Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kopi Kedelai Khas Lombok

Kopi Kedelai Khas Lombok
Foto : food.detik.com

Lombok merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam yang terkenal akan keindahan alam lautnya. Selain terkenal dengan ayam taliwang-nya, Lombok juga memiliki minuman kopi yang terbuat dari kacang kedelai. Umumnya kopi terbuat dari tumbuhan kopi, namun produk lokal khas Lombok ini justru dibuat dari bahan kacang kedelai. Unik bukan?

Secangkir kopi biasa dinikmati di saat waktu senggang. Mereka terbiasa menikmati di depan teras atau sambil bertelekan di atas bale di depan rumah. Kopi bisa dibilang salah satu minuman favorit yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Makanya tidak heran jika hampir di setiap rumah, kopi selalu tersedia.

Bagi penikmat kopi, mereka selalu menyajikan kopi kapanpun mereka mau. Bahkan tidak jarang sebagian orang menikmati secangkir di tengah rutinitasnya yang cukup padat. Alasan klasik yang sering dilontarkan adalah untuk menghilangkan rasa suntuk ketika menyerang.

Nah berbicara soal kopi, Lombok ternyata menyimpan sajian minuman yang sangat khas, karena kopi ini dibuat dari kedelai. Mari kita simak ulasan selanjutnya mengenai kopi kedelai khas Lombok ini. Et, jangan lupa, siapkan secangkir kopi sambil membaca postingan ini.

Kopi Kedelai Khas Lombok
Foto : kopikedelaiabah.indonetwork.co.id

Meski rasanya mirip dengan kopi pada umumnya, namun kopi varian kedelai khas Lombok ini mengandung non caffeine, berserat tinggi dan rendah zat asam, sehingga sangat cocok bagi para penikmat kopi yang memiliki masalah dengan lambung

Kopi tidak selamanya berbahaya, jika Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, namun Anda perlu ketahui lebih dulu bagaimana mengubah kebiasaan minum kopi menjadi sehat bagi tubuh.

Cara Membuat Kopi Kedelai

Proses pembuatan kopi dari kedelai ini sangat sederhana. Rasanya orang awam pun bisa mencobanya sendiri. Anda tinggal mengikuti caranya dengan seksama dan benar, maka Anda sudah bisa menikmati secangkir kopi dari biji kedelai.

1. Pilih Biji Kedelai Berkualitas Baik
Pilih kacang kedelai yang baik, lalu dijemur di bawah terik sinar matahari selama satu atau dua hari agar kandungan air yang ada di dalam biji kedelai benar-benar hilang. 

2. Sanggrai di Wajan
Setelah dijemur, biji kedelai ini kemudian disanggrai di dalam wajan tanah liat seperti layaknya menyangrai biji kopi biasa. Proses ini dilakukan selama 1 jam hingga benar-benar matang.

3. Biii Kedelai Ditumbuk
Kemudian kacang kedelai ditumbuk sampai halus. Untuk mendapatkan hasil yang halus, kacang kedelai sebaiknya diayak terlebih dulu. Lalu biji kedelai yang telah dihaluskan dan di ayak diseduh dengan air panas. 

4. Sajikan Sesuai dengan Kebutuhan
Anda bisa menambahkan gula sesuai dengan selera. Kopi biji kedelai kini siap dihidangkan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menikmatinya? Untuk menikmati kopi dari biji kedelai secara instan, Anda bisa mencoba salah satu produk khas dari Lombok, yakni Kopi Kedelai Cap Abah.

Hmmmm, kelihatannya mantap rasanya ya. Demikian artikel singkat mengenai kopi kedelai khas Lombok yang Blogmashendra bisa bagikan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kopi Kedelai Khas Lombok"

Berlangganan via Email