Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan bukan bank merupakan lembaga atau badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan yang langsung maupun yang tidak langsung menghimpun dana. Dengan jalan mengeluarkan surat berharga dan menyalurkan kepada masyarakat. Terutama untuk mendorong pengembangan pasar uang dan pasar modal. 


Terdapat 5 bentuk lembaga keuangan bukan bank di Indonesia : 

1. Lembaga Pembiayaan 
Lembaga pembiayaan adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang - barang modal dengan tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat. 

Contohnya : perusahaan pemberi kredit atau leasing. 

2. Usaha Perasuransian
Usaha perasuransian adalah usaha yang bergerak di bidang jasa pertanggungan resiko. Lembaga ini menghimpun dana dari masyarakat atau nasabah melalui penarikan premi yang sebelumnya diadakan perjanjian antara tertanggung dengan penanggung melalui surat perjanjian polis. 

3. Dana Pensiun (Taspen) 
Dana pensiun adalah dana yang dihimpun oleh pemerintah dari para pegawai negeri dengan jalan pemotongan atau penyisihan dari gaji setiap bulannya. Kemudian diberikan kembali kepada pegawai yang bersangkutan setelah pensiun. Dana pensiun yang sering disebut TASPEN (Tabungan ASuransi PEgawai Negeri), berfungsi sebagai tabungan atau jaminan masa hari tua. 

4. Pasar Modal
Pasar modal adalah tempat jual beli surat berharga jangka panjang, misalnya saham dan obligasi. Secara umum pasar modal merupakan suatu tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. 

5. Pegadaian 

Pegadaian adalah perusahaan milik pemerintah yang kegiatan usahanya memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan jaminan benda bergerak atau benda - benda berharga. Besar pinjaman disesuaikan dengan nilai benda jaminan yang diserahkan peminjam.

Nah itu tadi artikel yang membahas apa saja lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Lembaga Keuangan Bukan Bank"