Tips Menghindari Begal di Jalan Raya

Begal adalah kejahatan yang dilakukan di jalan. Atau dengan kata lain perampasan yang disertai dengan kekerasan untuk merebut kendaraan milik orang lain di jalan. Para pelaku pun tak segan-segan untuk melukai bahkan membunuh bila korbannya mencoba melawan.


Sebenarnya cerita begal bukanlah perkara baru. Pasalnya cerita tentang begal sudah lama terjadi dan tak melulu hanya terjadi di wilayah Jabodetabek saja. Namun meluas di sebagian wilayah di Pulau Jawa dan juga Sumatera, bahkan bisa jadi menyebar di wilayah lainnya di Indonesia. 


Ilustrasi Gambar Begal Lagi Ngerampok Motor
Sumber gambar

Dewasa ini, begal kembali menguak ke permukaan yang membuat banyak pihak semakin meningkatkan kewaspadaannya. Modus perampasan komplotan begal masa kini semakin ganas. Pasalnya, dalam melakukan aksinya, para pembegal tak lagi mengancam korbannya terlebih dulu, namun tanpa peringatan lagi, para pembegal langsung melukai korbannya, bahkan sampai tega membunuh korbannya. Lalu merampas kendaraan si korban dan membawa kabur.


Waspada ketika berkendara di jalan raya pada malam hari, tentu menjadi hal yang paling penting dan paling utama saat ini. Namun bukan berarti kita tak bisa menghindari keganasan begal yang tak berperikehewanan tersebut.


Berikut adalah tips sederhana bagaimana menghindari tindakan para komplotan begal di jalan raya :


1. Jangan lupa selalu berdoa ketika akan keluar rumah


Mungkin hal ini kelihatannya sepele, tapi jangan sekali-kali Anda meremehkan kekuatan sebuah doa. Kita memohon perlindungan untuk dijauhkan dan dihindarkan dari kejahatan syaithon dan juga manusia kepada Sang Pemilik Alam Semesta. Kalau kita sudah dalam perlindunganNya, maka siapa lagi yang dapat mengganggu kita.


2. Tetap waspada selama berkendara di jalan raya


Setelah berdoa, tentunya Anda harus tetap menjaga dan meningkatkan kewaspadaan ketika berkendara di jalan raya, terutama pada malam hari ketika Anda melintas di jalan yang sepi. Menurut sumber dari salah satu forum komunitas terbesar, para pembegal mengincar calon korbannya yang terlihat mengantuk atau loyo, berkendara kurang semangat, berkendara tak konsentrasi, berkendara seperti kurang waspada dan berkendara secara konstan dengan kecepatan yang pelan.


3. Berkendara dengan sigap


Selain waspada, Anda pun dituntut untuk berbadan sigap, tegap dan lebih gesit ketika berkendara. Dalam artian, berkendaralah dengan penuh wibawa, jangan keliatan loyo atau terlihat kurang semangat dan atur kecepatan yang tak terlalu pelan dan juga tak terlalu ngebut. Usahakan untuk pandai bermanuver ketika berkendara. Hal ini menyebabkan para pembegal enggan untuk mengincar calon korbannya yang 'pandai' bermanuver.


4. Usahakan untuk konvoi dengan para pengendara lainnya


Ketika berkendara pada malam hari, usahakan jangan terpisah sendirian. Hal ini diibaratkan seperti seekor domba yang terlepas keluar dari kawanan domba lainnya, sehingga memudahkan untuk diterkam oleh mangsa yang setiap saat selalu mengintai.


Cobalah untuk berusaha berkendara berbarengan dengan pengendara motor lainnya, jadi Anda terlihat seperti sedang berkonvoi bersama-sama.


Berbicara mengenai masalah konvoi, Anda pun dapat mem-follow akun Twitter @pulangkonvoi untuk mencari teman konvoi ketika Anda pulang dan berkendara pada malam hari. Cobalah.


5. Rajin memberi kabar


Komunikasikan selalu dimana posisi Anda berada dengan keluarga, teman, sahabat, tetangga dan orang-orang terdekat. Setidaknya mereka akan selalu mengetahui posisi akurat Anda. Sering-seringlah memberi kabar atau update status posisi Anda bila memungkinkan. Ingat ya, bila memungkinkan!!.


6. Berhenti di tempat ramai


Ketika Anda merasa diikuti oleh beberapa pengendara motor, segeralah mencari tempat aman untuk berhenti. Namun satu hal penting yang perlu Anda perhatikan, jangan sembarang berhenti di tempat kerumunan orang yang tak jelas, mungkin bisa jadi mereka juga merupakan komplotan para begal. Waspada boleh dong.


Ada baiknya Anda berhenti di tempat yang terpercaya, seperti Pombensin 24 jam, minimarket 24 jam maupun pos atau kantor polisi. Tapi pos polisinya yang ada polisi jaganya ya, kalau kosong, ya sama juga bohong guys! Berhentilah sampai dirasa situasi aman terkendali.


7. Membunyikan klakson berulang-ulang


Banyak yang menganjurkan untuk membunyikan klakson berulang-ulang ketika Anda dipepet oleh pengendara lainnya. Tujuannya adalah untuk mencari perhatian dari warga sekitarnya.


8. Pacu kendaraan dengan kecepatan tinggi


Cara yang satu ini terbilang sangat ekstrim guys. Ketika Anda merasa diikuti oleh beberapa pengendara motor, paculah motor Anda dengan kecepatan tinggi. Dengan catatan, Anda memang mahir mengendarainya dan motor Anda memang bisa dibawa ngebut. Mungkin motor dengan ber-CC besar lebih cocok untuk ngebut.


Hal ini juga patut Anda coba ketika melintasi jalur yang sangat sepi, paculah kendaraan sampai ketemu lagi dengan jalan yang ramai. Namun tetap hati-hati. Hal ini guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama melintas jalur yang sangat sepi.


Anda berani mencobanya??


9. Usahakan untuk tidak keluar rumah sendirian


Bila memang terpaksa harus keluar pada malam hari, usahakan mengajak teman, saudara, kerabat atau siapapun yang bisa Anda ajak untuk menemani selama dalam perjalanan. Mantan juga boleh. Kalau memang tak ada yang bisa Anda ajak untuk menemani, ya lebih baik tak usah keluar rumah.


10. Tampil sederhana


Tampillah dengan sederhana ketika Anda berkendara. Jangan memakai perhiasan dan aksesoris yang mencolok yang dapat memancing para komplotan begal. Kenakan sepatu atau sandal yang butut namun masih layak pakai, kenakan celana dan jaket motor seadanya, jangan keliatan yang mewah dan mahal. Intinya Anda tampil se-GEMBEL dan se-KERE mungkin.


Para pembegal pun enggan untuk mengincar calon korbannya yang keliatannya cukup mengenaskan, bahkan lebih mengenaskan ketimbang para pembegal itu sendiri. Kalau memang masih kena begal juga, berarti nasib Anda belum beruntung.


11. Motor tampil sederhana


Mungkin lebih tepatnya membuat tampilan motor terlihat sesederhana mungkin, layaknya motor butut yang murahan. Bagaimana caranya?? Tanyakan saja pada modifikator motor yang handal dalam hal ini. Atau sedikit lakukan modif motor di sana sini, agar tak terlalu orisinil, konon katanya begal suka dengan motor yang tampil orisinil, karena nilai jualnya tinggi.


Para pembegal biasanya enggan untuk mengincar calon korbannya yang mengendarai motor butut, karena menilai motornya tak akan laku dijual atau memiliki nilai jual yang sangat rendah. Tapi hati-hati ketika melintas di depan polisi, bisa-bisa motor Anda malah jadi bermasalah di hadapan pak polisi, mengingat motor Anda tak sesuai dengan standard pabrikan.


12. Pasang kaca spion dengan lengkap


Dengan memasang kaca spion yang lengkap, tentu akan memudahkan Anda dalam mengawasi situasi yang ada di belakang Anda. Waspadalah dengan cara sering melihat kaca spion, siapa tau saja ada yang mengikuti Anda dari belakang.


13. Kuasai medan jalan


Dengan menguasai dan hafal trek jalanan yang biasa Anda lalui setiap hari, tentu akan memudahkan Anda ketika menghindar dari kejaran para pembegal yang mengikuti Anda. Hindari jalanan yang terlalu sepi dan carilah jalan alternatif lainnya yang sekiranya lebih ramai atau dirasa aman untuk Anda lalui.


14. Jangan keluar pada malam hari


Mungkin anjuran ini memang terbilang manjur. Namun bagaimana halnya bagi Anda yang memang harus beraktivitas pada malam hari??. Ikuti saja poin nomor satu sampai nomor tiga belas. Kalau memang dirasa tak ada urusan yang penting pada malam hari, sebaiknya hindari untuk keluyuran pada waktu tersebut.


15. Pasang alat GPS di kendaraan Anda


Langkah ini tentu saja akan membutuhkan biaya yang (mungkin) tak sedikit. Namun bermanfaat ketika kendaraan Anda digondol atau dirampas oleh pembegal dan sejenisnya. Teknologi GPS akan membantu memudahkan Anda untuk menemukan dimana posisi tepat kendaraan Anda berada.


16. Hati-hati banyak modus di jalan

Waspada dan hati-hati terhadap seseorang yang menanyakan alamat di jalan atau pura-pura kecelakaan dan lain sebagainya. Gak ada salahnya kan kalau Anda selalu waspada, bukannya kita gak mau nolongin, sekarang banyak orang yang menipu dan menghalalkan segala macam cara demi UANG.

Modus-modus di jalan :

- Anak kecil menangis dan minta dianterin ke suatu alamat.
- Ada cewek yang pura-pura bingung cari alamat.
- Orang yang pura-pura kecelakaan tergeletak di tengah jalan dan terdapat batang kayu atau pohon melintangi jalan, sebaiknya Anda mencari jalan lain untuk memutar. Lebih baik jalan lebih jauh daripada kenapa-kenapa.
- Jeratan benang 'setan' di jalan yang gelap dan sepi.

Semoga ke-16 tips diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang berkendara pada waktu malam hari atau ketika jalanan sepi. Begal dan sejenisnya tak hanya mencari korban pengendara motor, namun mereka juga membagi tugas untuk membegal kendaraan roda empat alias mobil. Namun mayoritas korbannya hingga saat ini paling banyak adalah pengendara motor.

Semoga bermanfaat...

4 comments

Nice post gan, dan semoga para begal mendapatkan hidayah dari Allah

Reply

Aaamiiin... Makasih sudah mampir

Reply

Saya pernah jadi salah satu korban kejahatan di jalan. beruntung cuma barang-barang saya yang diambil. Jadi tips2nya bermanfaat banget buat saya peibadi :D :D

Reply

Wah harus lebih hati-hati lagi deh... Kejahatan udah semakin beringas.

Reply

Post a Comment