Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Tak dapat dipungkiri, blog dengan ribuan pengunjung per harinya, tentu merupakan dambaan bagi para blogger di seluruh jagat maya. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke sebuah blog atau website setiap harinya, merupakan SALAH SATU tolok ukur kesuksesan sebuah blog, terutama bagi Anda yang sedang berjuang memonetisasi blog dengan AdSense. Selain pengunjung yang ramai, tentu saja ngeblog akan bertambah lebih semangat lagi.


Ada banyak cara meningkatkan pengunjung blog atau website yang telah dijelaskan di internet. Namun saya akan membahasnya secara detail, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

visitors of blog mas hendra

MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG DENGAN CARA BERBAYAR

1. Memasang iklan di TV

Cara seperti ini, tentu saja akan banyak mengeluarkan biaya untuk memasarkan blog atau website Anda. Namun memiliki efek yang luar biasa dalam meningkatkan traffic. Tengok saja website-website terkenal yang sudah sering muncul di TV Anda, semisal olx.com, berniaga.com, traveloka.com dan okezone.com.

Langkah ini merupakan promosi blog atau website yang paling ampuh untuk semakin mudah dikenal banyak orang yang berpotensi pada peningkatan traffic blog atau website Anda.

2. Memasang iklan di sosial media semisal Facebook

Facebook merupakan salah satu social media yang paling terkenal (untuk saat ini) dan memiliki kelebihan di banding sosmed yang lainnya.

Dari data yang diperoleh, sampai saat ini pengguna jejaring social Facebook telah mencapai angka 1,19 miliar pengguna aktif di seluruh dunia (data bulan Oktober 2013, tekno.kompas.com).

Melihat angka pengguna Facebook yang begitu fantastis, bukan tak mungkin dapat meningkatkan traffic blog atau website Anda bila memasang iklan blog atau website Anda di Facebook. Potensi klik sangatlah besar, oleh karena itu buatlah iklan dengan kata-kata yang menarik, mempesona dan mengundang orang banyak untuk meng-klik iklan blog atau website Anda.

3. Memasang iklan baris online

Situs penyedia iklan baris online semakin banyak bertebaran di internet. Baik iklan baris yang gratis maupun yang berbayar. Sebaiknya pilih yang berbayar, mengingat lebih baik dari yang gratisan, iklan baris berbayar juga lebih tepat sasaran pada traffic pengunjung di blog atau website Anda. Dan tentu saja situs penyedia iklan baris berbayar memiliki kredibilitas yang lebih baik dan jumlah pengunjung yang banyak ketimbang situs penyedia iklan baris yang gratisan.

Contoh situs penyedia iklan baris : pasangiklanbaris.org dan pasangiklan.com

4. Memasang iklan PPC

PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click atau dalam bahasa Indonesia berarti Bayar Per Klik (BPK). PPC merupakan metode periklanan online yang akan dibayar setiap ada pengunjung yang meng-klik iklan pada suatu blog atau website.

Dengan metode ini, para pemasang iklan hanya perlu membayar kepada pemilik web berdasarkan jumlah pengunjung yang masuk ke website pemasang iklan.

Carilah perusahaan penyedia jasa iklan PPC yang memiliki kredibilitas yang baik dan pasanglah iklan blog atau website Anda disana. Salah satu contohnya adalah Google AdWords yang saat ini merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa iklan terbaik. AdWords memiliki advertiser (pemasang iklan) dan publisher (penerbit iklan) yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

5. Memaksimalkan blog secara offline

Setelah melakukan langkah-langkah online berbayar di atas, maka langkah berikutnya adalah bagaimana memaksimalkan blog atau website Anda secara offline. Bagaimana caranya? Meskipun secara offline, namun tetap membutuhkan biaya dalam prosesnya.

Anda dapat mempromosikan blog atau website dengan cara membuat kaos, topi, jaket, stiker dan mug/gelas yang bertuliskan nama blog atau website Anda.

- mug/gelas
Sediakan mug/gelas (yang bertuliskan blog atau website Anda) pada saat acara arisan maupun acara resmi yang lainnya dan mulailah berpromosi di sana.

- jaket
Pakailah jaket yang bertuliskan nama blog atau website Anda ketika mengendarai motor. Tentu saja buatlah tulisan blog atau website Anda semenarik mungkin, agar mudah diingat dan dapat menarik perhatian pengendara yang lainnya.

- kaos atau topi
Kenakan kaos dan topi yang bertuliskan nama blog atau website Anda saat sedang bepergian jalan kaki. Dan buatlah tulisannya semenarik mungkin agar terbaca dan mudah diingat oleh orang banyak.

6. Buatlah souvenir pernikahan

Kedengarannya memang agak sedikit aneh, konyol, nyeleneh dan tak biasa. Dan mungkin saja belum pernah ada yang menerapkan cara ini sebelumnya. Namun tak ada salahnya bila Anda mencoba membuat souvenir pernikahan tersebut dengan bertuliskan nama blog atau website Anda. Souvenir dapat berupa gantungan kunci, kipas tangan, bros dan lain sebagainya.

MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG DENGAN CARA GRATIS

1. Memaksimalkan SEO blog

Apa yang di maksud dengan SEO? SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah sebuah usaha yang dilakukan pada blog atau website yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic kunjungan melalui mesin pencari (search engine).

Ada dua macam SEO, yaitu SEO Offpage dan SEO Onpage.

- SEO OFFPAGE :
Proses optimasi suatu blog atau website dari luar. Semisal : menyebarkan link blog mengarah keluar dengan tujuan untuk mendapatkan backlink dan promosi blog atau website.

- SEO ONPAGE :
Kebalikan dari SEO Offpage, proses optimasi suatu blog atau website dari dalam. Semisal : pemasangan Meta Tag Description, Heading Tag, Title Tag, Attribute "alt" dan "title" pada gambar postingan dan pemilihan template blog atau website yang SEO Friendly.

2. Share ke social media

Kekuatan sebuah social media (the power of social media) dalam menyebarluaskan sebuah informasi/berita memiliki pengaruh positif yang patut Anda pertimbangkan dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog atau website. Dan cara ini merupakan yang termudah dalam menyebarkan informasi seputar blog atau website yang Anda miliki. Dan gratis tentunya.

Bagikan link artikel yang baru saja Anda posting di blog melalui Facebook, Twitter, Path, Google+ maupun LinkedIn. Dan tunggulah pengunjung datang membanjiri blog atau website Anda dengan sendirinya.

3. Menjadi tamu penulis di blog yang lain

Ada banyak situs yang membuka kesempatan menulis artikel bagi para blogger. Salah satunya adalah situs yang sudah cukup ngetop di kalangan blogger, namanya Mojok.co. Kirimkan tulisan Anda yang keren, kreatif dan bermanfaat. Tulisan yang lolos seleksi dan memenuhi syarat, maka artikel Anda akan ditampilkan di Mojok.co.

Dengan cara ini, secara tak langsung dapat membuat Anda dikenal oleh pembaca-pembaca di situs tersebut. Dan hal ini memungkinkan blog atau website Anda pun akan ikutan kebanjiran pengunjung.

4. Mengikuti forum diskusi online

Saat ini semakin banyak situs yang membuka kesempatan kepada kita untuk saling berkomunikasi melalui forum maupun diskusi secara online. Promosikan blog atau website Anda di forum-forum diskusi yang sudah ngetop, semisal Kaskus, Yahoo, forum Kompas dan forum-forum diskusi yang lainnya.

Carilah forum diskusi yang senada dengan tema blog atau website Anda. Saling berinteraksilah dengan sesama anggota forum, bertanya jawab dan jangan lupa sisipkan alamat link blog atau website Anda.

5. Manfaatkan social bookmark

Yang dimaksud dengan social bookmark adalah media untuk men-submit artikel dan juga untuk mendapatkan backlink. Cobalah untuk men-submit artikel yang telah Anda tulis ke social bookmark yang sudah terkenal di antaranya ; LintasMe.com, Hasbenyou.com, LintasBerita.In, JadiTerkenal.com dan Gresnews.com.

6. Maksimalkan blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain sambil meninggalkan jejak berupa komentar yang baik. Bagaimana komentar yang baik itu? Komentar yang baik itu berisi komentar yang relevan/nyambung dengan isi artikel yang sedang dibahas. Makanya biasakan membaca artikel dari awal sampai selesai ketika Anda berkomentar.

Blogwalking juga memiliki manfaat yang dahsyat dalam memaksimalkan blog atau website Anda.

Hindari berkomentar dengan meninggalkan link aktif, karena akan di anggap sebagai SPAM dan juga hindari komentar yang hanya basa basi, semisal : "thanks gan", "nice artikel", "siip gan", "mantab gan", "info yang bermanfaat gan".

Komentarlah yang baik setiap Anda melakukan blogwalking. Dengan begitu akan banyak pembaca lain yang akan berkunjung balik (blogwalking) ke blog atau website Anda.

7. Beritahu teman dan keluarga

Cara paling mudah dan tak perlu biaya. Sebarkan alamat blog atau website Anda kepada adik, kakak, mertua, calon mertua, orang tua, paman, kakek, nenek, teman kerja, rekan bisnis dan lainnya. Yah mirip dengan MLM alias Mulut Lewat Mulut.

8. Rajin update blog

Blog yang selalu update dengan artikel-artikel baru, lebih disukai pengunjung. Karena kecenderungan pembaca lebih menyukai tulisan-tulisan baru di blog atau website Anda.

Postinglah artikel secara rutin, bisa satu minggu sekali, dua kali dalam satu minggu, dua hari sekali atau kalau bisa setiap hari. Yang penting rajin-rajinlah blogwalking supaya mendapatkan inspirasi dalam menulis sebuah artikel.

9. Buat artikel yang berkualitas

Kualitas artikel di blog atau website Anda sangat menentukan jumlah pengunjung loh. Semakin baik dan bermanfaat suatu artikel, maka semakin tinggi potensi pengunjung yang datang ke blog atau website Anda.

Bagaimana cara menulis artikel yang baik? Untuk lebih jelasnya baca artikel saya : Cara Menulis Artikel Yang Baik.

Cukup segitu saja dulu bahasan mengenai cara meningkatkan pengunjung blog. Mudah-mudahan hal tersebut dapat meningkatkan traffic blog atau website Anda. Dengan cara meningkatkan pengunjung blog seperti di atas, tentu akan membuat blog Anda semakin di kenal luas dan semakin banyak pengunjung yang mampir ke blog Anda setiap hari.

Semoga bermanfaat

6 comments

kalau boleh tahu sampai berapa banyak pengunjung blog ini perhari nya kak?
blog saya, belum dioptimasi SEO on site nya, tapi lumayan perhari nya ada beberapa pengunjung yang datang dari search engine google. o ya, salam kenal

Reply

Pokoknya pageview per hari bisa 600an. Lumayan lah. Pernah mencapai 1000/hari... Naik turun gitu jumlahnya.

Trims sudah mampir.

Reply

Wah kalau ane mah pake cara yang gratis aja dulu.. nanti kalau udah sukses baru pake yang berbayar hahaha :D

Jika berkenan, silahkan kunjungi blog sederhana ini http://puloblog.blogspot.com

Reply

Hehehe... betul mas. Yang penting pake gratis dulu, liat perkembangannya, bagus atau tidaknya, kalau masih gak bagus, yaa terpaksa pakai yang GRATIS lagi, hahaha....

Oke makasih

Reply

Bagus tipsnya. Thanks telah share.

Reply

Makasih juga sudah mampir Mas Mukti

Reply

Post a Comment