Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Langkah Mudah Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Layaknya sebuah kastil, sistem imun tubuh adalah benteng pertahanan yang kekuatannya harus dipertahankan agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih dari serangan virus di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Dengan adanya ancaman virus barian baru, semua orang harus beradaptasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain rajin menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan sistem imun tubuh juga menjadi cara terbaik untuk mencegah patogen, termasuk virus yang akan menginfeksi tubuh. Lantas, bagaimana cara meningkatkan sistem imun tubuh?

Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Saat Anda ingin meningkatkan sistem imun tubuh, kuncinya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebagai contoh selalu menerapkan pola hidup sehat dengan menjauhi asap rokok dan alkohol. Untuk lebih jelasnya mengenai cara meningkatkan sistem imun tubuh, simak langkah mudahnya di bawah ini.

1. Konsumsi vitamin C

Supaya sistem imun tubuh Anda tetap berfungsi dengan baik selama penyebaran virus COVID-19, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Sebab, vitamin C akan meningkatkan daya tahan tubuh. Semakin kuat daya tahan tubuh Anda, hal ini akan mengurangi risiko terserang penyakit yang disebabkan bakteri, virus dan juga kuman.

Rekomendasi makanan yang kaya akan vitamin C antara lain, jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya dan buah kiwi. Sekedar informasi, jambu biji lebih banyak mengandung vitamin C dibanding jeruk. Untuk bisa mendapatkan asupan vitamin C dari jambu biji, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mengolahnya terlebih dulu menjadi jus.

2. Sayur dan buah-buahan

Selain makanan yang kaya kandungan vitamin C, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin juga akan meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran dan buah-buahan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kelola stres dengan baik

Saat Anda tidak mampu mengelola stres dengan baik, produksi hormon kortisol akan meningkat. Meningkatnya produksi hormon kortisol yang berkepanjangan akan menurunkan daya tahan tubuh Anda secara perlahan. Oleh sebab itulah, untuk mencegah penurunan fungsi sistem imun tubuh, ada baiknya Anda mengelola stres dengan lebih baik.

4. Rutin berolahraga

Langkah mudah meningkatkan sistem imun tubuh yang berikutnya adalah rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Sebaiknya Anda melakukan aktivitas tubuh ini di pagi hari. Sebab, sinar matahari pagi bisa meningkatkan kadar vitamin D di dalam tubuh. Semakin tinggi vitamin D dalam tubuh Anda, semakin baik pula daya tahan tubuh Anda.

5. Istirahat yang cukup

Meningkatkan sistem imun tubuh tidak selalu berhubungan dengan vitamin dan juga beraktivitas saja. Faktanya, tubuh juga harus diistirahatkan dengan cukup agar kondisi tubuh Anda tetap prima.

Waktu istirahat yang ideal untuk orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam. Sedangkan anak-anak selama 10 jam setiap harinya. Dengan melakukan istirahat yang cukup, akan membuat daya tahan tubuh Anda tetap terjaga dengan baik.

6. Konsumsi suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat, meningkatkan sistem imun tubuh juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi suplemen tambahan. Salah satu rekomendasi suplemen yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh adalah Rhea Health Tone, yang mengandung Gardenia jasminoides oleum, Olea europaea oleum (Olive oil) dan senyawa lain yang berkhasiat membantu memperbaiki sistem imun tubuh.

Suplemen untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Nah itulah enam langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh di tengah masa pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai. Selain itu, hindari gaya hidup yang mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Semoga bermanfaat.

4 komentar untuk "Langkah Mudah Tingkatkan Sistem Imun Tubuh"

  1. Betul sekali kang, sistem imun tubuh harus terus dijaga, salah satunya dengan rutin berjemur matahari pagi dan rajin minum vitamin C.
    Terimakasih tipsnya, bermanfaat sekali buat saya yang sedang dalam masa pemulihan setelah terpapar COVID-19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas sembuh ya Mang. Biar bisa beraktivitas kembali.

      Hapus
  2. Wah tipsnya berguna banget. Saya habis kena kopit langsung saya ubah pola makan dengan makan makanan bergizi dan juga vitamin.

    BalasHapus

Berlangganan via Email