Habis Minum Kopi Malah Sakit Perut

Jauh sebelum ekstrak kulit manggis diproduksi, saya memiliki masalah seputar asam lambung, atau biasa disebut juga sakit maag (dispepsia). Untuk menghindari kambuhnya sakit maag, sebisa mungkin saya berusaha untuk mengurangi mengonsumsi makanan pedas, asam, makanan yang mengandung gas 3KG (kol, sawi, minuman bersoda) dan KOPI.


Khusus makanan pedas, asam dan bergas, memiliki tingkat godaan yang terbilang cukup rendah, iman saya masih cukup kuat untuk mengurangi makanan tersebut. Namun, khusus kopi, rasanya iman saya terlalu lemah dan mudah sekali tergoda untuk menyeruputnya.

Karena godaan yang begitu tinggi, maka saya pun sesekali mencoba menikmati secangkir kopi. Hasilnya sudah dapat ditebak, mendadak perut saya terasa sakit, mual, perih di bagian ulu hati bahkan sampai muntah. Hmmmm... kopi itu bagai dua sisi mata uang bagi si penderita sakit maag, di satu sisi dapat menyebabkan naiknya asam lambung, sementara di sisi yang lain godaan aroma kopi mampu meruntuhkan ‘iman’ si penderita sakit maag. Termasuk saya.

Kenapa habis minum kopi malah sakit perut?

Seperti yang saya lansir dari laman klikdokter, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas asam lambung. Nah asam lambung yang meningkat ini, dapat menimbulkan keluhan seperti, nyeri pada perut (terutama di sekitar ulu hati), mual, muntah, kembung dan rasa panas di tenggorokan. Kalau sudah begini, sebaiknya dihindari deh, biar tidak bertambah parah.

Bila keluhan yang dirasa semakin parah, seperti nyeri di dada, mulut terasa pahit/asam dan dada terasa panas, itu bukan maag biasa, namun nama penyakitnya Refluks Gastroesofageal. Penyebabnya adalah klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik, sehingga cairan pada lambung dapat dengan mudah naik ke kerongkongan (esofagus).

Langkah saya agar tetap dapat menikmati kopi tanpa khawatir maag kumat lagi, ya harus memperbaiki sakit maagnya dulu, yakni dengan cara merubah pola hidup, seperti jangan telat makan (ini yang paling penting), hindari makanan asam, pedas dan bergas serta hindari stress. Baca juga -> Mengatur Pola Makan yang Baik

Kopi Sachetan - Blog Mas Hendra

Kopi Sachetan - Blog Mas Hendra

Alhamdulillah, semenjak saya menerapkan pola hidup diatas, sakit maag saya berangsur sembuh dan jarang kumat-kumat lagi. Kini saya memberanikan diri untuk bereksperimen mencoba berbagai merk kopi yang beredar. Yah meskipun masih ada sedikit rasa mules juga sih, tapi tidak separah seperti dulu. Baca juga -> Nikmat Mules

Bagaimana dengan Anda, apakah ngiler kalau mencium aroma kopi yang harum menggoda...?



You May Like This :


EmoticonEmoticon