Suasana Kota Jakarta Menjelang Lebaran

Seperti kita ketahui, kota besar seperti Jakarta, selalu saja memiliki cerita beragam yang unik dan menarik saat menjelang Lebaran tiba. Seperti yang akan saya bahas pada artikel kali ini.


Baca juga artikel : Fenomena Menjelang Lebaran

Suasana menjelang Lebaran setiap tahunnya, sedikit banyak memberikan dampak bagi masyarakat yang tinggal didalamnya.

Yuk kita liat seperti apa suasana kota Jakarta sesaat menjelang Lebaran, berikut ini :

Suasana menjadi sepi sejenak

Sebagian besar penduduk kota Jakarta adalah pendatang yang akan menghabiskan masa liburannya untuk mudik dan berkumpul di kampung halamannya masing-masing ketika lebaran tiba. Dan efeknya suasana di kota Jakarta mendadak menjadi sepi.

Seperti yang terjadi di lingkungan tempat tinggal sekitar saya, banyak yang mudik, alhasil suasana sangat sepi, mirip sebuah kota yang terisolasi dari wabah penyakit kutil.

Jalanan jadi sepi

Ruas jalanan yang biasanya identik dengan kata macet, saat menjelang Lebaran akan terlihat sepi. Karena kota Jakarta akan ditinggalin oleh sebagian besar penduduknya yang memang merupakan para pendatang.

Jalanan yang biasanya padat, mendadak menjadi sepi saat menjelang Lebaran

Dan momen inilah yang saya tunggu, karena jalanan menjadi kosong. Yah walaupun hanya untuk beberapa saat, tapi setidaknya saya dapat merasakan lancarnya berkendara di jalanan kota Jakarta. Waktu tempuh pun menjadi lebih cepat.

Jasa penukaran uang receh dadakan

Para penjaja jasa penukaran uang receh biasa ditemui di kota Jakarta menjelang Lebaran, seperti yang biasa saya temui di kawasan Pondok Indah dan jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan. Kesempatan ini tentu saja banyak dimanfaatin bagi masyarakat untuk menukarkan uang recehan yang akan dibagikan kepada anak-anak maupun sanak saudaranya saat Lebaran nanti.

Ramai pemudik

Terminal-terminal di kota Jakarta mendadak ramai dari biasanya oleh para pemudik yang akan menghabiskan waktu liburan di kampung halaman. Seperti yang biasa saya temui di sekitar terminal Lebak Bulus, banyak calon pemudik terlihat menenteng barang bawaan untuk mudik. Seperti tas pakaian, kardus (biasanya oleh-oleh), plastik berukuran besar, maupun mantan. SKIP yang terakhir!!

Baca juga artikel : Tips Mudik Naik Motor

Bengkel motor mendadak penuh

Bagi yang hendak mudik menggunakan motor, biasanya mereka akan men-service motornya di bengkel, baik itu bengkel motor resmi maupun non resmi.

Bengkel motor yang selalu ramai


Selain itu, motor juga akan dipakai kesana kemari mencari alamat palsu untuk mengunjungi sanak saudara saat Lebaran nanti. Biar mesin motor lebih joss, tentunya harus diservice rutin dulu dong, kan THR udah cair.

Pusat perbelanjaan semakin ramai

Banyak warga Jakarta yang memadati sejumlah pusat perbelanjaan, seperti pasar maupun mall menjelang Lebaran. Biasanya sih mereka akan membeli baju baru buat Lebaran. Padahal kan, Lebaran nggak mesti pakai baju baru. Iya toh.

Nah itulah suasana setiap tahunnya yang kerap kali terjadi di kota Jakarta. Selalu begitu dan begitu setiap tahunnya, nggak akan pernah berhenti sampai Cita Citata duet maut bareng The Rock.

Bagaimana dengan suasana di kota teman-teman sobat blogger??? Apakah sama atau malah nggak beda jauh?? Sharing dong di kotak komentar, mumpung gratis.

Semoga bermanfaat...

Baca juga artikel lainnya :


You May Like This :


EmoticonEmoticon