah satu merk mi instan yang sudah terkenal. 

Penampakan berbagai merk mi instan yang beredar :

Penampakan Indomie : 

9. Tambahan :
Tank dan panser
Meskipun sama-sama kendaraan untuk tempur di medan perang, ternyata ada perbedaannya loh. Kalo tank itu kendaraan baja yang rodanya berupa lempengan baja panjang dan senjatanya itu (moncongnya) bisa muter-muter seenake dewek, tergantung sang kemudi. Dan biasanya tank lebih digunakan untuk mendobrak pertahanan musuh karena daya tembaknya yang luar biasa.
Kalo panser rodanya sama kayak roda-roda kendaraan lain pada umumnya. Bentuknya lebih kecil dari tank baja (namun ada juga yang berukuran besar). Fungsinya cuma untuk membawa pasukan prajurit dan juga biasanya senjatanya cukup ringan, gak segahar tank baja.
Penampakan tank baja :
Penampakan panser :



10. Bonus :
Peci dan Helm
Bagi Agan dan sista yang sering mampir di blog sederhana saya ini, pasti udah pada tahu kan, mengenai perbedaan peci dan helm. Soalnya sebelumnya saya pernah membahas artikel mengenai orang-orang yang belum bisa bedain antara peci dan helm.
Tapi gak apa-apa kok, saya cuma mau mengingatkan kembali mengenai fungsi masing-masing dari helm dan peci ini.
Kalo helm sudah pasti digunakan buat naik motor dan peci biasa dipakai saat sedang sholat gan. Tapi tetap masih ada beberapa gelintir orang yang keliru mengenai masing-masing fungsinya. Cek aja disini :
Penampakan disini gan :
Penampakan peci :

Helm bukannya dipake buat naik motor, malah dipake buat sholat
Penampakan helm :

Peci bukannya dipake buat sholat, malah dipake buat naik motor


Sudah pada jelas kan perbedaan-perbedaan diatas. Yah meskipun sebagian besar sudah banyak yang tau, tapi kan ada beberapa gelintir yang mungkin aja belum paham, termasuk saya, hehehe... 

Dengan membaca artikel ini mudah-mudahan aja gak ada yang keliru lagi ya gan. Kalo ada yang mau nambahin, silahkan share aja di kotak komen gan. Mubazir loh kalo sampai dikosongin.

Salam blogger...

*semua gambar diambil dari Google...

Posting Komentar untuk "Benda-Benda Yang Sering Keliru Pengucapannya"