Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Ampuh Mencegah Tikus Masuk ke Rumah


Hewan pengerat ini, selain memiliki musuh abadi, yakni kucing, tikus juga sering menjadi musuh manusia, terutama di dalam rumah. Keberadaan tikus di dalam rumah, kerap bikin resah penghuni. Selain meninggalkan jejak yang kotor, tikus bisa saja menginjak berbagai peralatan makan, seperti piring dan gelas.

Oke oke. Tikus memang sering banget wara wiri di sekitar rumah kita. Mungkin itu bukan masalah. Tapi justru masalah baru muncul saat si tikus berhasil memasuki rumah kita melalui sebuah jalan rahasia. Mereka akan selalu berusaha mencari jalan untuk bisa masuk ke dalam rumah.

Nah, berdasar pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa tips mencegah tikus masuk ke dalam rumah :

1. Hindari akses bagi si tikus

Tutup semua akses yang memudahkan bagi si tikus untuk masuk ke dalam rumah. Seperti yang saya alami, ada tikus yang masuk lewat plavon, bahkan ada tikus yang berusaha masuk lewat closet. Keterlaluan!! Akibat peristiwa yang tidak senonoh itu dan untuk mencegah si tikus mengintip saat saya lagi mandi, saya pun menutup semua akses buat si tikus. Terutama yang lewat closet.

2. Pelihara kucing di rumah

Dengan memelihara kucing di dalam rumah, biasanya akan membuat nyali tikus menciut. Dan cara ini terbilang cukup ampuh loh.

Dulu sekali, saya selalu memelihara beberapa ekor kucing di rumah, dan hasilnya : jarang sekali ada tikus yang berani menampakkan batang hidungnya, sekalinya ada tikus bernyali besar yang nongol, langsung diterkam sama si kucing.


3. Jangan menyenderkan perabot ke tembok

Inget, saat si tikus menemukan jalan melalui atap rumah/plavon, hindari untuk menempelkan atau menyenderkan perabotan, seperti lemari rak piring, lemari pakaian maupun perabotan lainnya. Karena akan memudahkan si tikus buat menjangkau ke dalam rumah.

4. Sediakan jebakan tikus

Cara ini mungkin dirasa yang paling efektif. Karena dapat langsung mengurangi populasi tikus dan juga sebagai efek jera bagi para tikus lainnya.

Ada beberapa jebakan tikus, seperti : sistem jepit, perangkap, racun tikus maupun lem tikus.

Sebaiknya hindari membunuh tikus dengan cara memberi racun tikus. Karena setelah si tikus memakan racunnya, beliau biasanya tidak langsung mati, tapi masih bisa jalan sempoyongan dulu, baru kemudian mati, justru kalo lokasi matinya si tikus tidak diketahui, malah tambah bikin repot, karena yang kecium hanya baunya saja, sedangkan bangkai tikusnya malah sulit dijangkau.

5. Buang sisa makanan dan sampah

Biasakan untuk mengosongkan tempat sampah dan buang juga sisa makanan dan simpan sisa makanan yang masih layak untuk dimakan ke dalam kulkas.

Jangan sekali-kali meninggalkan sisa makanan dan sampah, justru akan memancing tikus untuk mengacak-ngacak dapur kita. Kosongkan semuanya.

6. Tutup semua lubang

Serupa dengan tips pertama, hanya saja lubang yang dimaksud yang tidak kelihatan oleh kita, karena saking kecilnya. Bisa saja ada lubang di bawah lemari atau tembok. Ukuran tikus yang kecil seperti curut, biasanya akan lebih mudah untuk masuk lewat akses yang kecil sekalipun. 

Mudah-mudahan cara-cara diatas ampuh untuk mengusir tikus ya guys!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Ampuh Mencegah Tikus Masuk ke Rumah"

Berlangganan via Email