5 Alasan Blog Tidak Disukai Pengunjung

Sebagai seorang blogger, tentunya kita seringkali melakukan blogwalking ke blog lain dengan beragam tujuan positif. Tentu saja banyak pengalaman berharga akan didapat ketika kita melakukan blogwalking.



Seperangkat Alat Ngeblog - Blog Mas Hendra

Namun aktivitas blogwalking terkadang tidak sesuai dengan harapan, karena blog yang kita kunjungi, seringkali mengabaikan kenyamanan para pengunjungnya, yang menyebabkan kita tidak tertarik untuk berkunjung kembali. Tentu saja, bila hal sepele ini dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan menurunnya trafik sebuah blog. Baca juga -> 15 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog


1. Iklan yang berantakan

Memasang iklan di blog adalah hal yang wajar, karena dapat mendatangkan pasif income. Namun terkadang masih banyak ditemukan blog dengan penempatan iklan yang terlalu berlebihan dan berantakan, yang menyebabkan pengunjung merasa tidak nyaman dan risih saat membaca artikel di blog. Hal ini pula yang dapat menyebabkan pengunjung akan pergi meninggalkan blog Anda dan tidak akan kembali lagi.

Solusi : atur penempatan iklan dengan baik dan rapih, serta hindari memasang iklan pop up maupun pop under secara brutal dan berlebihan, sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat berkunjung ke blog Anda. Saya pun cukup sering menemukan blog yang seperti ini, dan memang sangat mengganggu.

2. Loading blog sangat lambat

Penyebabnya sangat beragam, namun salah satunya yang paling sering tanpa Anda sadari adalah pemilihan template yang kurang tepat. Terkadang template yang berat menyebabkan loading blog menjadi lambat, sehingga pengunjung harus menunggu lama hanya untuk mengakses blog Anda. Bukan tidak mungkin, pengunjung pun secara perlahan akan meninggalkan blog Anda.

Solusi : pilihlah template dengan loading yang cepat dan cukup responsif.

3. Konten yang membosankan

Banyak yang mengatakan content is a king, artinya konten blog memiliki peranan yang terbilang cukup penting, bahkan lebih penting ketimbang sang mantan. Pengunjung lebih tertarik dengan konten yang bermanfaat dan unik. Namun apa jadinya jika konten blog sama sekali tidak memiliki daya tarik bagi pengunjung, baik itu dari segi kualitas artikel maupun gaya bahasa yang digunakan. Baca juga artikel -> Tips Menulis Artikel yang Baik

Solusi : setidaknya berikan sentuhan bermanfaat dan cukup unik pada setiap tulisan Anda, serta gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami dan enak dibaca pengunjung.

4. Desain template yang buruk

Masih memiliki keterkaitan dengan alasan nomor 2 diatas. Meskipun template Anda cukup responsif dan cepat saat loading, namun perhatikan juga apakah template yang Anda gunakan nyaman bagi pengunjung atau tidak. Template dengan desain yang tidak nyaman di mata, atau kurang sedap dipandang, menyebabkan minat baca pengunjung juga akan ikut menurun. Dengan alasan tersebut, bukan tidak mungkin pengunjung akan pergi meninggalkan blog Anda.

Solusi : pilihlah template yang cukup nyaman dan sedap dipandang bagi pengunjung. Sesuaikan jenis font, warna latar maupun warna huruf di blog Anda dengan kombinasi yang cukup baik, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah ketika berkunjung ke blog Anda.

5. Tidak adanya menu navigasi di blog

Menu navigasi berfungsi untuk memberi kemudahan bagi pengunjung untuk menjelajahi seluruh isi blog. Namun apa jadinya jika sebuah blog tidak dilengkapi dengan menu navigasi, tentu saja pengunjung akan merasa kebingungan untuk menjelajah dari satu artikel ke artikel yang lainnya. Jangan sampai hal ini dibiarkan saja tanpa solusi, karena dapat menyebabkan menurunnya pengunjung.

Solusi : lengkapi blog atau situs Anda dengan menu navigasi yang jelas, sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahi konten blog Anda dengan nyaman.

Baca juga -> 6 Manfaat Dahsyat Blogwalking

Bagaimana sobat blogger, apakah artikel mengenai 5 alasan blog tidak disukai pengunjung dapat menambah wawasan Anda?

Bagi yang ingin menambahkan, silahkan ditunggu komennya di bawah.

Semoga bermanfaat.

You May Like This :


EmoticonEmoticon